2 Agu 2018

50 Tahun Emas Logam Mulia ANTAM, Pilihan Investasiku


Display Emas LM-ANTAM - dokpri


Malam itu (Senin 30 Juni’18), suasana ballrom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta,  tampak berbeda. Warna putih dan gold mendominasi, mulai dress code penerima tamu, aksesoris di round table undangan, serta kerlap kerlip permainan cahaya yang memenuhi ruangan.

Saya merasa tersanjung, bisa menjadi saksi peluncuran design dan kemasan emas LM (Logam Mulia) ANTAM. Acara istimewa dan keren ini, sekaligus menandai HUT ke 50 ANTAM.

Desain dan kemasan Emas ANTAM- LM terbaru ini merupakan salah satu refleksi inovasi ANTAM khususnya di sektor hilir komoditas emas yang dikelola Perusahaan,” Jelas Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama ANTAM.

Pikiran saya flash back, pada kejadian setahun silam. Saat itu, gadis kecil kesayangan hendak masuk ke Madarasah Ibtidaiyah. Beruntung, saya punya simpanan emas LM ANTAM. Tanpa pikir panjang, dengan bus Transjakarta saya bergegas berangkat.

Tujuan saya, ke Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM), PT ANTAM Tbk di daerah Pulogadung. Menjual emas LM seberat sepuluh gram, untuk membayar uang masuk sekolah bungsu kesayangan.

Rupanya saya menjual LM pada saat tepat, kala itu harga emas LM sedang bagus. Meski belum genap sepuluh tahun invetasi LM, saya bisa mendulang untung. Pembayaran uang masuk sekolah, langsung dibayar tunai – bahkan masih ada kelebihan.

Saya pernah menyimak, penjelasan seorang Finansial Planer di sebuah acara TV. Bahwa setiap kita, sangat perlu merencanakan keuangan dengan berinvestasi.
Jangka waktu investasi ada tiga, yaitu investasi jangka pendek (di bawah 5 tahun), jangka menengah (5 s/d 10 tahun) dan jangka panjang (di atas 10 tahun).

Emas LM bisa dipilih, untuk investasi jangka menengah dan jangka panjang.  Agar punya kemungkinan, merasakan benefit investasi LM, dari pertambahan nilai emas. Seperti pengalaman saya, menjual emas LM dan mendapatkan keuntungan.
LM ANtam New design - dokpri

Emas LM-ANTAM, selalu hadir dengan inovasi baru. satu diantaranya design yang terus update. Perubahan design emas batangan ANTAM, secara signifikan dilakukan sejak tahun 1968.
Tahun 2011 mengubah bentuk emas batangan, menjadi bentuk potrait UBPP LM mulai menggunakan latent image pada produk.  Pada Tahun 2013, ANTAM mulai menggunakan kemasan blister untuk pecahan 50 gram dan 100 gram.

Dalam sambutannya, Arie Prabowo Ariotedjo menyampaikan “Nilai tambah produk ini akan memberikan pelindungan bagi pelanggan dalam berinvestasi emas, karena menjamin keaslian produk. Fasilitas pengolahan dan pemurnian ANTAM yang tersertifikasi Responsible Gold dari London Bullion Market Association (LBMA) senantiasa memastikan pasokan emas perusahaan bebas dari pencucian uang, pelanggaran hak asasi manusia dan tidak terlibat dalam konflik,”

Acara peluncuran desain dan kemasan emas ANTAM-LM, terkesan megah dan elegan. Saya begitu menikmati setiap detik suasana, menyantap hidangan berkelas diiringi suara merdu penyanyi muda bertalenta Yura Yunika.
Menu exlusive Gala dinner 50 th ANTAM - dokpri

Tak Harus Banyak Uang untuk Investasi Emas LM-ANTAM


Selepas sekolah menengah atas, kala itu saya memilih bekerja sambil kuliah. Setiap terima gaji, langsung dibuat post pengeluaran. Uang untuk bayar kost, uang kuliah, uang makan dan transport.  Satu hal saya wajibkan, (meskipun sedikit) harus ada uang untuk ditabung.

Apakah gaji saya besar? Oo, tentu tidak.
Berbekal ijasah SMA, saya diterima sebagai pegawai rendah di Perusahaan Swasta. Dengan upah tidak seberapa, memutar otak agar semua kebutuhan terpenuhi.

Saya puasa senin kamis, agar terbebas dari sarapan dan makan siang. Kalau kantong sudah sangat tipis, sepeda kumbang milik teman satu kost, dipakai ke tempat kerja dan ke kampus.
Sementara untuk isi perut, saya punya strategi unik cukup jitu. Rajin ikut seminar (gratis) meskipun di lain kampus, ikut pengajian di masjid terdekat dan lain sebagainya.

Pada akhir bulan, biasanya ada uang hasil berhemat untuk ditabung. Setelah dikumpulkan, sangat membantu memenuhi kebutuhan tidak terduga. Meski tertatih-tatih, masa berat itu alhamdulillah terlewati.

Kebiasaan menabung, berlanjut setelah menikah dan punya anak. Setiap bulan, kami menyisihkan uang untuk ditabung. Kalau sedang ada rejeki lebih, separuhnya dipisahkan dan ditabung.
Dana pendidikan anak-anak, menjadi prioritas saya dan istri. Sudah direncanakan jauh hari, bahkan saat si sulung belum genap satu tahun.

“kenapa tidak dibelikan Logam Mulia ANTAM saja,” celetuk ibu mertua.
Kalimat ibu mertua terngiang, akhirnya saya mencari tahu lebih banyak tentang emas LM-ANTAM.

Menurut penjelasan financial planer (lanjutan point di atas), ada tips berinvestasi emas, meskipun kondisi keuangan sedang pas-pasan.

Caranya mudah, yaitu usahakan menyisihkan uang bulanan (sesuai kemampuan) senilai harga emas LM (misal) 1 gram atau 2 gram emas LM.
Membeli emas LM dengan pecahan gram kecil, lebih untung dibanding membeli emas LM dengan pecahan gram besar.
dokumentasi pribadi

Contoh nih, investasi satu keping emas LM pecahan 10 gram, dampaknya berbeda dengan investasi emas-LM pecahan 2 gram sebanyak 5 keping.

Saat butuh uang cash (misal) dua juta, kita cukup menjual 2 keping emas LM pecahan 2 gram. Kalau kita investasi satu keping 10 gram, mau tidak mau musti menjual sepuluh gram dimiliki.

Emas LM-ANTAM Pilihan Tepat Berinvestasi

Perjalanan 50 tahun ANTAM, khususnya bisinis pengolahan, ditandai dengan perubahan inovasi modern dan mengedepankan teknologi. Semua itu didorong komitmen PT.ANTAM Tbk, untuk terus mengembangkan diri dalam rangka memenuhi kebutuhan customer.

Produk emas ANTAM menjadi produk terbaik, memiliki ketepatan akurasi kadar emas yang tepat. Semangat menciptakan pembaruan, mencerminkan kehadiran emas batangan diperbaharui secara keseluruhan.
Penjualan emas LM ANTAM tahun 2017, membukukan total 13,2 ton. Sementara pada semester satu tahun 2018, penjualan mencapai 13,7 ton, target tahun 2018 ANTAM di atas 25 ton.

Pencapaian ini bukan semata mata usaha ANTAM, tapi berkat kerjasama dengan stakehoder, partner dan loyal customer,” jelas Arie Prabowo Ariotedjo.
insert - Arie Prabowo Ariotedjo - industry.co.id

Keunggulan produk terbaru emas LM ANTAM
Design : Logo LM berbentuk segilima dengan area logo glossy, Logo ANTAM sebagai ornamen dengan warna abu-abu memberi kesan simple elegan
Kemasan : Kemasan CertiCard dengan fitur security canggih, menggunakan material kemasan yang stabil dan kualitas optik yang tinggi. sehingga kuat dan bertahan lama selama bertahun- tahun.
Nomor Seri Unik tidak berulang : terdapat pada kemasan 10 gram ke atas, dan terdapat di semua kemasan.
Tanda tangan Chief Assayer
Security Barcode (CertiCode) : bisa discan menggunakan aplikasi CertyEye, aplikasi ini bisa menjadi alat untuk mengetahu keaslian emas LM-ANTAM.

-00o00-
menghadiri 50 th anniversary ANTAM - pic Mbak Yayat

Dua buah hati kami, masih butuh biaya besar untuk sekolah. Mbarep baru masuk SMP, sementara adiknya baru naik kelas dua sekolah dasar. Perjalanan kami masih panjang, biaya pendidikan musti terus kami upayakan.

Menabung dalam bentuk uang, biasanya akan terkendala dengan perubahan nilai inflasi. Uang satu juta saat ini, nilanya akan berbeda dengan satu juta lima tahun lagi. Berbeda dengan investasi emas LM, membeli satu gram emas hari ini, nilainya menyesuaikan ketika dijual sepuluh tahun lagi.

So, tidak perlu pikir panjang. Yuk segera mulai, berinvestasi dengan emas LM-ANTAM !

27 komentar:

  1. Wah seru Pak. Dulu waktu beli rumah aku juga menggunakan tabungan emasku untuk membayar DP-nya. Sangat membantu. Saat ini aku mulai kembali mencicil tabungan emas. Kadang bisa nyampe 1 gram per bulan, tapi belum rutin, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

    BalasHapus
  2. Makin cantik ya kemasannya. Siap2 berburu emas yuks. Makin tahun makin mahal soalnya. Lumayan buat invest.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, cocok untuk investasi jangka menengah dan jangka panjang

      Hapus
  3. Sayang, foto emas mulianya kurang jelas mas. Padahal katanya mereka punya desain baru yah, ku penasaran padahal euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya tambah foto yg lebih jelas kak :)

      Hapus
  4. Investasi logam mulia memang sangat bagus ya, karena saya pun masih mengandalkan investasi LM daripada yang lainnya sih.

    BalasHapus
  5. Aku kenal emas ya dr ibu aku sbg alat utk nabung. Tp wkt itu ibu ngajarinnya beli emas perhiasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Investasi emas lebih aman dr fluktuasi nilai mata uang

      Hapus
  6. Aku juga suka banget inves di emas tapi belum coba antam logam mulia biasanya aku inves pakai perhiasan emas

    BalasHapus
  7. tips financial planner tentang investasi emas masuk akal juga ya.. dan enggak berat asal dilakukan secara istiqomah

    BalasHapus
  8. Solusi cerdas buat investasi ini mas.. murah aman trus nilai jual beliny itu yg ok

    BalasHapus
  9. bagus tipsnya mas...jadi beli LM dengan pecahan kecil sebenernya lebih menguntungkan dan lebih cashable ya...
    jd pengen nabung LM lagi, apalagi antam semakin bagus inovasinya
    sangat menikmati membaca tulisan ini...terimakasih

    BalasHapus
  10. Aku baru sadar kalau investasi paling menguntungkan dan mudah ya LM ini ya. Mau dijual gampang dan harga jualnya ngga turun. Jadi pengen beli LM deh

    BalasHapus
  11. produk terbaru emas LM ANTAM ini akan ada seterusnya kah ? atau hanya produk limited edition ?

    BalasHapus
  12. makasih artikelnya mas Agung. Aku dulu bbrp kali beli LM, abis baca artikel ini jadi semangat ngumpulin LM lagi, doakeun yaaaa... :)

    BalasHapus
  13. Aku pun lebih senang investasi emas dalam bentuk LM ketimbang perhiasan.

    BalasHapus
  14. gara gara acara ini aku jadi terbuka sama investasi logam mulia.. tadinya mah kudet banget hihihi... tapi ternyata menguntungkan sih emang

    BalasHapus
  15. Wahh nice info, jadi semangat invest emas lagi. Pertama kali dapet LM dari temen2 by request hadiah nikahan hihi. Ikutin tipsnya ah beli kecil2 dulu. Semangattt

    BalasHapus
  16. pengen banget coba investasi emas secara antam gak jauh dari tempat saya tinggal. soooon laaaah :)

    BalasHapus
  17. Daku juga menginvestasikan di emas. Buat masa depan

    BalasHapus
  18. untuk model lama segera dijual saja karena nilainya ada penurunan

    BalasHapus
  19. logam mulia antam terjamin dengan sertifikat. Saat dijual lagi pun mudah laku.

    BalasHapus
  20. Investasi emas memang paling aman dibanding yang lain. Apalagi kalau sudah ada sertifikasi gampang untuk di prosesnya.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah aku udah punya LM ANTAM yang baru

    BalasHapus
  22. Boleh nih beli emasnya diganti LM aja ya drpd perhiasan yg jarang dipake.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA