Senin, 29 Januari 2018

Mempersiapkan Liburan Akhir Pekan di Seputaran Jakarta dengan CariAja



tirto.id

Akhir pekan, menjadi hari dinanti kedatangannya. Bebas dari kewajiban bangun pagi, tidak perlu buru-buru berangkat ke tempat kerja.
Pun anak-anak demikian, setelah lima hari belajar di sekolah sampai sore. Pada Sabtu dan Minggu, sementara tidak perlu berjibaku dengan pelajaran.

Etapi, tugas orang tua ternyata belum kelar lho. Setiap datang week end --biasanya nih, anak-anak ngajak pergi keluar rumah.  Hari libur di rumah saja, tentu membosankan.

Jangankan anak-anak, kita orang tua pasti pengin dong, lepas sejenak dari segala rutinitas. Gak melulu, menghadapi hal yang sama setiap hari.

Percaya ga, kalau liburan adalah bagian dari investasi. Kalau saya sih percaya. Coba pikirkan, betapa banyak manfaat bisa didapat dari berlibur.

Dengan liburan, jiwa dan raga seperti di-refresh. Hubungan suami istri, menjadi lebih kompak dan harmonis. Kedekatan orang tua dengan anak, menjadi lebih terjaga.

Siapa tidak senang, kalau anak dekat dengan ayah dan ibunya. Mereka nyaman ngobrol dengan orang tua, tidak segan curhat atau diskusi.


Berlibur sebagai sarana, membuang sekat atau beban yang ada di pikiran. Berlibur, selain melepaskan lelah sekaligus mengundang perasaan bahagia datang.

Kalau hati sudah bahagia, makan apa saja jadi enak. So, badan lebih sehat, pikiran lebih segar. Hasilnya, kita menjadi lebih produktif.

Oo00oO


Agar berlibur lebih asyik dan menyenangkan, ada baiknya dipersiapkan dan direncanakan.  Perlu membuat kesepakatan dengan pasangan dan anak-anak, mau pergi kemana akhir pekan.

Berlibur tidak harus jauh ke luar kota, di dalam kota Jakarta saja –saya yakin--tidak akan kehabisan tempat hiburan.
Berlibur, tidak harus berbiaya mahal. Bisa mencari yang praktis dan simple, sangat bisa menyesuaikan kantong alias murmer, yang penting bisa happy.

Biar akhir pekan tidak membosankan, bisa lho dibuat tema liburan. Jadi, tidak ke tempat yang sama berulang-ulang, dalam jangka waktu berdekatan.
Berikut, tema wisata akhir pekan di Jakarta ;
Perpustakaan Nasional - dokpri

Wisata Edukasi
Sangat mudah, menemukan tempat berwisata sekaligus belajar. Selain mengajak anak bersenang-senang, bisa sekalian menimba pengetahuan.

Seperti berkunjung ke Perpustakaan Nasional, hari Sabtu juga buka sampai sore– minggu tutup ya. Atau pergi ke Planetarium, Monas , Taman Mini Indonesia Indah, atau paling mentok bisa ke toko buku terdekat.

Anak-anak bisa dibebaskan, membaca cerita ringan tentang tokoh atau karakter kegemaran. Jangan dipaksa, anak membaca buku-buku pelajaran.

Kan tujuannya berwisata, bukan belajar. Kasihan kan, kalau ke perpustakaan, yang dibaca buku –misalnya—Biologi, Geografi dan lain sebagainya—pelajaran (kecuali anak menginginkan sendiri).

Wisata Alam
Berwisata ke alam bebas, pasti sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka bisa bermain gembira, berlarian dan bersuka ria.

Sangat banyak pilihan berwisata alam, di dalam kota Jakarta. Seperti Hutan Kota, tersebar di beberapa titik di ibukota – diantaranya di srengseng dan Cijantung—.
Anak bisa diajak mengenal aneka jenis flora , sambil melihat secara langsung wujud dari tumbuhan dimaksud.
jejakpiknik.com
Pergi ke Kebun Binatang Ragunan, bisa menjadi tempat untuk mengenal berbagai jenis satwa yang ada. Mulai dari primata, hewan air, unggas dan lain sebagainya.

Bermain pasir di pantai dufan, atau pergi taman kota terdekat. Semua ruang terbuka, sangat bisa dijadikan pilihan, untuk berwisata alam.

Wisata Sejarah
Mengunjungi  obyek wisata, yang memancing kita menilisik masa lampau, tentu mengasyikkan. Kita bisa mengetahui, peristiwa besar yang pernah terjadi, jauh sebelum lahir ke dunia ini.

Jakarta memiliki banyak tempat wisata sejarah, sangat bisa dijadikan tujuan berlibur. Sebut saja nama-nama museum, misalnya ; Museum Gajah, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Satria mandala.
Kalau mau datang ke Kota Tua, berjajar beberapa Museum ada di kawasan ini. Masih banyak lagi museum ada di Jakarta, --saya yakin—tidak akan kehabisan tujuan.

Kebanyakan Museum, justru buka di hari libur. Jadi tak perlu repot, mengajak anak-anak berwisata sejarah.

Wisata Kuliner
Bepergian sembari makan bersama keluarga, pasti sangat menyenangkan. Biasanya, anak-anak lebih lahap santap makan karena hatinya senang.

Sekarang, banyak tempat makan mulai berinovasi. Tak sekedar memperhatikan jenis hidangan, tapi tema dan tampilannya mulai dikonsep dengan baik.

Banyak tempat makan, menyajikan menu tradisional, dari daerah tertentu di Indonesia. Seperti warung Sunda, sego pecel pincuk, warung Manado, dan lain sebagainya.
Menu international - dokpri

Atau bisa juga, sesekali mengenalkan anak, pada menu international. Anak bisa diajak menikmati, steak, burger, sandwich, spagety dan lain sebagainya

Wisata kuliner, bisa menjadi pilihan tema. untuk menghabiskan hari libur, bersama orang-orang dicintai.

Wisata Olah Raga
Liburan, sambil berenang atau futsal, sangat cocok bagi anak yang gemar berolah raga. Kebetulan, anak sulung saya suka futsal. Sementara adiknya – yang perempuan, sangat suka berenang.

Kolam renang, sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Jakarta. Tak hanya di wahana air lho, bahkan ada perumahan menyediakan kolam renang, terbuka untuk umum.

Sementara lapangan futsal, keberadaannya mulai menjamur di berbagai tempat. Kalau mau mengajak futsal, musti janjian dengan teman satu team. Tak ada salahnya, mengajak anak-anak berwisata sambil berolah raga.

Biar ga pusing mencari tempat berlibur, bisa lho mengandalkan aplikasi CariAja

Mengenal Aplikasi CariAja

Aplikasi CariAja -dokpri
CariAja adalah aplikasi pencarian tempat, membantu menemukan tempat di sekitar anda. Seperti Restoran, tempat rekreasi, SPBU, ATM, Minimarket, hotel, layanan transportasi dan lain sebagainya.
Aplikasi CariAja bisa di download , melalui google play store ,  sangat membantu untuk menentukan lokasi yang akan dikunjungi, di berbagai kota di Indonesia.

Ada 12 kategori di aplikasi CariAja, yaitu, Kuliner, Minimarket, SPBU, ATM, Bank, Belanja, Kesehatan, Hotel dan Wisata, Otomotif, Transportasi, Pendidikan dan Tempat.

Setiap kategori, akan mengarah pada informasi lebih spesifik lagi. Misalnya kategori “Kuliner,” setelah diklik, akan mengarahkan pengguna pada pilihan ; Restoran, Gerai Kopi, Warung dan Tenda, Kafe, Toko Roti dan Kue, Kedai Minuman.

Kemudian anda bisa melanjutkan, dengan klik –misal—“Restoran,” maka akan ada aneka pilihan gerai kopi bisa menjadi jujugan anda –urutan bisa disesuaikan.
Step di aplikasi CariAja -dokpri
Pada bagian atas, laman daftar “Restoran,” ada fitur ”Saring.” Fitur ini sangat membantu, mencari urutan berdasarkan ; Jarak,  Nilai Tertinggi, Ulasan Tertinggi dan Harga Terendah.
Ada lagi fitur, “Masih Buka”, “ Bintang 4 Ke atas”, “Jenis Makanan”, dan “Cari di List Bawah”

Informasi restoran pilihan, bisa anda klik dengan memilih satu nama –misal—“Die Stube Germany Resto and Bar.” Maka akan kita dapat informasi lebih detil, mencakup ; alamat lengkap,  no contact (tidak perlu ketik nomornya, cukup pencet gambar telepon), review, foto tempat dan daftar menu--keren kan.
Fitur "Tambah" di aplikasi CariAja -dokpri

Pada halaman utama, ada fitur “Tambah,” memungkinkan setiap pengguna, untuk menambahkan lokasi atau tempat yang belum ada di CariAja.

Bagaimana, sangat praktis dan simple kan. Semua persoalan saat berwisata, akan teratasi dengan aplikasi pencarian tempat CariAja. Perencanaan yang baik, membuat berwisata berjalan lancar, tidak merusak suasana liburan.

55 komentar:

  1. Saya kalau kelamaan di rumah, bawaannya pengin jalan mulu. Gak harus destinasi, sih, ke taman kota sambil foto-foto cukuplah. Apalah taman di Surabaya kalau disinggahi sehari juga gak cukup! :D

    BalasHapus
  2. Ternyata apps cariAja sangat bermanfaat utk traveler nih..

    Klayapan.com

    BalasHapus
  3. Jakarta emang menarik banget ya Pak, saya walau udah 3 tahun di sini malah belum berkunjung ke semua tempat. ke Monas aja baru sekali, besok-besok harus banyak-banyak keliling Ibu Kota nih. Enak juga ga perlu khawatir akan nyasar karena ada mobile app CariAja :D
    Makasih infonya ya Pak, keep share!

    BalasHapus
  4. Sebagai warga jakarta saya malah ngerasa nggak gaul karena jarang jalan2 di jakartanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Yuk halan-halan kak Putri :)

      Hapus
  5. Wah, makin simple ya, semua ada digenggaman!

    BalasHapus
  6. Ada keuntungannya nggak Pak Agung buat pengguna aktif, misalnya ngasih ulasan tempat wisata seperti di tripadvisor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di DM adminnya melalui medsosnya kakak

      Hapus
  7. Keren banget siiik Aplikasi CariAja ini
    Bener2 bikin liburan makin assoy geboy

    BalasHapus
  8. Liburan kuliner enak tuh. Hehe makan makan. Dan sekarang udah ada CariAja. Praktis, tinggal klik dan tulis tujuan. Muncul semuanya deh yg mau dicari. Keren...

    BalasHapus
  9. Klo aku, mentok2nya ngemall lagi ngemall lagi. Wkwkwk...
    Nah klo udah ada aplikasi ini, gak usah pusing2 deh. Tinggal cari info tempat menarik aja ya..

    BalasHapus
  10. Akhir pekan wajib coba nih jalan2 sekitaran jakarta untuk mengenalkan si kecil wisata yang ada di jakarta dengan aplikasi ini.

    BalasHapus
  11. Wah bisa nih pakai Cariaja. aku baru denger nih.. buat cari reference wisata on weekend

    BalasHapus
  12. Jadi kepo sama cariaja ehmmm

    BalasHapus
  13. Saya pakai aplikasi CariAja kayaknya untuk cek kuliner aja kalo di Jakarta, haha
    Soalnya udah lama ga maen kesana.

    BalasHapus
  14. Perpustakaan nasional nampaknya menarik buat dikunjungi saat akhir pekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat, anakku suka ke Perpust Nas

      Hapus
  15. Aplikasi yang membantu ya namanya juga sesuai ya dengan apa yang biasa orang katakan ketika lagi butuh informasi tempat2 yang menarik di Jakarta khususnya.

    BalasHapus
  16. Aplikasi Start-Up yang menarik nih, banyak pilihan tepat untuk membantu liburan ke tempat yang tepat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul , start-up semakin memudahkan manusia modern

      Hapus
  17. Wah.. boleh dicoba nih apps-nya, kalo mau liburan di Jakarta nggak usah bingung lagi searching-searching. 😎👍

    BalasHapus
  18. Ahahai asyik nih bisa kukulineran dengan mudah. Cari tempat wisata yang asyik-asyik di jakarta

    BalasHapus
  19. Wah ini nih. Kayaknya mesti download biar bisa explore Jakarta lebih banyak lagi :D

    BalasHapus
  20. Iya kalau weekend pasti udah ditagih jalan-jalan sama anak-anak ni bisa ngebantu banget.

    BalasHapus
  21. aplikasi nya membantu banget ya

    BalasHapus
  22. Wuah..boleh bgt nih aplikasi utk cari rekomendasi tempat yg mau dituju

    BalasHapus
  23. Wah daku termasuk yang nggak bisa berlama-lama dirumah klo nggak ada tugas. CariAja kayaknya aplikasi yg cocok

    BalasHapus
  24. Makin banyak Aps keren dan bermanfaat di era digital ini yak??! CariAja juga menurut aku Ok banget

    BalasHapus
  25. aku cari pacar dlu aja deh... buat di ajak jalan2 keliling jakarta

    BalasHapus
  26. Waah aplikasi baru lagi ya ini

    BalasHapus
  27. CariAja .. membantu banget nih kalo lagi bingung mau jlan kemana, soalnya banyak tempat wisata yang masih belum aku tau.

    BalasHapus
  28. Hampir tiap hari lewat depan Perpustakaan Nasional RI tapi belum pernah masuk...hehe
    Ada ruang baca atau tempat untuk nulis gitu nggak Mas Agung?
    Lagi nyari tempat untuk ngerjain tugas akhir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mampir kakak, rugi kalo ga mampir hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya