22 Nov 2023

Road to JAFF18 di Semarang bersama Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2023

Sebagai Rumah Sinema Indonesia yang menyediakan kurasi film Indonesia, Bioskop Online aktif dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung perkembangan perfilman Indonesia. Salah satunya, menghadirkan rangkaian roadshow Road to JAFF18.

Roadshow menyambut penyelenggaraan Jogja-Netpac Asian Film Festival 2023 (JAFF18), dilaksanakan pada 25 November hingga 2 Desember 2023. Telah singgah di Medan, Palembang, Makassar berlanjut di Semarang.

Khusus roadshow Semarang, digelar di Rumah Po Han, mendapatkan antusiasme yang ramai dari para peserta. Ada tiga sesi yang setiap sesi sampai full kuota. Yaitu ;

● Sesi 1 (13.00-15.00 WIB) - Film Producer Hacks: The Art of Co-Producing Your Film. Dengan Mandy Marahimin, produser film yang memiliki banyak pengalaman di beberapa film ternama.

● Sesi 2 (16.00-18.00 WIB) - Acting Talks: Refining Your Craft for Aspiring Actors. Dengan speaker Sha Ine Febriyanti, aktris yang baru saja memenangkan penghargaan Pemeran Utama Perempuan Terbaik Festival Film Indonesia 2023.

● Sesi 3 (19.00-21.00 WIB) - Film Screening beberapa film pendek, yaitu; Dajang Soembi, Perempoean jang Dikawini Andjing (Edwin, 2005), Berlabuh (Haris Yulianto, 2020), Laut Memanggilku (Tumpal Tampubolon, 2021), Dini Hari (Dian Sastrowardoyo, 2022), Babad Wingking Griya (Mauliya Maila, 2023) dan Lamaran Berdarah (Ardian Parasto, 2023). 

Sesi pertama sukses memberikan banyak sekali insight bagi peserta yang hadir. Mandy Marahimin membongkar pengalamannya melakukan co-producing untuk film-filmnya. Ia menceritakan bagaimana pengalaman sebagai produser, bagaimana perjalanan co-production melalui film lab, script lab, project market, dan sebagainya, serta bagaimana cara mengaksesnya.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan apa saja peluang dari co-production dan bagaimana keuntungan kolaborasi internasional.

Semua pastinya menemukan tantangannya masing-masing dan poin pentingnya adalah menjaga kepekaan terhadap budaya dalam co-production film,” ungkap Mandy.

Di sesi dua, Sha Ine Febriyanti tak kalah semangat membagikan pengalaman sebagai seorang aktor. Berbagai peran atau karakter telah ia coba dan ia pun mengungkapkan bahwa ia selalu tertarik pada tawaran-tawaran yang tak biasa.

Saya sangat menyukai dan menerima tawaran peran yang menantang. Misalkan tawaran di film Nay, di mana saya di situ harus bermain sendiri, dan bagaimana cara saya mendeliver script yang menjadi pertaruhan, bagaimana caranya penonton nggak boleh ngantuk,” tutur Sha Ine 

Keseruan di dua sesi diskusi dilanjutkan dengan pemutaran film-film pendek. Ditutup dengan diskusi menarik seputar film-film yang telah ditonton. Kesuksesan acara ini sejalan dengan harapan Bioskop Online yang menghadirkan roadshow ini sebagai wadah bagi para pencinta film, pembuat film, dan praktisi industri kreatif di seluruh Indonesia untuk berkumpul, berbagi pengalaman, serta mendiskusikan isu-isu terkini dalam perfilman.

Bioskop Online berharap, dapat bersinergi dengan para pembuat film dan pegiat perfilman di berbagai kota di Indonesia. Membuka potensi kerja sama dengan pihak-pihak lokal untuk mengembangkan ekosistem perfilman di daerah terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA