16 Agu 2016

Bagaimana Agar Penghargaan Sesuai Kebutuhan Penerima ?

Apakah penghargaan mesti dalam bentuk barang?
Menurut saya sih, tidak selalu. Namun penghargaan dalam wujud benda, sebagai bentuk atas kesungguhan pemberi penghargaan.
Menerima hadiah saat menang lomba -dokumentasi pribadi
Penghargaan bisa berupa penerimaan atas keberadaan diri, atau mempersembahkan sikap terbaik atas sesuatu yang telah dilakukan orang lain. Tiga ucapan yang bisa menjadi bentuk penghargaan, adalah kata "Terima Kasih", "Tolong", dan "Maaf".
Coba deh anda bayangkan !
Seorang Office Boy mengantar minuman, mendapat senyum dan ucapan terimakasih dari Presiden Direktur. Atau seorang marketing mendapat telepon dari Pimpinan perusahaan yang diprospek, diminta tolong datang menyediakan waktu meeting. Masih ada satu lagi, calon mertua minta maaf pada calon mantu atas sikap jutek saat kali pertama bertemu.


Saya yakin seratus persen, tiga kata mujarab dijamin akan membuat hati membumbung. Bagaimana tidak, tiga kata diucapkan orang yang tepat untuk orang yang tepat pula. Pasti ketiga penerima kata tersebut, adalah orang-orang yang sangat bahagia.

Kebahagiaan sejati tidak terukur, tidak mampu dibeli dengan berapapun banyaknya uang. Kebahagiaan sumbernya ada di sanubari, sangat susah diterjemahkan dalam bentuk imbalan berupa materi/ benda.
Namun tak ada salahnya, sebuah penghargaan disertai dalam wujud barang agar semakin berkesan. 

Kembali pada contoh diatas ya !
Misalnya sang Presdir mengucap terimakasih, sembari menyelipkan limapuluhribuan. Kemudian marketing yang sudah datang, pulang membawa surat perjanjian kerjasama. Atau camer yang minta maaf, berbuntut pada undangan makan malam.

Saya yakin, penerima tiga kata Terimakasih, Tolong dan Maaf, semakin yakin. Bahwa pemberi penghargaan tulus, berusaha dengan sungguh menjejakkan kesan baik.




Saya kok jadi ingat satu quote, "Apa yang diberikan dari hati akan sampai ke hati".

Namun tak mudah memang, mencari benda yang cocok dengan keinginan penerima. Perlu upaya ekstra, bisik-bisik mencari tahu agar penghargaan sesuai kebutuhan si penerima. 
Saya punya pengalaman, yang berhubungan dengan penghargaan, 
Baca sampai tuntas ya !!

Saat menjadi marketing di sebuah perusahaan media, saya pernah meraih pencapaian tertinggi. Target penjualan tiga tahun berturut, saya taklukkan dengan kerja keras. Bahkan pada tahun kedua dan ketiga, angka penjualan berhasil melebihi angka ditetapkan perusahaan.

Pada annual meeting di sebuah hotel, sebuah penghargaan diserahkan pimpinan perusahaan kepada saya. Mendadak badan ini seperti melayang di awan, jerih payah selama setahun tertuai sudah.

Proses tidak instan telah saya lalui, ibarat kata tak ada kamus lelah dalam diri ini terbayar. Kerap melakukan meeting marathon, tiga atau empat tempat rampung dalam sehari. Kalau sedang mengerjakan laporan, sampai larut baru kembali ke rumah. Setelah order disepakati dalam bentuk penandatanganan kontrak kerja, kesibukan baru menanti dikerjakan.
Penyerangan piagam untuk karyawan terbaik (dokpri)
Pernah dalam sepekan tanpa henti, musti bolak-balik dari Jakarta ke beberapa kota di luar Jawa. Rupanya client tak hanya memilih Jakarta, beberapa kota besar menjadi perhatian. 

Untuk tugas luar kota, saya kerap mencuri waktu sekedar tidur saat di perjalanan. Memang semua kegiatan sungguh melelahkan, namun kalau hati ini ringan terasa menyenangkan.

Ruangan hotel yang elegan, berpadu dengan suasana semi formal dari acara tahunan. Kami semua menghadap pada panggung, pusat dari acara siang mendung di bulan januari. 

"Untuk apresiasi pada karyawan berprestasi, perusahaan mempersembahkan sebuah camera" suara MC disambung riuh tepuk tangan seisi kantor.

Acara rutin yang digelar pada awal tahun, menjadi ajang evaluasi penjualan periode terlampaui sekaligus penetapan target tahun berjalan. 
Bagi karyawan yang achieve tahun sebelumnya, selain komisi mendapat reward tambahan. Strategi memberi penghargaan cukup manjur, pada akhir tahun grafik penjualan meningkat. Sayapun termotivasi berjualan lebih giat, marketing lain tak mau kalah ketinggalan.

Setelah MC menyebut nama saya sebagai penerima, langkah ini maju menuju panggung. Sungguh perasaan ini gembira tak terkira, mendapat camera dari kantor tempat bekerja. 

Tapi kalau mau jujur, jenis barang untuk penghargaan ini sebenarnya tidak begitu saya butuhkan. Apalagi di rumah sudah memiliki benda yang sama, dari merk ternama dengan harga lebih mahal.

- Mungkin anda atau siapapun, pernah mengalami kejadian mirip-mirip dengan kisah saya.  Mendapat penghargaan berupa barang, tapi kita sedang tidak membutuhkan. Atau kalaupun barang penghargaan tersebut memang diincar, tapi yang diterima spesifikasinya tidak sesuai keinginan.-

Saat dua tangan ini menerima camera, otak saya berputar mencari nama saudara terdekat. Mungkin bisa dijual atau diberi gratis, daripada tidak terpakai sama sekali.  
-o0o-
Manusia adalah makhluk yang unik, keberadaan setiap individu di bumi ini sangat spesial. Sang Pecipta sungguh Maha Kreatif, menciptakan satu orang hanya dalam satu versi saja. Saya atau anda hanya ada satu di dunia, meski ada yang mirip dari sisi wajah tapi sifatnya pasti berbeda.

Meskipun ada yang dilahirkan kembar, dijamin seratus persen tidak akan sama. Entah hobynya, warna atau makanan favoritnya, kebiasaannya, lagu kesayangan, penyanyi atau bintang kegemaran dijamin pasti ada yang tidak sama.

Berangkat dari keunikkan setiap pribadi inilah, maka hanya diri sendiri yang bisa menilisik lebih dalam tentang keinginan sejati. Kesimpulan menurut saya, cukup sulit bisa memilih reward  yang sesuai dan pas di sanubari penerimanya.

Eit's tunggu dulu !
Sebagai makhluk dengan akal dan pikiran yang sempurna, manusia diberi kemampuan mencari solusi. Mempersembahkan reward berupa Voucher Belanja Sodexoadalah cara memberi kebebasan kepada penerima penghargaan. Selain praktis dibawa tak terlalu menyita tempat, cukup dimasukkan amplop kemudian disimpan dalam tas.

- Saya mengalami kejadian tak mengenakkan, camera penghargaan dari kantor kardusnya basah. Ceritanya saat pulang naik motor, di tengah jalan mendadak hujan. Karena benda tersebut tak cukup dimasukkan tas, maka dengan tas plastik yang sudah diikat camera ada di gantungan motor. Rembesan air hujan dari atas plastik bandel, tetap saja berhasil menyentuh kardus pembungkus-.
Voucher Sodexo -dokumentasi pribadi
Kini Merchant Sodexo dengan mudah bisa didatangi, penerima reward bisa leluasa tak lagi kerepotan berbelanja. Tak tanggung-tanggung, Voucher Belanja Sodexo diterima di 269 Merchant dan 14.170 outlet.

Penerima voucher bisa sesuka hati, memilih barang sesuai kehendak sanubari. Barang yang dipilih, sudah pasti yang sedang dibutuhkan saat itu. Selain akan sangat berkesan, sang pemberi reward tak gampang dilupakan.

Hal ini tentu berdampak pada loyalitas, dijamin produktifitas semakin meningkat.
Belanja Praktis bersama Sodexo -dokpri
Arti Penghargaan Menurut saya
Adalah sebuah bentuk apresiasi dari seseorang atau satu pihak, atas jasa, pencapaian, kerja keras dan atau pengabdian yang diberikan kepada seseorang atau pihak lain.

Sebaiknya penghargaan tidak dipilihkan si pemberi, akan lebih bermakna apabila disesuaikan kebutuhan penerima. Nah pada kata kebutuhan penerima, sifatnya sangat personal sehingga hanya penerima yang mengetahui.

Kapan dan dimana sebaiknya memberi penghargaan ?
Waktunya bisa kapan saja, sementara tempatnya juga bisa di mana saja. Alangkah baiknya kalau disesuaikan dengan moment khusus, sehingga bisa memberi kesan mendalam. Misalnya saat ulang tahun penerima, atau bertepatan dengan acara di tempat tertentu (waktu dan tempat fleksibel).

Apakah Penghargaan itu penting, Kenapa ?
Sangat penting, dengan penghargaan bisa melanggengkan kerjasama atau hubungan yang telah dijalani. Sikap menghargai orang yang menjadi partner, tentu akan memupuk loyalitas yang mendalam.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan !
Spesifikasi keinginan setiap individu sifatnya sangat-sangat personal, hanya orang tersebut yang benar-benar mengetahui yang diingini. Maka memberi apresiasi berupa kebebasan memilih, adalah cara mujarab yang bisa dilakukan pemberi penghargaan. (salam)

66 komentar:

  1. Penghargaan memang penting banget mas agung, saya setuju tidak harus berupa materi, terimakasih saja itu sudah bikin saya senang kalau atasan ikhlas kasih kata tersebut, apalagi rewrad berupa barang atas kerja keras kita, itu yang susah ditemui di kantor ku sekarang mas, reward terimakasih atas kerja keras anak buahnya, penghargaan sekecil itu amat berarti seagai penyemangat para anak buah lho. Btw, sukses lombanya ya, aku sudah pakai voucher sudexo juga, ada dimana-mana jadi gampang pakainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mbak Evrina
      Salam sehat dan sukses

      Hapus
  2. Setuju banget kak Agung. Penghargaan memang sangat berarti, tapi bukan berarti hanya sekedar barang saja. Tapi juga ucapan yang tulus terimakasih. Wah kalau hadiah berupa voucher menurutku sangat cocok, karena kita bisa belikan bareng yang kita suka. Apalagi sodexo banyak pilihannya hehe. Aku juga mau dikasih penghargaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak, Sodexo membuat penerima banyak pilihan

      Hapus
  3. Yang namanya rejeki yak harus uang kan? Buat aku voucher pun Alhamdulillah banget. πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah....sy bangett nih, soalnya sy paling suka kalau dapat voucher apalagi sodexo yg bs dibelanjakan dimana aja,bukan hanya itu anak2 jh ikut senang karena namanya anak jarang2 klu liat belanja pake voucher, klu pake uang dan kartu kan udh biasa ya....

      Hapus
    2. Wah....sy bangett nih, soalnya sy paling suka kalau dapat voucher apalagi sodexo yg bs dibelanjakan dimana aja,bukan hanya itu anak2 jh ikut senang karena namanya anak jarang2 klu liat belanja pake voucher, klu pake uang dan kartu kan udh biasa ya....

      Hapus
    3. Mbak Hermini dan Mak Tina, trimakasih sudah berkunjung
      Salam sehat dan semangat

      Hapus
  4. Voucher Sedoxo banyak merchantnya, jadi tak bingung ingin memberikan barang apa yang diperlukan untuk hadiah. Bisa dipilih sendiri dan dibeli dengan voucher Sodexo :)

    BalasHapus
  5. Setuju bangat, penghargaan itu perlu bangat Mas Agung meskipun tidak harus selalu berupa materi, sebuah terima kasih yang tulus juga adalah sebuah penghargaan, apa lg klo dikasih voucher Sodexo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimaksoh kakak Awan
      Salam sehat dan sukses

      Hapus
  6. Suka banget dapat voucher sodexo merchantnya banyak dan banyak pilihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ratusan merchant Menerim voucher sodexo

      Hapus
  7. Penghargaan adalah sebuah penerimaan dari kerjakeras

    BalasHapus
  8. Jadi tahu ada yg namanya sodexo nich dan kliatan praktis dgunakan berbelanja dmana saja ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak merchantnya kak bs klik link di artikel

      Hapus
  9. Saya suka pakai voucher sodexo, merchantnya banyak jadi nggak cuma di kota besar seperti Jakarta aja, lagi diluar kota pun masih bisa pakai sodexo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kereen sodexo, saya selama ini pakai masih di Jabodetabek saja mbak

      Hapus
  10. Penghargaan sangat penting untuk memberi motivasi bagi kita

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah loh punya voucher Sodexo mas *ngarep dapet hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga next berkesempatan mendapat sodexo mbak
      Amin

      Hapus
  12. Penghargaan kepada diri sendiri memang perlu sebagai wujud rasa mencintai dan memotivasi diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, trimakasih mbak Dewi
      Salam sehat selalu amin

      Hapus
  13. jadi gak mubazir atau sia2 ya mas agung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Lidya
      Salam sehat dan semangat

      Hapus
  14. Luar biasa mas,,, keren deh,,, gak heran klo mas Agung ini tahan uji...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Dzul jg keren lho
      Salam sehat selalu dan semangat amin

      Hapus
  15. Wah asyik ada yang dikasih penghargaaan ketje :)
    Sukses ya mas Agung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mbak salam sehat dan semangat

      Hapus
  16. Jadi kalau dikasih lagi voucher atau kamera?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Arin apa kabar :)
      karena sudah ada kamera jadi milih voucher mbak heheha
      salam sehat selalu dan semangat mbak

      Hapus
  17. lek menang aku njaluk traktirane yaaa mas heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndiss dolin Jakarta sing suwi
      Kon iku mrene ra isok ketemuan

      Hapus
  18. wah trimakasih infonya mas agung, jd tau kegunaan voucher sodexo, aku yo ndeso tenan yo mas ra ngeh kegunaan voucher sodexo hehe..sukses terus ya mas agung :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wis nek ngono sodexone kanggo aku wae mbak #eh

      Hapus
  19. Jadi makin tau deh infonya melalui tulisan mas agung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak Indra L Brugman
      Makasih sudah berkunjung

      Hapus
  20. Pembahasan yang MENARIK, saya jadi tahun lebih jauh lagi ttg voucher ini... KEREN !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arisman apa kabar, salam sehat selalu dan sukses amin

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak Jun terimakasih sdh berkunjung commentnya muncul 2 jd diapus satu :)

      Hapus
  22. Wah... Bener. Penghargaan itu ga harus barang. Ngucapin terima kasih aja orang sdh senang. Voucher ini keren juga. Boleh nih diimplementasikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak Jun trinakasih sdh berkunjung.
      Commentnya muncul 2 kali yg atas dihapus πŸ™πŸ™

      Hapus
  23. Wah penghargaan yang penting dikasihnya ikhlas dan tulus hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat kakak Tia πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ‘πŸ‘

      Hapus
  24. Waaah voucher ini berguna bangeeet buat dipake belanja kebutuhan sehari -hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raisa apa kabar, masih sibuk show kan :)

      Hapus
  25. voucher sodexo ini paling asyik nih, bisa dibelanjain di mini market deket rumah, lumayan buat belanja sembako *ehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain ke sp.market bisa ke toko buku dan merchant lain mbak

      Hapus
  26. Saya pernah memberikan voucher sodexo dr kantor. Tapi gak pernah dpt vouchernya. Huaaa. Hiks..

    Bagi sya penghargaan itu penting banget meski hanya ucapan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mbak Fania, salam sehat selalu dan sukses amin

      Hapus
  27. Voucher Sodexo paling pass deh buat ngadoin Ibu rumah tangga seperti aku

    BalasHapus
  28. Aku juga selalu senang kalau dapat voucher Sodexo. Biasanya aku simpan dulu untuk jadi cadangan kalau kebutuhan mendesak. Semacam penyelamat gitu ;D

    BalasHapus
  29. Setuju banget, Mas. Penghargaan tak harus selalu berupa uang atau hadiah mewah. Sekedar ucapan terima kasih ketika kita melakukan sesuatu juga sebentuk penghargaan atas apa yang kita perbuat. Saya share kisahnya di timeline FB saya, Mas :)

    BalasHapus
  30. setuju mas. penghargaan itu penting. entah berbentuk atau skedar ucapan. tapi klo berupa voucher Sodexo makin mantap rasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Helni, sdh berkenan berkunjung

      Hapus
  31. Apakah Penghargaan itu penting, Kenapa ?
    Sangat penting, dengan penghargaan bisa melanggengkan kerjasama atau hubungan yang telah dijalani. Sikap menghargai orang yang menjadi partner, tentu akan memupuk loyalitas yang mendalam.

    Salam silaturahim, mas Agung tepang kalih мϐÀ Ning - gorang gareng njih? Kulo njih taksih saudara sami saking Simo, Kwadungan.., мαтυя ηυωυη njih, smg sukses.. Barokallah.. ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo sederek saking Simo :) matur suwun sampun kerso pinarak dateng artikel meniko mbak :)

      Hapus
  32. Yoa bener banget penghargaan kadang ngak melulu soal hadiah tp kata maaf terima kasih dan tolong sudah merupakan apresiasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kakak Cum yg ketjeh
      Senang bisa dikunjungi :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya