19 Agu 2016

Mobil Toko Tata Motors Cocok untuk Wirausaha Pemula

Mobil Toko, solusi pengusaha pemula kuliner -dolumentasi pribadi
Sungguh menyenangkan, bisa mengunjungi acara Gaikindo International Auto Show ke -24 (GIIAS) 2016. Aneka produk otomotif dipamerkan di kawasan ICE BSD City, memberi alternatif kendaraan baru bagi masyarakat Indonesia.

Langkah kaki saya dan teman Blogger's, akhirnya sampai juga di booth Tata Motors Distribusi Indonesia.  Aneka Produk Tata Motors terpajang, Tata Ultra 1012 sebuah light truck kuat dengan total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya di ajang GIIAS 2016. Tata Xenon XT D-Cab 4x4,  Super Ace Diesel Pickup dan masih banyak lainnya.

Tahu kan Tata Motors, produsen  mobil dari negeri India. Kalau selama ini ada hanya kenal Sharhruk Khan, anda kudu tahu pabrikan otomotifnya juga.  Tata Motors Limited adalah perusahaan mobil terbesar di India, dengan pendapatan konsolidasi USD 41,6 Milliar pada tahun 2015-16. Selain di Indonesia, Tata Motors sudah beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan.
Nah, untuk event GIIAS ada yang membuat saya terhenyak. Ketika pandangan saya terpaku pada satu mobil unik dan keren, persis di sudut kiri menjorok ke belakang. Mobil Toko atau MoKo, menjadi pusat perhatian saya sore itu.

Agen Pemegang Merk (APM) Tata Motors Indonesia, berkomitment untuk bermain di pasar kendaraan komersial. Dua type mobill niaga dipersembahkan, yaitu Ultra dan Xenon sebagai Commercial Vehicle. Hal ini sekaligus mendukung tema pemasaran, "Think Business, Think Tata Motor". 
Tema ini akan memperkuat Play Strong, yang berisi Strong Commitment (Komitmen yang Kuat), Strong Products (komitmen memasarkan produk yang kuat), Strong Customer Care (komitment memberi layanan purna jual) dan Strong Corporate Social Responsibility (komitmen kepedulian terhadap masyarakat).

Bapak Wilda Bachtiar selaku Commercial Marketing Tata Motors, menyampaikan dalam Blogger's gathering, " Tahun ini adalah tahun kelima Tatta Motor bergabung degnagn GIIAS, hadir di Indonesia pada tahun 2012. Pada tahun awal, Tata Motor mempersiapkan infrastruktur dan layanan purna jual. Baru pada tahun 2013, mulai berjaualan produk Tata Motors. Terhitung pada tahun kelima di Indonesia, penjualan Tata Motors mencapai 3000 unit".

Sebagai kendaraan komersial. khusus Tata Ultra 1012 menawarkan 5 keunggulan :

  • Ultra Versatile : Tata Ultra 1012 dengan berbagai varian  yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut berkisar 4- 7 ton, dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.
  • Ultra Style : dengan kombinasi antara teknologi terkini dan sosok yang lebih modern, cocok untuk segala fungsi dan pemakaian. Tata Ultra 1012 menciptakan standart baru di segmen kendaraan komersial ringan, berbiaya rendah, keamanan yang baik dan beragam fitur
  • Ultra Performance ; dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc, sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya yakni sebesar 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisi yang digunakan adalah G-550, dengan 6 gigi dengan overdrive (OD)
Pick up terbuka Tata Motors -dokpri

  • Ultra Comfort : design interior menitikberatkan pada kenyamanan dan keselamatan, keunikan Tata Ultra 1012 adalah kokpitnya yang fungsional dan menarik. Desgin kabin memberi sudut pandang luas, dengan seat adjuster, stering adjuster, weight adjuster, serta power steering-nya ringan.
  • Dibekali tlit and telescopic collapsible steering, selain nyaman dapat mengoptimalkan stabilitas berkendara saat kecepatan tinggi. Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring pada bagian depan dan semi eleptic leaf di bagian belakang. keduanya dilengkapi, shock absorber dan rubber bushing. Kapasitas kursi 3 buah, 1 berjajar supir dan 2 di belakang. kursi bisa disesuaikan, geser maju mundur atau direbahkan ke belakang.
  • Ultra Safe : Tata Ultra merupakan truk ringan pertama di Indonesia, yang menggunakan Full Air Brake, Ban Radial Tubeless, neutral swich, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Adapun chassis menggunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile.
-o0o-
 

Mobil untuk Ambulance -dokpri


"Primadona Tata Motors Pickup mulai dari XTX 700 cc, satu2nya di Indonesia yang pickup bermesin 700 cc diesel yang sangat irit" tambah Pak Wildha.
Produk primadona, super X pickup 1400 cc menggunakan mesin diesel.  Pemanfaat solar sebagai bahan bakar, tentu membuat pengguna berhemat bahan bakar. Sementara Mobil toko dengan 700 cc,  sanggup menopang beban hingga 1 ton.
Mobil Toko atau Moko menjadi favorit konsumen, berangkat dari inspirasi memajukan usaha masyarakat. Tata Motors ingin berkontribusi, mengembangkan usaha atau bisnis masyarakat. Mobil Toko bisa menjadi solusi, utamanya bagi pengusaha kuliner pemula.
Sesi Talkshow bersama Bp Wilda Bachtiar -dokpri
Mungkin pemula bisnis sebelumnya musti berpikir keras, mencari tempat  permanen atau ruko untuk membuka warung cafe. Untuk tempat strategis, pasti membutuhkan uang sewa tidak murah. Sementara belum tahu bagaimana market di tempat tersebut, apakah ramai atau justru sepi.
Nah, Mobil Toko bisa menjadi cara untuk menjajal lokasi baru. Apabila dirasa ramai dan mulai punya pelanggan, baru membuka warung permanen di tempat tersebut.

Untuk layanan purna jual tak perlu kawatir, spare part Tata Motors sudah membanjiri pasar toko spare part dan jaringan service. Saat ini sudah memiliki 119 spot point, menjadi titik untuk berkomunikasi mendapatkan layanan purna jual. Sudah tersedia fasilitas, 3 S (sales, service & sparepart), Tata Certified Workshop, sebagai outlet 2 S (service & spare parts) resmi, dan 1S (sales) di seluruh Indonesia. Bahkan sedang dipersiapkan, pengembangan layanan pembelian spareart secara online.  Produk Tata Motors, kini bisa diorder di seluruh Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi.
"Satu tahun terakhir, Tata Motors memang focus pada mobil niaga. Sementara untuk mobil passanger sedang dijajaki, mencari spesifikasi produk yang sesuai market Indonesia" Jelas pak Wilda Bachtiar "Untuk service centre dan jaringan purna jual masih berpartner, hal ini dikarenakan 100% PMA. Sesuai aturan dari Kemenperindag, tidak bisa direct selling ke masyarakat".
Masih ada kejutan lagi, Tata Motor tengah bersiap mencangankan 1000 mechanic. Program ini akan melibatkan masyarakat, bahkan bengkel pinggir jalan yang bagus bisa menjadi partner. Tentu melalui mekanisme training, sehingga sesuai dengan standart pelayanan Tata Motors.
Bagi anda yang hendak berwirausaha kuliner khususnya, rasanya sayang melewatkan penawaran MoKo Tata Motors.

Untuk bertanya lebih lanjut, atau masih penasaran bisa lho contact Kiki Fajar (PR Manager) via email fajar.harianto@tatamotors.com atau fajar.harianto@gmail.com - salam-

39 komentar:

  1. mobil tokonya keren yaa. Jadi pengen usaha kuliner, hahaha

    BalasHapus
  2. Masuknya Tata di pasar kendaraan komersial, tentu menguntungkan bagi konsumen ya, Mas. Mereka jadi lebih banyak pilihan

    BalasHapus
  3. Aku tertarik banget karna mobilnya bermesin diesel. Kira kira harganya juga terjangkau ga ya buat kantong ibu rumah tangga

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Sama sya juga tambahin utk Tata Motors KEREN

      Hapus
  5. yuupp keren nih tata motors fokus pada mobil niaga. Sudah saatnya bantu wirausaha muda indonesia yang mau maju, jangan ikut2an bersaing di mobil penumpang yang jenuh! bravo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih sudah berkunjung mas
      salam semangat

      Hapus
  6. Xenon Xenon Xenon... sebut 3x sebelum tidur siapa tahu mimpi jadi kenyataan :)

    BalasHapus
  7. semua produknya Tata Motors pro pengusaha banget ya, kuat tapi hemat, kerennn...

    BalasHapus
  8. Wah bisa jadi alternatif mobil niaga ini :-D

    BalasHapus
  9. Tata Motors ini semua produknya cocok untuk menunjang usaha, bisa dipilih-pilih sesuai jenis usaha kita. Keren ya Kak :)

    BalasHapus
  10. Produk Tata Motor memang keren-keren, mas Agung..

    BalasHapus
  11. pengen yg moko buat dagang keliling komplek lucuk x ya

    BalasHapus
  12. Toss mas Agung, aku juga naksir sama si Moko. Kepengen jadi pengusaha kuliner

    BalasHapus
  13. Manager, tolong diurus yah satu kendaraan tata motors yang cocok untuk kendaraaan show akuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Show Raisa pakai mobil box ajah yaa #eh

      Hapus
  14. Harga jual kembali nya bagaimana kak ???

    BalasHapus
  15. Kalo saya suka sama Xenon XT nya Mas :)

    BalasHapus
  16. Lagi mikir mau usaha apa yaa enak nya ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usaha menggantengkan wajah yg sudah ganteng #Eh

      Hapus
  17. Memang Nggak nyangka sih kak ada pabrikan mobil dari India seperti tata motor ini., sebelumnya kenal hanya industri film bollywood aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketauan suka nonton bollywood ya kak :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya