18 Jun 2022

UMKM Mahasiswa Go National melalui Campus Marketplace

 


Sudah seharusnya, seluruh stake holder mendampingi UMKM Tanah Air melangkah maju. Hal ini bisa menjadi wujud komitmen, membina generasi muda mengembangkan bisnis UMKM lewat transformasi digital.

Adalah program Campus Marketplace, yang menyediakan kesempatan magang tersertifikasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Program ini, melengkapi ekosistem bisnis para mahasiswa magang, untuk menjawab berbagai tantangan sekaligus. Di antaranya menjadi platform lokapasar bagi warga universitas, mulai dari mahasiswa, dosen, staf, alumni, anggota keluarga, bahkan UMKM binaan kampus demi percepatan transformasi ekonomi digital.

Platform tersebut, menambah jajaran mini marketplace yang lebih dulu diluncurkan, terkoneksi ke beberapa program pemerintah, salah satunya platform BeLa Pengadaan.  Kolaborasi berbagai pihak ditunjukkan dengan nyata, mendapatkan apresiasi dari pihak Kemendikbudristek RI lewat temu wicara daring bertajuk “#MelangkahMaju Bersama Universitas Ciptakan Ekosistem Bisnis Mandiri di Kampus.”

Hadir Vensia Tjhin, Chief of Commercial dan Omnichannel (COCO) Bhinneka. Beliau menyampaikan, bahwa perubahan sistem konvensional ke digital dalam berbagai bidang, membuat pelaku bisnis UMKM tidak terkecuali yang berada di dalam lingkungan kampus, untuk mengubah operasional bisnisnya supaya bisa mempertahankan produktivitas.

Menyadari bahwa UMKM memegang peranan dalam menyumbang pulihnya sektor perekonomian nasional, program Campus Marketplace sangat mendukung kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, yang menciptakan ekosistem bisnis di lingkungan kampus.”

Data jumlah UMKM Indonesia tahun 2021 mencapai 64,2 juta unit, memberi kontribusi hingga 61,07% atau setara dengan Rp8.573,89 triliun 1 terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Meski demikian, jumlah pelaku UMKM yang sudah masuk ke ekosistem digital baru mencapai 12 juta UMKM 2 .

Program Campus Marketplace sendiri, saat ini telah diadopsi dan dijalankan 14 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Turut serta menjawab tantangan, mempersiapkan talenta digital yang kian siap terjun ke dunia industri.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Kemendikbudristek RI, Ir Suharti Sutar MA PhD menyampaikan, Bahwa kampus dan industri merupakan dua institusi yang saling membutuhkan. Kehadiran pelaku usaha dan industri di kampus, merupakan sebuah upaya peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi.

Campus Marketplace tidak hanya melibatkan mahasiswa, terbukti bisa membangun kapasitas warga kampus sebagai pelaku UMKM yang sadar akan teknologi dan perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA