25 Mar 2019

Puncak HUT 21 BUMN Gelar Goes To Campus

Antusias millenials di BUMN Goes To Campus - dokpri

Sudah pada tahu kan, kapan puncak HUT 21 BUMN digelar? yup benar, tanggal 21 Maret 2019.
Saya sangat senang, berkesempatan bergabung, bersama rekan Blogger dan media, mengikuti rangkaian BUMN Goes To Campus di Universitas Siperbangsa (UNSIKA) Karawang.

Jujur ya, kalau berkumpul dan bergabung dengan millenials, bawaannya saya jadi bersemangat dan kembali merasa muda.
Pasalnya, melihat dan merasakan antusiasme anak muda yang giat mengejar cita-cita, membulatkan keyakinan dan optimisme bahwa masa depan Indonesia akan cerah.

Berada di dalam satu tenda di pelataran UNSIKA, bersama 2500 anak muda, degup penuh semangat jiwa muda itu memenuhi ruangan.
Mereka menyimak dengan tekun, pemaparan  Wahyu Kuncoro, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementrian BUMN, yang memperkenalkan peranan BUMN dalam membangun Negeri, sekaligus berbagi inspirasi kepada milenials.

Saya sendiri tidak begitu hapal, kalau diminta melafalkan (saking banyaknya) semua perusahaan yang menjadi holding BUMN.
Tapi kalau diminta menyebutkan beberapa, setidaknya familiar dengan PT.Pupuk Indonesia, yaitu perusahaan BUMN bidang pupuk di Indonesia, dengan Direktur Utama, Aas Asikin Idat (kebetulan Pak Aas hadir di acara Goes To Campus)

Ada lagi, kalau kita naik transportasi publik (bus, kereta) di tiket tercantum nama PT. Jasa Raharja, yaitu perusahaan BUMN di bidang Asuransi yang mengcover apabila terjadi kecelakaan.
Di bidang perbankan, ada BRI, Mandiri, BNI dan BTN, kemudian ada juga PT. Balai Pustaka (Persero), PT. Bio Farma (Persero), PT Kimia Farma (Persero),  PT. Krakatau Stell (Persero), kalau mau diteruskan bisa panjang dan tidak kelar -- silakan googling sendiri ya.
Ki-Ka ; Wahyu Kuncoro, Rektor UNSIKA, Aas Asikin Idat -dokpri

Aas Asikin Idat, memaparkan kiprah BUMN dalam membangun Negeri serta perkembangan bisnis Pupuk Indonesia sebagai BUMN produsen pupuk Nasional. 
Secara khusus, Dirut Pupuk Indonesia bangga bisa berbagi kepada generasi muda, “Keluarga BUMN yang berjumlah 143 Perusahaan hadir sebagai agen pembangunan ekonomi Negara dan memberikan mafaat untuk hidup masyarakat. Pupuk Indonesia menjalankan tugas dan fungsi tersebut melalui upaya menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani yang berhak,” ujar Aas
   
Sebelum sampai pada acara puncak HUT 21 BUMN, telah diselenggarakan tiga kegiatan Pre Event yang berlangsung dari tanggal 15 – 20 Maret 2019.
BUMN Got Talent ; ajang millenials menampilkan bakat di bidang tarik suara, standup comedy, menari dan bakal lainnya.
Vlog Competition ; Lomba Vlog durasi 2 – 3 menit, dengan tema “Kiprah BUMN Membangun Negeri” yang manfaatnya dirasakan masyarakat Karawang.
Future CEO BUMN ; Ajang karya tulis mahasiswa, menunjukan visi dan gagasan “Jika Menjadi Direktur BUMN”

Pada ujung pagelaran BUMN Goes To Campus di UNSIKA, diserahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari UNSIKA.
Bantuan beasiswa, berupa dana dan fasilitas pendidikan hingga lulus, sebagai wujud kepedulian BUMN dalam menunjang kebutuhan mahasiswa.
spanduk BUMN Goes To Campus -dokpri

Kemudian Pemberian Sertifikat Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), dan penyerahan Sertifikat Kelas Terampil.
PMMB adalah program inisiasi BUMN, diikuti 110 mahasiswa (beberapa diantaranya mahasiswa UNSIKA) bertujuan meningkatkan kompetensi di dunia kerja.

Khusus untuk kampus UNSIKA, PT.Pupuk Indonesia memberikan bantuan berupa pembangunan kantin Mahasiswa yang nyaman dan modern.
Blogger di BUMN Goes To Campus 


----

Hari beranjak sore, ketika kaki ini menginjak pelataran Pondok Pesantren Nihayatul Amal – Rawamerta Karawang.
Pondok Pesantren terkemuka di Karawang, berdiri sejak tahun 1963 dan kini dijalankan oleh generasi ketiga.

Dari pintu gerbang, tampak Santriwan Santriwati kelas VII hingga IX (MTS – MA), berjajar mengular sembari mengibarkan bendera kecil warna merah putih.
Kalau dirunut, barisan panjang berujung hingga medekati masjid tempat acara seremony, bersebelahan dengan lahan yang hendak dibangun ruang kelas santriwati.

Sekira tigapuluh menit dari kedatangan kami (Blogger dan Media), mobil Mentri BUMN, Rini M Soemarno beserta rombongan tiba.
Turut hadir wakil bupati Karawang, serta beberapa direktur utama BUMN, termasuk Aas Asikan Idat Dirut PT.Pupuk Indonesia.
Mentri Perdagangan Rini M Soemanro tiba di Ponpes -dokpri

Kedatangan Mentri beserta rombongan, disambut tetabuhan rebana mengiringi salawat dan ucapan selamat datang dari santriwati.
Sontak suasana menjadi meriah, ketika para ibu yang hadir berdesakan, berebut kesempatan berswafoto bersama ibu Mentri.

Menurut Rini M Soewandi, selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, BUMN berhasil membukukan laba hingga 199 Triliun, hal ini memacu semangat BUMN tidak hanya mencari keuntungan tetapi juga menjalankan fungsi berbagi.
Dalam rangka ulang tahun BUMN Ke 21 kami sebagai BUMN ingin berbagi karena tugas kami bukan saja untuk mencari keuntungan tapi juga untuk dapat langsung berbagi kepada masyarakat” ujar Rini.

Dan siapa sangka, kehadiran Mentri BUMN ke Ponpes Nihayatul Amal Rawamerta Karawang, ternyata membawa berkah dan kejutan.
Ponpes yang semula mendapat bantuan pembangunan kelas putri saja, kini ditambahi dengan bantuan untuk pembangunan asrama putri, sontak mendapat tepuk tangan riuh.
Mentri BUMN secara simbolis meletakkan batu bata di bangunan kelas- dokpri

Sebagai penanda dimulainya pembangunan gedung kelas, Mentri BUMN bersama Dirut BUMN melakukan simbolis pembangunan dinding kelas Santriwati.

Sebagai bagian dari masyarakat, besar harapan saya, pembangunan berjalan lancar, santri Ponpes Niyatul Amal semakin giat belajar.

24 komentar:

  1. Rangkaian acara ultah BUMN ke 21 ini keren-keren ya
    Banyak bener aksi nyatanya yang langsung berkontribusi ke masyarakat bahkan sampai ke kampus-kampus
    Selamat ulang tahun BUMN

    BalasHapus
  2. Baru kali ini aku baca review tulisan tentang acara yang digelar sama BUMN mas. Sangat menarik!

    BalasHapus
  3. Ternyata sudah masuk 21 Tahun ya mas. Semoga BUMN semakin sukses ya.

    BalasHapus
  4. Selamat HUT BUMN, semoga terus melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik ya. Sukses ya.

    BalasHapus
  5. Selamat Ultah BUMN, semoga makin banyak generasi Milenial yang terjun langsung di BUMN dan mengali terus potensi2 yang ada di Indonesia

    BalasHapus
  6. Keren nih programnya BUMN utk mnyambut ultahnya smoga bukan karena kampanye ya mas,,, aplg program binaan pesantren nya

    BalasHapus
  7. Wah ini Hut 21 BUMN sudah merambah ke kampus ya mas? Seru banget sih acaranya, semoga semakin banyak kaum millenials yang semangat terhadap BUMN

    BalasHapus
  8. Sukses selalu untuk BUMN semoga dengan ini bisa makin maju ya mas kampung-kampung yang tertinggal

    BalasHapus
  9. Ga terasa ya sdh 21 BUMN pas usianya buat jiwa muda ni masa2 remaja masa sedang berkembang , sukses buat bumn

    BalasHapus
  10. Keren!! Udah 21 tahun aja ya BUMN. Semoga bisa selalu memberikan yang terbaik buat negeri ini :D

    BalasHapus
  11. Makin menebar manfaat BUMN untuk negeri ini, semoga banyak yang mengikuti jejaknya

    BalasHapus
  12. ohhhh baru tau ada HUT BUMN segala heheh semoga BUMN indonesia bersih dari korupsi (eh kemarin ada dirut BUMN yg ketangkep kan ya?akh sudah lah) tetep harus optimis demi kemajuan bangsa :)

    BalasHapus
  13. Semoga BUMN kita terus maju. Kan, masyarakat juga yang akan merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  14. Wah dengan ultah BUMN ini bisa memacu kemajuan bangsa

    BalasHapus
  15. BUMN makin merakyat nih. Aku penasaran dengan karya tulis jika menjadi direktur BUMN seperti apa. Biasanya ide mahasiswa segar dan out of the box.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. HUT BUMN KE 21 ini sangat semarak, segala berbagai aktifitasnya berorientasi pada sosial dan edukasi ke segenap masyarakat

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya