22 Jul 2022

Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Menyapa UMKM Kota Sorong


Bahwa setiap kita bisa menebar kemanfaatan, itu benar adanya. Melalui kebisaan yang dimiliki, melalui hal-hal yang digeluti. Misalnya JNE, menebar kemanfaatan melalui bidang logistik.

Saya sangat yakin, bahwa setiap situasi dan keadaan dalam kehidupan selalu menghadirkan sisi baik-nya (hikmah). Tinggal kita manusia, yang musti belajar mamaknai kejadian. Termasuk pandemi yang melanda dunia secara global, berlangsung sekitar dua tahunan.

Umat manusia menghadapi tantangan, dituntut tetap bertahan meski kondisi sulit ada di hadapan. Manusia dengan fitrah-nya sebagai makhluk mulia, berpikir keras mencari jalan keluar. Hingga terpantik ide, mendaya gunakan kemampuan yang dimiliki. 

Satu diantaranya membuka usaha sendiri, meski dalam skala kecil dan (bisa dibilang) sangat pemula. Ya, kita dapati fenomena UMKM bertumbuh dalam berbagai skala. 

Saya dan istri, yang (notabene) minim modalpun bisa ikutan nimbrung. Yaitu menjadi reseller berbagi produk makanan, milik teman atau kenalan. Sehingga kami tidak perlu memroduksi barang, pun tidak menyetoknya.

Modal kami tenaga, waktu, pikiran, networking, yang tak kalah penting adalah ulet dan tidak malu menawarkan jualan.  Hal semisal ternyata juga dilakukan banyak orang, dan sistem reseller cukup membantu bertahan di masa kesusahan.

Kementerian Koperasi dan UMKM, merespon situasi di masyarakat dengan meluncurkan instrumen demi pertumbuhan usaha rumahan. Kemudian memasang target, Indonesia di tahun 2024 memiliki 30 juta UMKM melek digitalisasi.

Jaman memang telah bergeser, sistem atau pola konvensional telah berganti serba digital. Dan untuk target digitalisasi, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri. Diperlukan kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral.


Tak ayal perusahaan penyedia jasa logistik, memiliki peran besar sebagai penggerak distribusi sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia. JNE sebagai perusahaan logistik terkemuka, telah menyelenggarkan pelatihan UMKM agar melek digital.

Salah satunya JNE Sorong Papua Barat, yang juga mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online –GollAborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong.

Kegiatan keren ini disambut antusias, terhitung dihadiri lebih dari 100 UMKM setempat. Dari JNE hadir Fredi Luhukay, Branch Manager JNE Sorong. Berdampingan dengan narsum perwakilan UMKM, yaitu Ratna Sari, Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam, CMO Mooipapua.

Dalam penjelasannya secara online, Teguh Hidayat mengenalkan usaha Mooipapua yang bergerak di bidang skincare. Teguh mengakui kenaikan penjualan, justru saat pandemi tengah berlangsung.

Peningkatan omzetnya mencapai 280% atau hampir tiga kali lipat,”ujar Teguh.

Mooipapua didirikan pada 2018, memroduksi dan memasarkan produk eco-friendly dan social conscious. Produk eco-friendly menggunakan bahan baku alam, mulai dari buah merah, pala fakfak, dan hasil alam lainnya.

Dua hal ini menjadi value proposition sekaligus diferensiasi Mooipapua, dibandingkan produk kompetitor sejenisnya. Sehingga mooipapua tidak terlalu banyak iklan, karena terbantu dari value proposition.

Fredi Luhukay, Branch Manager JNE Sorong, menyampaikan, sejalan dengan visi misi JNE yang terus berupaya mendukung UMKM dengan berbagai program dan layanan. Maka JNE Sorong siap membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi.

Untuk masalah penjualan logistik dalam kota hingga luar negeri, saya siap untuk membantu.”, ujar Fredi.

Sementara itu narsum Ratna Sari, Owner Nami Craft, menyampaikan membangun bisnisnya di sektor kriya menyampaikan pentingnya optimalisasi media sosial untuk memasarkan produk. Untuk memaksimalkan konten, perlu jeli menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan. Serupa dengan Teguh, Ratna menganimi pentingnya diferensiasi produk.

Kami berfokus pada cara pengemasan yang berbeda dan menyediakan banyak kategori pengemasan seperti Korean Wrapping yang banyak digemari konsumen”, ujar Ratna.


Mendapati optimisme pelaku UMKM, Fredi mewakili JNE Sorong menyatakan bangga diadakan Goll..aborasi JNE. Sebagai jalan untuk menyatukan UMKM, sehingga bisa bertukar pendapat mengenai bisnis online.

Fredi  menambahkan, JNE telah rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM, seperti adanya promo cashback, program apresiasi seperti JLC (JNE Loyalty Card), gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment untuk menjadi solusi pengiriman dan kemudahan bertransaksi digital.

O’ya, Goll..Aborasi di sorong menjadi gelaran webinar ke-28, sebagai rangkaian kegiatan JNE Ngajak Online 2022 – GollAborasi Bisnis Online. Kegiatan JNE serupa, yang diadakan tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Kemudian eetelah Kota Sorong, bergeser ke gelaran roadshow di Kota Manado pada 18 Juli 2022.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA