14 Jun 2023

Kisah Cinta Wanita Asal Atambua dalam Film Cinta Bete

Bioskop Online siap menayangkan Cinta Bete, mulai Rabu 14 Juni 2023. Diproduseri Leni Lolang dan disutradarai Roy Lolang, menceritakan seorang wanita Atambua dengan latar belakang lokasi Atambua. Film ini sekaligus mengenalkan budaya Atambua Belu di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan mengenalkan keindahan alam di sana.

Lebih lanjut film ini berkisah tentang perempuan dari tanah Belu, yang selalu diperlakukan sebagai korban dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan sistem mahar atau sering disebut belis, yaitu nilai dan harga perempuan ditentukan oleh berapa mahar yang ditawarkan oleh laki-laki.

Lewat film yang sudah memenangkan banyak penghargaan ini, kami berharap penonton bisa merasakan pengalaman yang unik, karena film ini menawarkan kisah dinamika cerita khas tentang kultur di Atambua dengan emosi yang menyentuh, dan dibalut dengan sinematografi alam yang indah di NTT,” ujar Bonifacius Soemarmo selaku VP Growth & Marketing Digital Business Visinema.

O’ya, Cinta Bete mendapat sambutan hangat, saat perilisannya. Dan membawanya terpilih dalam 10 kategori penghargaan Festival Film Indonesia.

Yaitu Kategori ;  film panjang terbaik, pemeran utama wanita terbaik, penulis skenario asli terbaik, pengarah sinematografi terbaik, pengarah artistik terbaik, penata musik terbaik, penyunting gambar terbaik, pencipta lagu tema terbaik, pemeran pendukung perempuan terbaik, penata busana terbaik, pemeran pendukung perempuan terbaik, dan penata busana terbaik. 

Berhasil memenangkan penghargaan di Festival Film Tempo 2021, Kategori Aktor Pendukung Pilihan Tempo dan memenangkan penghargaan di Piala Maya 2022 untuk kategori Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih.

-------

Bete Kaebauk, perempuan muda di Atambua, NTT. Bete harus menerima ketentuan adat di daerahnya, saat mulai menstruasi berarti siap menikah dan akan "dijodohkan". Bete melihat ibunya mengalami masa-masa sulit, bertemu Emilio, pria pertama yang membuatnya jatuh cinta.

Keduanya dekat dan saling suka, namun niat Emilio menjadi seorang Pastur membuat Bete merasa dirinya ditakdirkan untuk menjadi wanita terlantar. Kehadiran Alfredo sesaat membuat Bete bahagia. Meski berbeda kelas sosial dan Alfredo tak mampu membayar mahar untuk biaya pernikahannya,

Bete nekat kawin lari. Namun bukannya bahagia, Bete tetap saja mengalami perlakuan tidak menyenangkan dari pria yang dicintainya. Emilio yang telah menyelesaikan sekolah teologinya kembali ke kampung halamannya. Melihat Bete, wanita yang dicintainya kehilangan harga dirinya, dia mendekat untuk membantu.

Akankah dia tetap setia menyerahkan kemanusiaannya kepada Tuhan sebagai hamba-Nya?

Jangan lewatkan penayangan film Cinta Bete di Bioskop Online, dengan harga tiket sebesar Rp 15.000,-. Dapatkan tiket melalui situs www.bioskoponline.com dan melalui aplikasi Bioskop Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA