18 Jun 2023

Roadshow Film Pesantren di Surabaya

Bioskop Online menggelar roadshow film Pesantren, di antaranya; Surabaya, Malang, dan Kediri. Di kota pertama di Surabaya, menggandeng Komunitas Festcil dan Artchemist. Dengan tajuk “Belajar di Pesantren”, diisi special screening dan sesi diskusi. Acara diadakan di dua lokasi, yaitu SMKN 12 Surabaya dilanjutkan di Ruang Halle, Wisma Jerman, Surabaya.

Pemutaran spesial ini juga diharapkan sejalan dengan tema acara, “Belajar di Pesantren”, setelah menyaksikan film penonton dapat mengambil pesan berupa toleransi dalam beragama dan pandangan baru tentang ajaran-ajaran yang menyejukkan di dalam pondok pesantren. 

Menurut Ajeng Parameswari, President of Bioskop Online, bahwa Surabaya adalah salah satu kota yang paling banyak penonton film Pesantren di Bioskop Online. Karenanya hadir di kota Pahlawan, guna menyambut antusias masyarakat yang tinggi tersebut.

“Kami berharap lebih banyak penonton yang terinspirasi film Pesantren, mendapat perspektif baru tentang toleransi beragama, dan memberikan pengalaman yang menyejukkan,” ungkap Ajeng  

Film Pesantren adalah film dokumenter karya sutradara Shalahuddin Siregar, menyoroti kehidupan di Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Cirebon. Pondok pesantren ini terbilang unik karena dipimpin oleh seorang perempuan bernama Hj. Masriyah Amva.

Film Pesantren mengungkap apa saja, dipelajari para santri yaitu berpikir kritis, mendukung kesetaraan gender, dan menghargai keberagaman. Penggambaran bahwa laki-laki juga bisa menjadi orang yang penuh perasaan, atau perempuan mampu menjadi pemimpin dan pengejar mimpi yang tangguh, membuat film ini berhasil menampilkan kehidupan di dalam pesantren dari sudut pandang berbeda.

Film ini masuk dalam kompetisi XXI Asiatica Film Festival 2020 dan terpilih di International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) 2019. IDFA adalah festival dokumenter paling bergengsi dan terbesar di dunia.

Untuk mengenalkan film ini ke lebih banyak penonton, Bioskop Online melanjutkan roadshow ke kota lain di Jawa Timur. Dan film Pesantren tayang terbatas di Bioskop Online hingga 30 Juni 2023 mendatang.

Kalian bisa membeli tiket film Pesantren seharga Rp 15.000,-, bagi yang di Surabaya bisa mendapatkan potongan harga sebesar Rp 5.000,- dengan menggunakan kode promo PESANTRENSUB.

Dengan membeli tiket film Pesantren, penonton juga ikut berbagi, karena sebagian dari setiap pembelian tiket akan di donasikan ke Rumah Zakat. Donasi akan disalurkan dalam rangka membantu pesantren dan santri di desa berdaya binaan Rumah Zakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA