7 Jul 2022

Nobar Film Antikorupsi di G-20 ACWG

 

Sudah tau belum, Anti-Corruption Film Festival (ACFFest)? Adalah ajang kreasi, eksibisi, dan forum diskusi yang digagas dan dikelola oleh KPK. Program ini kali pertama kali digelar tahun 2013, bertujuan mengajak anak muda untuk ikut berpartisipasi, aktif, kreatif, peduli, serta kritis dengan menuangkan ide ke dalam bentuk audio visual untuk terus menumbuhkan kesadaran tidak korupsi.

Nah, ACFFest, hadir sekaligus memeriahkan perhelatan G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG) putaran kedua. Acara digelar 6-7 Juli 2022 di Cinepolis Lippo Mall Kuta Bali, sebagai upaya pelibatan masyarakat dan pendidikan antikorupsi.

Tahun ini mengetengahkan tema ‘Berawal dari Kita, Bangkit dan Bergerak Bersama Lawan Korupsi’. Tema yang selaras dengan semangat Presidensi Indonesia dalam gelaran G20 yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’.

Amir Arief, selaku Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, menyampaikan, telah dijadwalkan pemutaran sembilan film tentang antikorupsi, berasal dari tujuh negara yakni Indonesia, Thailand, Iran, Singapura, Perancis, Estonia, dan Yunani.

KPK berharap, masyarakat dapat memahami tindak pidana korupsi serta dampak buruknya. Sehingga menginspirasi lebih banyak masyarakat, pekerja seni, dan sineas berperan serta dalam pemberantasan korupsi. Sehingga masyarakat tergerak untuk mengubah sudut pandang, sikap, serta perilakunya.

Viddsee Arie Kartikasari , selaku Creator Community Manager, menyampaikan, bahwa ACFFest merupakan program yang tepat dan konkret untuk memberikan pendidikan antikorupsi bagi masyarakat khususnya pada generasi muda.

Menyampaikan pesan antikorupsi bisa lewat banyak media, satu diantaranya melalui film atau karya kreatif. Karena dengan cara penyampaian yang tepat sesuai dengan target, niscaya akan memberikan dampak lebih nyata.

Masih di rangkaian ACWG, juga digelar talkshow dengan narasumber diantaranya Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Amir Arief dan Filmmaker Naya Anindita.

Kemudian untuk menguatkan pesan dan ajakan memerangi korupsi, ACFFest mengajak maasyarakat dalam kompetisi ide cerita, kompetisi film pendek, moviecamp, webinar, dan awarding night.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA