15 Feb 2020

Bukti Komitmen Danone Specialized Nutrition Indonesia Melalui Laporan Keberlanjutan

Petinggi Danone SN di PAUD Cerdas- dokpri


Siapa tidak gemas, melihat adik adik PAUD bernyanyi lagu isi piringku. Wajah-wajah bahagia tanpa beban, menyanyi dan menari diikuti petinggi Danone Specialized Nutrition (Danone SN).
Pemandangan ini saya dapati, ketika mengunjungi PAUD Cerdas di daerah Citereup Bogor. PAUD yang sudah meluluskan tujuh angkatan ini, adalah persembahan Danone SN untuk warga di sekitar Pabrik Danone.
 
Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia yang hadir dan ikut bergembira bersama anak-anak, menyampaikan perasaan sangat exited, bisa melihat secara langsung kegiatan PAUD Cerdas. Hal terbaik yang didapati hari itu, adalah melihat senyum anak-anak. Dan salah satu kegiatan Danone, adalah meningkatkan nilai tambah dalam kehidupan bagi masyarakat sekitar Pabrik.
-----

12 februari 2020, masuk ke Pabrik Danone SN itu ternyata tidak mudah, kami musti difoto satu persatu dan diminta menukarkan KTP dengan kartu tamu.
Masuk ke lokasi Pabrik dan menuju ruangan, kami musti melewati lintasan yang telah ditentukan. Petugas keamanan berjaga di setiap titik, memastikan semua orang yang ada mematuhi peraturan.

Rupanya prosedur yang ketat inilah, membuat Pabrik Danone di Citereup mendapat predikat terbaik di dunia, Pabrik dengan zero insident selama sepuluh tahun lebih.
Pengalaman saya masuk ke Pabrik Danone SN, selaras dengan penjelasan Bapak  Delta Deritawan, Operation Director Danone Indonesia, bahwa prosedur yang ketat untuk memastikan quality management berjalan dengan baik dan Danone punya standart quality yang tinggi.
Ki- Ka ; Delta Deritawan, Karyanto Wibowo, Maria Dian Nuraini,  Dwi Hastuti-dokpri

Kehadiran Bloger dan Jurnalis, dalam rangka peluncuran “Laporan Berkelanjutan Danone SN (Spesialized Nutrition) periode 2017 – 2018”.  Menunjukan komitmen Danone SN Indonesia, telah menjaga keberlangsungan berbagai aspek di setiap proses bisnisnya hingga berbagai inisiatif sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Laporan Keberlanjutan,  menjadi sarana untuk menyuarakan kontribusi Danone SN. Baik secara langsung maupun tidak langsung dari inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan.

O’ya , balik sebentar ke acara di PAUD Cerdas. Ada sesi anak-anak makan menu sehat, dan tak lupa minum susu. Nah, susu produk dari Danone SN ini membuktikan, komitmen Danone SN berkontribusi melalui produk nutrisi untuk terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.

Kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dari misi Danone One Planet One Health’, jelas Ibu Connie Ang,

Masih menurut Ibu Connie Ang, bahwa perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, telah menjadi keahlian Danone SN. Danone tidak ingin anak-anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun akses makanan bergizi.
Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia -dokpri


Saya beruntung, melalui Danone Blogger Academy (DBA 2017),  pernah menjadi saksi bahwa apa yang dilakukan Danone perihal kontribusi terhadap masyarakat adalah nyata adanya. Saya pernah berkunjung ke  satu desa di Klaten Jawa Tengah, para ibu diberdayakan Danone SN dengan membuat tempe.

Menurut Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia, memberdayakan ibu- ibu sekitar Pabrik di Klaten untuk membuat tempe, bukti kontribusi Danone SN terhadap rantai bisnis yang berdampak positif pada ibu dan anak.

Laporan Keberlanjutan kami ini mencakup 6 pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab kami dalam hal Riset dan Inovasi, Lingkungan, Pemberdayaan Komunitas, Kepatuhan, Kualitas, serta Karyawan,” jelas Karyanto.

Laporan disusun, dengan mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI). Menampilkan struktur modular yang saling terkait, mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Tidak hanya kepada komunitas, Danone SN konsisten memberikan dampak positif kepada karyawannya. Ada kompetisi antar karyawan, dalam hal inovasi di lingkungan kerja dan kemudian dipilih pemenangnya.
Saya menjadi saksi, betapa beruntung bekerja di Danone. Ada kenalan karyawati di Danone SN sedang hamil, diberi hak cuti selama 6 bulan. sementara untuk karyawan yang istrinya melahirkan, mendapat hak cuti selama sepuluh hari, guna mendukung si ibu memberikan ASI Eksklusif.

Pada sesi talkshow, hadir Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON,  beliau menyampaikan, bahwa Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mengungkapkan (disclose) atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola yang baik perusahaan secara akuntabel.
Ibu Conny dengan Buku Laporan Berkelanjutan Danone SN-dokpri


Pada kesempatan yang sama Dr. Ir.  Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen,Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, sebagai mitra FEMA IPB sangat senang dapat ikut berkolaborasi dalam program-program keberlanjutan, khususnya program edukasi nutrisi yang dilakukan oleh Danone SN dalam upaya untuk peningkatan gizi masyarakat Indonesia.

upaya keberlanjutan Danone SN, menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan agenda pemerintah. Seperti saat ini sedang mencuat kasus stunting, dan Danone SN merespon dengan program isi piringku, guna mengedukasi orangtua, guru dan anak-anak menerapkan pola makan dengan gizi seimbang.



Penting bagi kami, mengkomunikasikan inisiatif sosial, ekonomi dan lingkungan yang sudah kami jalankan kepada publik dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Di masa mendatang, kami berkomitmen untuk menerbitkan laporan keberlanjutan setiap 2 tahun,” imbuh Karyanto Wibowo


Blogger di DSN -dok WAG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya