1 Jun 2023

PT KAI Meluncurkan Kereta Argo Merbabu

 

Hallo warga Semarang dan sekitarnya, ada kabar gembira buat kalian. Memasuki bulan juni, sekaligus ersamaan pemberlakuan Gapeka 2023. PT KAI meluncurkan Kereta Api Argo Merbabu, melayani perjalanan relasi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng – Stasiun Gambir.

Saya beruntung, berkesempatan turut dalam perjalanan perdana KA Argo Merbabu. Berangkat dari semarang pukul 05.50 Wib, sampai di Jakarta jam 11.40 Wib. Rute perjalanan KA Argo Merbagu, adalah Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng- Pekalongan- Tegal – Cirebon - Bekasi- jatinegara- Stasiun Gambir.

Menurut saya rute ini sangat stratgis, bagi pengguna commuter line. Kereta berhenti di Stasiun Jatinegara, saya tidak kerepotan transit menuju stasiun Tanah Abang. Tinggal memutar dari pintu keluar, kemudian masuk dan tap in dan pindah peron.

Apalagi sampai Jakarta siang hari jadwal commuter sedang rapat, artinya tidak terlalu lama menunggu.

------

KA Merbabu diambil dari nama dari Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Indonesia. Pengambilan nama ini didasarkan pada keindahan dan prestise pada Gunung Merbabu, serta peran penting dalam kehidupan masyarakat Jawa Tengah.

Dalam konteks pengambilan nama "Kereta Api Merbabu" untuk sebuah kereta api, merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap keindahan serta makna yang dimiliki oleh Gunung Merbabu. 

Nama ini juga memberikan kesan kemegahan dan kestabilan, sesuai citra yang ingin dihadirkan oleh kereta api tersebut. Diharapkan dapat membangun hubungan emosional dan identitas dengan masyarakat Jawa Tengah, menjadi lambang perjalanan yang menghadirkan keindahan dan keagungan alam Indonesia kepada para penumpangnya.

Saat ini KA Argo Merbabu terdiri dari 8 kereta eksekutif ( 9K1SS - 1M - 1P )dengan total 400 tempat duduk dalam sekali perjalanan. KA Argo Merbabu beroperasi mulai bulan Juni setiap hari, dan KAI memberikan tarif promo khusus kepada masyarakat, tarif promo ini diberikan untuk periode keberangkatan 1 sd 30 juni 2023 (cek di aplikasi KAI Acces ya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA