Selasa, 05 Juni 2018

Ini Dia, Jaminan Bagi Peserta JKN-KIS Saat Mudik Lebaran


Press Confrence "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan" -dokpri


Mudik sudah di depan mata, hari raya lebaran mulai terasa suasananya. Coba lihat, pusat-pusat perbelanjaan mulai ramai diserbu pembeli, akibatnya shaf masjid mulai sepi ditinggal jamaahnya – tapi biarlah, ibadah menjadi urusan pribadi masing-masing.
Sebagai pemudik saya membayangkan, bagaimana padatnya lalu lintas darat, dari ibukota menuju daerah Jawa Tengah dan jawa Timur. Tahun sebelumnya kemacetan terjadi di beberapa titik, mengakibatkan perjalanan tersendat dan waktu tempuh semakin panjang.
Semoga tahun ini kepadatan lalu lintas jauh berkurang, mengingat infrastruktur – berupa jalan tol -- sudah dipersiapkan olehh Pemerintah sedemikian rupa.


Bagaimana kalau sakit ini dan itu di perjalanan atau di kampung ? Tenang , BPJS mempersembahkan layanan bagi peserta JKN-KIS, mendapat akses layanan finansial ke fasilitas kesehatan apabila dibutuhkan.  Sekaligus memastikan, peserta JKN-KIS dapat mengakses informasi diperlukan selama layanan Mudik.

Hari Raya Lebaran yang diikuti liburan panjang,  dibarengi dengan banyak kantor layanan masyarakat yang tutup. Tapi bagi peserta JKN-KIS tidak perlu kawatir, pada H- 8 sampai H+ 8 (7-23 Juni 2018) tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan sesuai prosedur yang sudah disepakati, dengan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Untuk menyosialisasikan kesiapan BPJS pada Mudik tahun ini, blogger diundang pada acara  konferensi pers bertema “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.” Hadir Andayani Budi Lestari, selaku Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan.
suasana presconnf

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan dilakukan untuk tidak menghlangkan hak peserta, hal pertama libur panjang, hal kedua banyak orang moving atau pergi ke tempat buka di domisili yang awalnya,” Jelas Andayani Budi Lestari.

Berikut Pelayanan  Kesehatan Peserta JKN-KIS selama Libur Lebaran 2018

  • Pemberlakuan pelayanan kesehatan peserta selama libur lebaran ( 7 – 23 Juni 2018)
  • Peserta JKN-KIS (dalam dan luar wilayah) dapat memperoleh layanan kesehatan pada Puskesmas yang membuka pelayanan kesehatan, sekurang-kuangnya 3 kali kunjungan
  • Apabila tidak terdapat Fasilitas Kesehatan Tingat Pertama (FKTP) yang memberikan pelayanan, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.
  • Pada keadaan kegawatdaruratan seluruh faslitas kesehatan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS.
  • Bagi pesetya JKN-KIS penderita penyakit kronis, pengambilan obat dapat diambil lebih awal jika jadwal  pengambilan obat penyakit kronis peserta JKN-KIS jatuh pada masa libur lebaran.
  • Teknis pelayanan obat kronis bagi peserta JKN-KIS, diberlakukan : Obat penyakit kronis bagi peserta JKN-KIS diberikan maksimum untuk 30 hari sesuai indikasi medis dan mengacu pada formularium nasional berikut dengan ketentuannya.Dalam hal jadwal pengambilan obat penyakit kronis, peserta JKN-KIS jatuh pada masa mudik lebaran, maka jadwal pengambilan obat penyakit kronis dapat disesuaikan menjadi lebih awal dengan ketentuan ; Untuk obat Program Rujuk Balik (PRB) maka peserta JKN-KIS dapat mengambil obat di apotek PRB, sesuai dengan resep obat PRB dari dokter FKTP enyakit kronis di Fasilitas Kesehatan Tingkat lanjutan (FKRTL) , maka peserta JKN-KIS dapat mengambil obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit atau Apotek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai dengan resep obat penyakit kronis dari dokter spesialis di FKRTL.

Eit’s tunggu dulu, masih ada layanan khusus peserta JKN-KIS lho. Berlaku di kantor cabang BPJS dan kantor kabupaten/kota utama di Pulau Jawa, untuk tanggal 11,12,13,14, 18,19,20 Juni 2018 (pukul 08 – 12 waktu setempat).
Sementara bagi kantor kabupaten/kota yang tidak membuka pelayanan libur lebaran, maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi kepesertaan dan denda dilakukan melalui koordinasi antara PIC Rumah Sakit dengan petugas piket.JKN-KIS.
Jenis pelayanan khusus ada di gambar.
Layanan Khusus BPJS Kesehatan -materi presentasi

Tapi ada tapinya nih, yang mendapat layanan adalah peserta JKN-KIS yang disiplin membayar iuran. Keterlambatan atau lupa membayar iuran, mengakibatkan kartu JKN-KIS tidak aktif. So, yang masih punya tanggungan pembayaran, yuk segera diselesaikan sekarang juga.

Bagi yang sudah menjalankan kewajiban dengan baik dan disiplin, niscaya akan mendapatkan layanan sebagaimana pelayanan untuk peserta JKN-KIS.
“Jangan lupa, Kartu JKN-KIS nya dibawa” pesan Andayani Budi Lestari
Msteri Presentasi

Era digitalasi tengah berlangsung, tersedia Mobile JKN dan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Selain itu akan disebar leflet, call centre 24 jam, juga dibuka posko mudik di 8 titik mudik. Yaitu di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali serta Pelabuhan Merak Banten. Posko mudik digelar pada 9-14 Juni 2018, menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

33 komentar:

  1. Wow...ga libur nih BPJS jelang mudik, saluuut!!
    Yang jelas jangan ampe lupa kartu BPjs harus dibawa ya ko selama mudik, biar aman dan jaga2 buat hal yang ga diinginkan .
    Selamat mudik moga selamat sampe tujuan dan berkumpul dengan orang2 tersayang.

    BalasHapus
  2. Hebat ga libur demi melayani seluruh peserta JKN-KIS di Indonesia.

    BalasHapus
  3. bpjs makin juara nih untuk mendukung kegiatan mudik yang nyaman peserta jkn kis

    BalasHapus
  4. Udah ngomongin mudik aja ya, Apalah aku yang nggak punya kampung *hiks*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa berkegiatan yang lain pastinya kakak

      Hapus
  5. Berkat mudik, Kangen terobati, selamat sampai tujuan. Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sehat selalu ya Mpok amin

      Hapus
  6. Wah informasi ini penting sekali. Makasih sharing ya mas Agung. Sebagai pengguna layanan BPJS kesehatan memang akan mikir juga pas mudik bgm berobat, dst.

    BalasHapus
  7. informasi yang sangat berharga. Dan, sekaligus reminder bagi yang belum punya/bln jd anggota BPJS, termasuk saya ... ayooo segera dapataaaar!!!

    BalasHapus
  8. Oh..iya saat mudik itu termasuk yg genting perihal kesehatan. Jaminan ini tentu sangat membantu sekali utk para pemudik

    BalasHapus
  9. kita sering lupa, pentingnya perlindungan kesehatan ketika lagi seneng2, seperti lagi mudik ini. hehe

    BalasHapus
  10. Bagi yang mudik, selamat mudik dan tiba dengan sehat wal afiat di keluarga besar :)

    BalasHapus
  11. BPJS terobosannya makin OK banget ya kak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak

      Hapus
  12. jadi aman yah mudik dengan adanya layanan dari BPJS Kesehatan ini bagi para pesertanya

    BalasHapus
  13. Nah kalo ada BPJS mudikpun jadi nyaman dan aman ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama dr sisi layanan kesehatan ya kaK

      Hapus
  14. Bagus juga layanannya, membantu para mudikers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap.mendapat layanan kesehatan sesuai standart diperoleh

      Hapus
  15. Semoga semakin bagus nih pelayanannya pada JKN KIS...

    BalasHapus
  16. aku udah ada BPJS.. tapi ga tau mau mudik kemana mas.. hiks

    BalasHapus
  17. Totalitas melayani masyarakat. Salut buat BPJS.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya