9 Agu 2016

Kampanye Friskies #500Catventure Upaya Adopsi 500 Kucing

Kampanye Friskies #500Catventure : (ki-ka) Thomas Aquinas Nugroho, Dygta, Andrew Sundjojo, Drh Angela Maharani - dokpri-
Tahukah kawan's, tanggal  8 agustus adalah Word Cat Day
Bagi pecinta kucing mungkin sudah tak asing lagi, tapi untuk orang awam seperti saya adalah informasi baru. Saya jadi membayangkan sebuah karnaval, segala jenis kucing didadani dengan baju dan aksesoris lucu.
Pencerahan ini saya dapatkan, ketika datang pada acara "Media Briefing Friskies #500Catventure" di daerah Jakarta Pusat. Selain narasumber dari pihak Friskies, hadir artis penyanyi Dygta dan dokter Hewan Angela Maharani.
Bertepatan World Cat Day, Friskies jenis pakan kering kucing dari Nestle Purina memanfaatkan moment istimewa. Mengajak masyarakat Indonesia, pemerhati dan pecinta kucing, membangun kecintaan pada kucing. Kampanye Friskies #500Catventure, adalah bentuk kepedulian terhadap kucing hingga teradposi 500 kucing.
"Di Indonesia jumlah kepemilikan kucing cukup besar, hampir 4 kali dibanding kepemilikan anjing setara dengan Malaysia. Saat ini di mana-mana sudah tumbuh club pecinta kucing" jelas Thomas Aquinas Nugroho, selaku Country Business Manager untuk Nestle Purina PetCare "Kami ingin mengajak lebih banyak lagi masyarakat Indonesia agar mulai menyanyangi kucing dan menjadikan sahabat keluarga. Oleh karena itu, melalui Friskies #500Catventure, kami akan berkeliling di lima kota besar di Indonesia selama empat bulan hingga akhir november untuk mendorong adopsi kucing".
Penyanyi Dygta hadir dengan Jimbon nama kucing kesayangan, namun sang kucing rupanya kurang nyaman. Begitu keluar dari kandang melihat banyak orang, berusaha kabur ke belakang panggung. Dygta memang pecinta sekaligus memiliki hewan peliharaan, sejak kecil sudah memilih kucing.
Personel group musik Yovie and The Nuno ini merasa, kucing adalah binatang yang lucu dan tampak tidak mengancam. "saat memutuskan memelihara kucing, jangan lupa segera vaksin dan all out jangan setengah setengah" pesan Dygta
Acara Media Briefing Friskies #500Catventure -dokpri-
Andrew Sunjoyo dari Nestle Purina menegaskan "Cat ownership 3-5 tahun dewasa ini sudah menjadi trend, muncul komunitas di berbagai tempat. Saat ini pergeseran paradigma sedang terjadi, kucing sudah bukan sekedar Pets/ binatang peliharaan,  tapi menjadi bagian dari keluarga. Kucing bisa menjadi sahabat, dapat menghilangkan penat atau suntuk"
O'ya kawan's, di Indonesia sendiri sekarang ada Cat Cafe lho. Cafe dengan konsep unik,  konsumen yang bersantap hidangan didampingi kucing.  
Kehadiran kucing dapat meningkatkan self-esteem, membangun empati dan tanggung jawab pada anak. Bagi anak yang kadung cinta kucing, dia akan dilatih mengurus kucing. Seperti memberi makanan, membersihkan atau kalau perlu memandikan.
Sebuah jurnal penelitian tahun 2013 berjudul Creature Comforts : An Exploration of Pets Owners and Their Experience of Wellbeing Gained through Their Relationship with Their Companions Animal.
Drh. Angela Maharani sebagai pembicara berikutnya memaparkan presentasinya, "apabila seorang anak turut andil dalam merawat dan menjaga si kucing, maka dia akan lebih ekspresif dan merasakan emosi positif dari kesehariannya bermain dengan menyentuh bulu halus kucing. Selain membangun kedekatan, juga akan tumbuh rasa peduli dengan sesama makhluk dan meningkatkan ketenangan jiwa"
Selain Jakarta, kampanya Friskies #500Catventure juga dilaksanakan di empat kota lainnya. yaitu Bandung, Jogjakarta, Semarang dan Surabaya. Pada event kampanye ini, selain Mobile Catventure juga ada fasilitas lain.
Seperti bincang-bincang dengan ahli, bermain bersama kucing kesayangan di Cat Playland. Yang lebih seru lagi, Friskies juga menyelenggarakan workshop Friskies Catventure Academy. Pada workshop inilah, berbagai informasi akan disampaikan pada pengunjung. Mulai dari pemeliharaan dan pemberian makanan kucing, hingga tips memanfaatkan medsos untuk membangun rasa cinta pada kucing.
Penempelan kertas origami, sebagai tanda donasi -dokpri
"Perawatan kucing itu sebenarnya cukup sederhana,  yaitu dengan vaksin rutin yang diulang setahun sekali, sterilisasi untuk menghindarkan kucing dari masalah reproduksi, serta pemberian obat cacing tiga bulan sekali. Banyak yang tidak tahu, bahwa perawatan tersebut dapat dilakukan dengan biaya terjangkau" tambah Drh Angela Maharani.

Pada ujung acara, semua narasumber dan undangan dipersilakan menempel kertas origami. Kertas bujur sangkar yang dibentuk kepala kucing ini, satu tempelan dihargai sebesar sepuluh ribu. Uang yang didonasikan dari Friskies inilah, nantinya digunakan untuk kampanye adopsi kucing. (salam) 

6 komentar:

  1. Tampaknya acaranya cukup seru dan tentu gerakan tsb merupakan sebuah kesempatan yg baik bagi pecinta/pelindung hewan terutama kucing

    BalasHapus
  2. Seaindainya makin banyak penggiat acara sejenis. Suka miris liat kucing di jalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga makin banyak kucing diadopsi ya mbak

      Hapus
  3. punya kucing harus bener2 dirawat ya, jangan lupa vaksinnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya