19 Jun 2023

Roadshow Film Pesantren di Malang, Ajang

Setelah di SMKN 12 Surabaya, Ruang Halle, dan Wisma Jerman Surabaya. Roadshow Film Pesantren di Jawa Timur memasuki kota kedua, yakni Kota Malang. Bioskop Online mengadakan pemutaran spesial film Pesantren, dilanjutkan diskusi film di Malang Creative Center pada 18 Juni 2023.

Selain offline juga melalui virtual zoom, dengan menghadirkan Ajeng Parameswari selaku President of Bioskop Online (Visinema Group) dan Ustadz Diding selaku salah satu pemain film Pesantren. 

Roadshow bertajuk “Belajar di Pesantren”, diharap dapat mempertemukan film Pesantren dengan penonton yang lebih luas lagi. Kota Malang dikenal memiliki cukup banyak pondok pesantren di Jawa Timur, termasuk Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH). Satu dari 10 pesantren tertua di Indonesia, terkait dengan cerita di film Pesantren.

“Ada berbagai pandangan baru yang bisa kita ambil dari film ini, termasuk tentang ajaran bertoleransi beragama dan bagaimana ajaran-ajaran di dalam pondok itu menyejukkan. Apalagi film ini memang sudah banyak ditunggu, karena pencapaiannya yang luar biasa, sudah masuk ke festival film internasional,” ungkap Ajeng Parameswari.

Festival internasional yang telah mengunggulkan Film Pesantren, di antaranya kompetisi XXI Asiatica Film Festival 2020 dan terpilih di International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) 2019. IDFA adalah festival dokumenter paling bergengsi dan terbesar di dunia.

Pencapaian tersebut tentu saja tak lepas dari kisah-kisah inspiratif yang disajikan di sepanjang film Pesantren. Sebagai film dokumenter, yang di sutradarai Shalahuddin Siregar.

--------

Adalah Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Cirebon, Pondok pesantren yang dipimpin oleh seorang perempuan bernama Hj. Masriyah Amva. Di film Pesantren diungkapkan, apa saja yang dipelajari para santri di sana.

Santri diajarkan untuk berpikir kritis, mendukung kesetaraan gender, dan menghargai keberagaman. Penggambaran bahwa laki-laki juga bisa menjadi orang yang penuh perasaan, atau perempuan mampu menjadi pemimpin dan pengejar mimpi yang tangguh, membuat film ini berhasil menampilkan kehidupan di dalam pesantren dari sudut pandang berbeda. 

Saat ini, film Pesantren tayang terbatas di Bioskop Online hingga 30 Juni 2023 mendatang. Penonton bisa membeli tiket film Pesantren seharga Rp 15.000,-. Bagi penonton di Malang bisa mendapatkan potongan harga sebesar Rp 5.000,- dengan menggunakan kode promo PESANTRENMLG.

Dengan membeli tiket film Pesantren, penonton juga ikut berbagi, karena sebagian dari setiap pembelian tiket akan di donasikan ke Rumah Zakat. Donasi akan disalurkan dalam rangka membantu pesantren dan santri di desa berdaya binaan Rumah Zakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA