25 Jun 2023

Sisi Lain Labuan Bajo di Film Dragon for Sale

 

Dragon for Sale, film dokumenter disutradarai Dandhy Laksono, telah tayang di Bioskop Online. Dragon for Sale sendiri, berkisah tentang kolaborasi Ekspedisi Indonesia Baru, Sunspirit dan Sahabat Flores, yang menceritakan indahnya alam di Pulau Komodo dan pulau Labuan Bajo.

Di sisi lain, film ini juga mengupas pembangunan pariwisata super premium di Labuan Bajo. Di mana Labuan Bajo termasuk sebagai salah satu dari destinasi “10 Bali Baru”. Seluk beluk di balik pembangunan pariwisata ini yang kemudian melatarbelakangi dibuatnya film dokumenter Dragon for Sale.

Seluk beluk pembangunan tersebut, salah satunya adalah perubahan dialami warga lokal, “Bahwa ada konsekuensi yang sangat besar saat pembangunan berjalan di Labuan Bajo. Salah satunya naiknya harga lahan, yang mau tidak mau akan membuat warga sekitar akan berpikir biaya hidup yang makin tinggi,” ungkap Farid Gaban, salah satu tim Ekspedisi Indonesia.

Dengan pembangunan yang ada dikhawatirkan akan mengganggu keberlangsungan kehidupan satwa di sana. Seperti yang diungkap Cypri Paju Dale, peneliti antropologi di Universitas Wisconsin-Madison, USA, bahwa perubahan iklim akan mempengaruhi berkurangnya jumlah komodo dalam jangka panjang, ditambah lagi habitatnya diobral untuk investasi, jelas kehidupan komodo akan tambah terancam.

Dari keresahan-keresahan itu, Dragon for Sale akan tayang sebanyak 5 episode di Bioskop Online. Episode baru akan tayang setiap hari Selasa, menceritakan perjalanan seorang musisi asal Flores, Venansius yang berkenalan dengan fotografer Yusuf Priambodo dari tim Ekspedisi Indonesia Baru.

Setiap bagian akan memiliki ceritanya masing-masing, mulai dari pengalaman berlayar dengan kapal Pinisi, mendatangi Pulau Padar, bermalam di Pulau Papagarang, episode lebih dekat dengan kehidupan komodo dan mengakhiri perjalanan dengan kembali ke Flores dan berbagi cerita dengan warga lokal.

“Film ini berisikan edukasi yang penting tentang pembangunan pariwisata di Labuan Bajo. Dengan tayangnya Dragon for Sale di Bioskop Online, diharapkan bisa menjadi sebuah tontonan yang informatif, selain tentunya bisa lebih mengenal keindahan alam Labuan Bajo, mengetahui kulturnya dan dapat mengajak penonton untuk lebih peduli dalam melestarikan keindahan alam di Indonesia, khususnya Labuan Bajo,” ungkap Bonifacius Soemarmo, VP Growth & Marketing Digital Business Visinema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA