24 Jan 2020

SOS Children’s Villages Indonesia Berkolaborasi dengan Marriott Hotel Group dalam Program "Youth Internship 2020"

dok SOS Childern's Villages Indonesia


Saya pernah berkesempatan berkunjung, ke Desa Anak SOS yang ada di daerah Lembang Bandung dan Cibubur Jakarta Timur. Bisa melihat lebih dekat, kehidupan anak-anak yang dulunya kurang pengasuhan orangtuanya.
Saya turut merasakan, bagaimana kehangatan ada di setiap keluarga di desa Anak SOS. Layaknya sebuah keluarga pada umumnya, masing-masing anggota berperan sesuai fungsi dan peran.

Ada ibu asuh, yang sudah puluhan tahun mengabdikan diri di Desa Anak SOS. Bahkan telah dipanggil nenek, saking lamanya menjadi ibu asuh.
Tapi saya merasa ada yang terlewat di pikiran saya, adalah setelah anak-anak beranjak dewasa. Apakah mereka dilepas ke dunia luar begitu saja, agar bertumbuh dan mandiri di tengah masyarakat.

Oke, pertanyaan yang saya pendam itu, akhirnya mendapatkan jawabannya.

-----

Tidak bisa dipungkiri, masalah pengangguran, masih menjadi persoalan serius di negeri tercinta kita. Melansir data BPJS 2019, 5 dari 100 angkatan kerja sedang menganggur, dan kelompok tertinggi pada usia produktif 15- 24 tahun.
Beberapa faktor penyebabnya, diantaranya adalah kurang keahlian dan atau kesempatan pelatihan serta minimnya jaringan dan pengalaman kerja anak-anak muda.

Saya jadi ingat, pengalaman ketika kali pertama melamar pekerjaan. Selalu pertanyaan tentang pengalaman kerja, yang diajukan pada saat interview dengan HRD. Sontak batin ini langsung down, karena memang nihil pengalaman kerja.

SOS Childern’s Villages Indonesia,  menginisiasi program khusus. Guna mengasah keahlian, memberi pelatihan serta pengalaman kepada anak- anak usia produktif di Desa Anak SOS.
SOS Children’s Villages Indonesia berkolaborasi dengan Marriott Hotel Group meluncurkan program Youth Internship 2020

Youth Internship 2020 adalah bagian dari YouthCan! Program global untuk penguatan kapasitas bagi anak muda SOS Children’s Villages. Program yang diluncurkan pada Mei 2017, menggandeng berbagai pihak untuk mendukung anak muda mencapai kemandirian.

Fokus YouthCan! , memberikan pendidikan ketrampilan kerja bagi anak remaja SOS Children’s Villages. Outputnya adalah meningkatkan kapasitas remaja SOS, baik dalam bentuk hard skill ataupun soft skill.
dokpri


Youth Internship 2020

Kamis pagi (23/1’20) di Ritz Carlton Pacific Place – Jakarta, saya melihat enam wajah anak muda penuh semangat dan optimis.
Mereka adalah enam remaja asuhan SOS Childern Villages dari berbagai tempat di Indonesia, akan ditempatkan magang di beberapa hotel jaringan pilihan Marriot Hotel Group, yaitu, Ritz Carlton Pacific Place, Four Points by Sheraton, The Hermitage, Keraton at The Plaza, Ritz Carlton Mega Kuningan, dan Mayflower Executive Apartment Jakarta.
Gregor Hadi Nitihardjo -dokpri

Gregor Hadi Nitihardjo, selaku National Director SOS Children’s Villages Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa SOS Childern Villages mempunyai kemampuan, mempersiapkan anak-anak siap di dunia kerja. Tetapi tidak punya kapasitas, menyediakan lapangan pekerjaan. Kerjasama dengan Marriot Hotel Group dirasa strategis, untuk membekali remaja SOS dengan pengalaman kerja.  

Ya, remaja SOS ini akan magang di Marriot Group Hotel selama enam bulan, terhitung dari tanggal 24 Januari 2020. Mereka akan dibekali pengalaman bekerja di perhotelan untuk bidang  kitchen, finance, housekeeping, laundry, dan engineering.
Remaja SOS Childerns Village, berasal dari Banda Aceh, Meulaboh, Flores, dan Jakarta. Siap memasuki dunia kerja, di bidang perhotelan. Program kolaborasi ini, sekaligus diharapkan bisa membantu Marriott Hotel Group memperoleh talenta-talenta terbaik.

Menurut Subin Dharman, General Manager The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, komitmen global The Ritz-Carlton, bahwa Sumber Daya Manusia adalah aset paling berharga. Setiap orang punya kesempatan untuk terus belajar dan berkembang, sehingga dapat selalu memberi pelayanan, serta kenyamanan terbaik bagi para tamu.
"Kami mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh SOS Children's Villages dan merasa senang dapat turut berkontribusi dalam program ini,” ujar Subin Dharman

Saya yakin, kesempatan emas ini tidak akan disia-siakan remaja SOS Chliderns Villages Indonesia. Selain memacu semangat bekerja dan berkarya bagi mereka, juga menjadi semangat remaja SOS yang belum berkesempatan seperti mereka.

Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya