15 Jun 2022

Berawal dari Kita, Bangkit dan Bergerak Bersama Lawan Korupsi


Anti Corruption Film Festival (ACFFEST) ke delapan, segera dihelat tahun ini. Dalam penyelenggaraannya, ACFFest 2022 hadir betepatan dengan persiapan perhelatan besar G20 Summit 2022 ”Recover Together, Recover Stronger”.

Tema ACFFest 2022, mengusung tema “Berawal Dari Kita, Bangkit dan Bergerak Bersama Lawan Korupsi”. Sebuah kampanye, tentang awal dari segalanya adalah dari dalam diri dan sejak dini.

Dalam pelaksanaanya, diawali Kompetisi Ide Cerita dan Kompetisi Film Pendek. Pendaftaran sudah dibuka sejak awal Juni lalu. Bagi peserta Kompetisi Ide Cerita, nantinya akan dipilih 5 Ide Cerita Terbaik yang akan mendapatkan fasilitas dana produksi dari KPK dengan total sebesar Rp. 30.000.000,-.

“Peserta yang terpilih juga berhak mengikuti moviecamp dan pendampingan teknis dari mentor yang ditunjuk oleh panitia penyelenggara,” kata Epi Handayani, Spesialis Kampanye Antikorupsi KPK.

Program Kompetisi Film Pendek, dibagi menjadi dua kategori. Peserta bisa mendaftar Kompetisi Film Pendek Fiksi atau Film Pendek Dokumenter. Durasi maksimal untuk film yang didaftarkan adalah 15 menit. Dari semua film yang didaftarkan, di setiap kategori akan dipilih 10 finalis.

Nantinya dari masing-masing 10 finalis, akan dipilih satu film terbaik untuk kategori film pendek fiksi dan satu film terbaik untuk kategori film pendek dokumenter. Pendaftaran program Kompetisi Film pendek akan berakhir pada 10 Oktober 2022.

Adapun program ACFFEST 2022 lainnya di antaranya, International Film Screening, Movieday, Webinar, dan Awarding Night. ACFFEST sendiri merupakan ajang kreasi, eksibisi, dan forum diskusi yang digagas dan dikelola oleh Direktorat Sosialisasi & Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Program-program tersebut, telah berkembang sejak ACFFEST pertama kali digelar pada tahun 2013 lalu. Acara ini dibuat dengan tujuan mengajak anak muda untuk ikut berpartisipasi, aktif, kreatif, peduli, serta kritis dengan menuangkan ide ke dalam bentuk audio visual untuk terus berkontribusi dalam upaya mengkampanyekan nilai-nilai anti korupsi (kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kemandirian, kebenaran, dan keadilan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA