16 Mei 2022

Bisa lo, Sholat Jumat di Stasiun !


Duh, serba salah ya. Ketika di tengah perjalanan KRL Commuter Line, bersamaan datangnya sholat Jumat. Sementara untuk menuju masjid, kebanyakan musti keluar stasiun. Beruntunglah kaum muslim, beberapa Stasiun di Jabodetabek lokasinya berdekatan masjid.

Etapi, ada masjid yang sangat aksesable bagi rekan commuter. Kita tidak perlu keluar stasiun, cukup bergeser di peron saja.

So, tidak ada alasan bagi laki-laki muslim, meninggalkan sholat jumat.

-----

Manusia hidup, ibarat berlomba dengan (berjalannya) waktu. Sepersekian detik terlewat, tidak bisa diulangi. Pergerakan waktu, sebanding dengan pertambahan umur, sekagus berkurangnya jatah hidup.

Setiap manusia, sejatinya pendosa. Sudah sewajarnya, pertobatan menjadi kebutuhan setiap saat. Bahwa berproses menjadi lebih baik, seharusnya dilakukan setiap saat. Bisa dimulai dari urusan ibadah, mendekatkan diri pada Sang Khaliq.

Kita semua pasti paham, bahwa mendirikan sholat fardhu yang lima waktu hukumnya wajib. Dan Alloh menganugerahi hari mulia, yaitu hari Jumat. Sholat duhur di hari tersebut, digantikan dengan sholat Jumat.

Masalahnya, bagaimana kalau akses sholat jumat terbatas. Idealnya, kita musti menunjukkan effort demi menunaikan kewajiban. Tetapi di masa sekarang, banyak stake holder mulai aware. Menyediakan fasiltas sholat, di ruang publik yang mudah diakses publik.

Kalau kita perhatikan belakangan, masjid berdiri di banyak tempat. Mulai dari pusat perbelanjaan, perkantoran, pusat keramaian dan banyak tempat lagi. Termasuk di Stasiun.

Bisa lo, Sholat Jumat di Stasiun !

 Kilk Tautan Instagram

Jumat pekan lalu, saya melakukan perjalanan dengan KRL Commuter. Mengambil rute Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Jatinegara, di tengah perjalanan bersamaan sholat Jumat. Ketika sampai stasiun Kampung Bandan, saya dibuat kaget bercampur takjub. Pasalnya, tampak sajadah digelar di sudut peron jalur satu.


Setelah bertanya ke petugas, semakin mantaplah saya turun sejenak di stasiun ini. Ya, di stasiun Kampung Bandang bisa untuk sholat Jumat. Tanpa keluar stasiun, karena masjid ini berhimpitan dengan peron. Adalah masjid Al Hidayah, Kampung Bandan, kelurahan Ancol, Pademangan Jakarta Utara.

Rekan Commuters, yang bertepatan sholat jumat dan melintasi stasiun Kampung Bandan. Monggo berhenti sejenak, untuk menunaikan sholat Jumat. Sehingga kita, tidak melewatkan kewajiban sholat jumat.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya