20 Nov 2023

Bioskop Online Sukseskan Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023

 

Festival Film Indonesia 2023, berlangsung 14 November 2023, di Jakarta. Bioskop Online turut ambil bagian, menyediakan platform penjurian FFI tahun ini.  Ini menjadi tahun kedua, FFI dibuatksn platform Ruang Penayangan oleh Andy Yo selaku Vice President of Engineering Bioskop Online.

Proses penjurian menjadi otomatis dan cepat, dengan perubahan-perubahan yang lebih baik di bawah kepemimpinan Reza Rahadian. Termasuk hadirnya Ruang Penayangan, sehingga proses penjurian lebih terfasilitasi. 

Ruang penayangan dan fitur voting, bertujuan memberikan kemudahan anggota asosiasi dan Akademi Citra untuk mengaksesnya secara fleksibel dan aman, dari manapun dan kapanpun. Selain itu juga memfasilitasi panitia FFI, memonitor perkembangan proses menonton dan voting.

Panita bisa melacak jumlah film telah ditonton dan jumlah anggota yang sudah memvoting dengan mudah, sehingga panitia dapat melakukan follow up dan reminder kepada mereka yang belum menyelesaikan proses menonton dan voting.

Adanya Ruang Penayangan menjadi salah satu dari tiga pencapaian Reza Rahadian, sebagai Ketua Komite Festival Film Indonesia. Yaitu  mendorong pengukuhan H. Usmar Ismail, sebagai pahlawan nasional. Mendorong terbentuknya Akademi Citra, guna mengumpulkan peraih Piala Citra memberikan suara dan menentukan nominasi FFI sesuai kategori pernah diraih. Kemudian untuk kepentingan penjurian karya-karya film terbaik. 

Ruang Penayangan musti diimbangi dengan banyak juri yang akan menyeleksi film-film terbaik di FFI 2023. Reza Rahadian dan tim, tak tanggung-tanggung mendatangkan 23 juri. Mereka dari berbagai latar belakang, mulai dari pegiat film, kritikus film hingga akademisi.

“Diharapkan bisa mendapatkan hasil terbaik dari para juri tersebut,” ujar Reza.

Kolaborasi Bioskop Online dan FFI 2023, telah berjalan sejak pengumuman resmi daftar nominasi FFI 2023. Dalam FFI 2023, terdapat total 21 kategori pemenang nominasi akan memperebutkan Piala Citra 2023.

Setiap kategori ini memiliki 4-7 nominee yang telah dipilih oleh juri dengan kriteria ketat. Beberapa film dengan jumlah nominasi diraih adalah film Budi Pekerti meraih 17 nominasi, Like & Share meraih 11 nominasi, serta total 15 nominasi dibagi untuk film, Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang sebanyak 4 nominasi, film Onde Mande sebanyak 2 nominasi, dan film 24 Jam Bersama Gaspar sebanyak 9 nominasi. Beberapa film lain juga meraih nominasi pada Festival Film Indonesia 2023. 

Di malam anugerah, sejumlah film menjadi highlight di sepanjang acara. Kategori Film Cerita Panjang Terbaik, diraih Women from Rote Island. Juga memenangkan sejumlah penghargaan lain seperti Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Pengarah Sinematografi Terbaik.

Film 24 Jam Bersama Gaspar, Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang, Budi Pekerti serta Like & Share juga berhasil membawa pulang penghargaan di ajang FFI tahun ini.

Selamat untuk semua pemenang, dan semoga industri perfilman terus berkembang hingga ke kancah internasional. Bioskop Online juga berharap bisa terus berkolaborasi di FFI tahun berikutnya sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan industri film di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA