27 Mei 2022

JNE Edukasi Pelaku UMKM Jember Melalui Program GOL ...Aborasi Bisnis Online 2022

 


Kita semua merasakan, pahitnya dampak pandemi. Banyak diantara kita kehilangan pekerjaan, langit seolah gelap dan mau runtuh. Namun di sisi lain, kita disuguhi hikmah sangat luar biasa. Bahwa sisa kekuatan yang ada, kita berusaha survive meski tertatih. 

Dan usaha rumahan dipilih, menjadi jalan ninjanya. Kita dituntut mengesampingkan ego, giat menawarkan dagangan ini dan itu. Yang biasanya kerja kantoran, tak lagi enggan mengantarkan pesanan.

Selama itu halal, mengapa musti malu,” ujar seorang teman.

Sementara itu, Instansi pemerintah dan swasta tak tinggal diam. Tergerak mengadakan aneka program pemberdayaan, ditujukan untuk pembelakalan pelaku UMKM. Termasuk JNE, yang baru-bari ini mempersembahkan GOL.. Aborasi Bisnis Online 2022.

---

Sebagai freelancer, saat pemberlakuan PPKM saya sepi pekerjaan. Kalaupun ada relatif sedikit, dan diadakan secara online. Sebagai kepala keluarga saya musti memutar otak, agar asap dapur terus ngebul.

Sementara saldo tabungan menipis, karena diambil saban hari tanpa diisi. Sedangkan kewajiban membayar tagihan musti tetap dipenuhi, nafkah anak dan istri tak boleh berhenti. Ditambah ujian ini dan itu, sungguh menguras pikiran dan energi.

Ya, dampak pandemi covid sungguh dahsyat. Menjadi masalah dunia internasional, yang tidak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan berdampak di berbagai sektor kehidupan, baik kesehatan, ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya. Tidak hanya dialami masyarakat perkotaan, yang di desa hingga pelosok negeri turut merasakan.

Benar, kepahitan sedang kita alami. Tetapi bukankah, tak selamanya mendung itu kelabu. Manusia dengan akal pekerti, bergerak dengan ide usaha rumahan. Ada yang jualan peyek, empek-empek, bakwan Malang, mie ayam, pepes bandeng, dan lain sebagainya.

Fenomena menggembirakan ini, sungguh menumbuhkan optimisme baru. Bahwa masa kebangkitan, cepat atau lambat pasti akan tiba. Saya dan istri termotivasi, berkreasi di tengah situasi yang serba terbatas.

Karena keterbatasan modal, membuat kami memanfaatkan networking dimiliki. Menjadi reseller berbagi makanan, menawarkan di medsos dan atau lingkungan sekitar tempat tinggal. Alhamdulillah, terhitung dua tahun reseller berjalan.

Seakan tak mau ketinggalan, stake holder menawarkan aneka program pemberdayaan. Satu diantaranya perusahaan logistik ternama JNE, dengan kegiatan GOL... Aborsi Bisnis Online 2022.


JNE Edukasi Pelaku UMKM Jember Melalui GOL ...Aborasi Bisnis Online 2022

Goll...Aborasi Bisnis Online 2022, sepanjang tahun ini ditargetkan menjangkau UMKM di 60 kota di Indonesia. Dan yang sedang berjalan, adalah edukasi memperkuat branding bagi pelaku  UMKM kota Jember. Kegiatan diadakan online, menghadirkan dua narsum pelaku UMKM Jember serta satu narsum dari JNE.

Agung Fathur R, Head of Sales and Marketing JNE, menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebenarnya bukan kali pertama. JNE sudah berkolaborasi dengan komunitas UMKM Jember, mengadakan berbagai kegiatan.

Setiap ada komunitas UMKM, saya kunjungi dan ajak sharing apa nih yang dibutuhkan UMKM. Kita juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas.” Ujar Agung

Narsum Nesi Septiani, Owner Khadijjah Collection, mengisahkan perjalanan usahanya. Yaitu dimulai dengan menjadi reseller, setelah sedikit demi sedikit mengumpulkan keuntungan membuatnya tertarik berbisnis.

Selanjutnya Nesi menambahkan, bahwa di setiap bisnis perlu diferensiasi produk dengan produk yang sejenis. Misalnya Nesi menjual baju daster dan dress, yang dilakukan adalah bertahan di kualitas barang dan harga.

Kunci dari membuka bisnis adalah harus konsisten,” ucapnya.

Fathurrohman, Owner Musae Chips, hadir sebagai narsum kedua menceritakan perjalanan bisnisnya di 2018 tetapi baru jualan setahun berikutnya. Mula-mula mendevelop sebuah brand hingga launching, kemudian melakukan research kompetitor. Dari reaserch tersebut, bisa menentukan kategori market yang dibidik.

Fatur membocorkan tips and trick pelaku UMKM yang baru membuka bisnisnya, yaitu menentukan target market. Kalaupun bisnis digeluti kuliner, taste enak adalah kewajiban bukan lagi sekedar diferensiasi.

---

Komitmen JNE Jember dalam mendukung UMKM Jember sangat nyata, diantaranya dengan memberikan jasa dan solusi pelaku UMKM setempat.  Selain itu memosisikan sebagai partner UMKM, untuk konsultasi dan layanan bisnis terpadu pelaku UMKM berkolaborasi dengan bank BNI.

Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Jember, menjadi kota ke-sebelas dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022. Setelah Kota Jember, gelaran roadshow selanjutnya hadir di Kota Semarang.

Kita perusahaan yang dimiliki oleh putra bangsa. Jujur, bertanggung jawab dan visioner, termasuk dalam tagline kita “Connecting Happines” yang dimana tak hanya mengantarkan barang, tapi juga kebahagiaan”, tutup Agung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya