26 Jun 2022

Instalasi Gunung Sampah Persembahan Startup Pengelolaan Sampah


Instalasi Under Our Hill terbuat dari sampah, inisiasi Jangjo Indonesia dihadirkan untuk publik. Untuk membuatnya, dipercayakan kepada biro arsitektur AT-LARS sebagai desain instalasi.

Instalai sampah plastik, adalah replika kondisi gunungan sampah di TPST Bantargebang yang telah mencapai tinggi 40-50 meter. Untuk ukuran dibuat perbandingan 1:10, dengan kondisi aslinya.

Tujuannya adalah memberikan gambaran kepada masyarakat Jakarta bahwa sampah-sampah yang dibuang setiap harinya memiliki nilai dan banyak yang dapat didaur ulang.

Selain instalasi, pengunjung juga dapat melihat pameran tas beserta pajangan-pajangan terbuat dari sampah. Materi edukasi mengenai pemilahan sampah di rumah juga disediakan untuk mengajak masyarakat terlibat langsung dalam proses menangani masalah sampah di Jakarta.

Pengelolaan yang belum optimal dan sampah yang tidak terpilah, membuat sampah semakin menumpuk di TPA. Kami percaya pemilahan sampah dari sumber dapat membantu mengurangi sampah yang pergi ke Bantargebang.” ucap Joe Hansen CEO Jangjo Indonesia.

Saat ini tercatat, warga Jakarta mengirimkan 7.000-8.000 ton sampah ke Bantargebang setiap hari. Jika kondisi demikian terus berlanjut, cepat atau lambat TPST di wilayah Bekasi tersebut akan melebihi batas daya tampungnya.

Pameran instalasi gunung sampah, berlangsung 4 - 26 June 2022 di Loby SCBD ASTHA District 8, disponsori  perusahaan trading kripto indodax didukung perusahaan yang peduli lingkungan seperti Greenhope, Argha Karya dan In-Lite.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA