2 Nov 2019

Wignyo Rahadi Menembus Pasar Eropa dengan Kain Tapis Lampung

Wignyo Rahadi

Desainer Wignyo Rahadi, setelah merambah Singapura, Malaysia, Filipina, Jepang, dan Rusia, baru-baru ini berhasil menembus pasar Eropa. Wignyo menghadirkan koleksi bertema “Rising Tapis” dalam ajang fashion show skala internasional La Mode Sur La Seine à Paris yang berlangsung di Kota Paris, Perancis, pada akhir September lalu. 
Peragaan busana tersebut digelar di atas Kapal Pesiar Boreas menyusuri Sungai Seine berkeliling Kota Paris yang turut dihadiri oleh buyer dan media internasional.

Koleksi “Rising Tapis” menggunakan kain tradisional asal Lampung, merupakan hasil pengembangan para pengrajin kain Tapis binaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Lampung
Dengan mengangkat Tapis, kami berharap Tapis sebagai salah satu dari keragaman kain Nusantara yang patut dikembangkan, dapat dikenal secara internasional. Sejalan dengan acara La Mode Sur La Seine à Paris yang bertujuan untuk mempromosikan karya desainer Indonesia di pasar global, melalui Eropa yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fashion dunia,” papar Wignyo.

Tapis adalah teknik pengaplikasian benang metalik emas atau perak, di atas kain tenun dengan cara sulam. Kain Tapis adalah salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung yang umumnya dikenakan para wanita setempat sebagai sarung. 
Dalam rancangan ini, Wignyo mengaplikasikan Tapis pada gaya busana modern sesuai segmen pasar Eropa yang dituju.  
tangkapn layar-dokpri

Konsep koleksi “Rising Tapis” berfokus pada pengaplikasian Tapis benang emas secara penuh dan mendetail di atas kain tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Kemudian dikombinasikan dengan tenun full bintik, khususnya pada desain outer berupa jaket dan cape. 
Koleksi ini terdiri dari jaket, cape, dress, rok, dan celana cullote yang menggunakan perpaduan material kain Tapis dan tenun ATBM dengan berbagai teknik seperti full bintik, patchwork, dan benang putus. Warna-warna musim gugur seperti hijau olive, marun, dan emas, mendominasi koleksi ini yang memberikan kesan mewah dan elegan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA