7 Nov 2023

Program Focus On: Kamila Andini di Road to JAFF18 (Jogja-NETPAC Asian Film Festival)

 

Bioskop Online berkolaborasi dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF18) masih terus berjalan. Setelah merilis program Film Pendek 17 Sutradara Perempuan Bercerita, dilanjutkan Roadshow di 4 kota. Kini hadir program baru, yaitu Focus On: Kamila Andini yang bisa ditonton di Bioskop Online.

Program ini dihadirkan secara khusus untuk merayakan konsistensi Kamila Andini di industri film Indonesia dan ia adalah salah satu sutradara wanita yang kerap mendapatkan apresiasi penghargaan atas karya-karyanya.

Pencinta sinema Indonesia, dapat menikmati sekaligus membaca rekam jejak karya Kamila Andini sebagai salah satu sutradara perempuan Indonesia yang telah berkarya lebih dari 20 tahun dengan kisah-kisah yang dekat serta visi artistik yang unik.

Sejak 2011, melalui film The Mirror Never Lies (Laut Bercermin), nama Kamila Andini mulai menjadi langganan di daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI). Hingga pada 2022, karya filmnya yang berjudul Before, Now & Then (Nana) mendapatkan penghargaan sebagai Film Cerita Panjang Terbaik FFI 2022. Film karya Kamila lainnya, Yuni, ditayangkan perdana di Toronto International Film Festival 2021 dan memenangkan Platform Prize.

Lewat program Focus On: Kamila Andini penonton bisa menyaksikan film-film karya Kamila Andini yang hanya tayang di Bioskop Online, antara lain;

Memoria. Sebuah film pendek berlatar belakang Timor Leste, yang menjadi sebuah pengingat akan kekerasan dan kesulitan yang sangat keji dan sering kali tidak terucapkan yang dialami oleh perempuan selama konflik yang melanda Timor Leste.

Sendiri Diana Sendiri. Sebuah film pendek yang bercerita tentang Diana, ibu rumah tangga yang dulunya adalah seorang pekerja kantoran. Pada suatu malam, Ari, suami Diana, menyampaikan kalo ia ingin memadu sang istri.

Sekar. Sebuah film pendek tentang seorang perempuan buta bernama Sekar yang menjadikan batik tulis buatan ibunya sebagai pusat dunia. Setiap kali ibunya membatik, Sekar dan ibunya akan meraba, menebak, kemudian membicarakan rapalan-rapalan doa dan harapan yang terkandung di setiap corak. Kemudian, hubungan harmonis ibu-anak ini akan terganggu dengan hadirnya seorang pemuda.

Mirror Never Lies. Sebuah film panjang yang mengisahkan Pakis, seorang anak perempuan dari komunitas nelayan suku Bajau di Wakatobi. Dia tinggal bersama ibunya, Tayung. Karena ayah Pakis hilang di laut, Tayung bekerja keras untuk menghidupi putrinya. Pakis bertekad untuk mencari ayahnya hingga mengunjungi peramal, yang melakukan ritual yang memungkinkan Pakis mencari ayahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA