30 Jul 2022

Hari Ini Uji Coba Naik Turun Commuter di Stasiun BNI City

 

Kabar gembira, bagi pengguna commuter line. Hari ini, 30 July 2022 dilakukan uji coba operasi Stasiun BNI City, untuk naik turun pengguna KRL Commuter.

Stasiun BNI City yang  khusus stasiun KAI Bandara, kini juga berfungsi sebagai stasiun KRL commuter, relasi Cikarang/ Bekasi via stasiun Kampung Bandan maupun stasiun Pasar Senen. Stasiun BNI City tercatat, melayani 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara.

Berada diantara lintas Manggarai – Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5, Stasiun BNI City termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA.

Untuk persiapan pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter menyiapkan loket, tujuh buah gate elektronik untuk masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Uji coba ini otomatis, memudahkan perpindahan antar moda bagi penumpang Commuterline yang akan menggunakan KA Bandara atau sebaliknya.

Berlaku program Tap N Go, penumpang Commuterline cukup tap KMT maupun kartu prepaid Perbankan di Gate KA Bandara (minimal saldo Rp. 70.000-harga relasi terjauh). 

Fasilitas-fasilitas penunjang lainnya, tersedia lift dan eskalator untuk pengguna prioritas, musholla, toilet, ruang menyusui, tempat parkir kendaraan bermotor dan area komersil.

Stasiun BNI City terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta. 

Dengan beroperasinya Stasiun BNI City ini, pelayanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal.

Diperkirakan akan melayani pengguna KRL, di hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan. KAI Commuter memprediksi volume pengguna yang beralih ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman, sebanyak 40% dan 30% pengguna dari Stasiun Karet.

Sementara saat ini tercatat, volume rata-rata pengguna di Stasiun Sudirman sebanyak 16.232 orang/hari, volume pengguna di Stasiun Karet pada saat ini sebanyak 6.528 orang per hari.

"Uji coba pengoperasian stasiun ini juga diharapkan dapat memberikan lagi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi KRL,” ujar Roppiq Lutzfi Azhar, Direktur KAI Commuter 

Anggoro Triwibowo, Direktur Utama KAI Bandara menambahkan, dengan dimulainya layanan naik turun penumpang KRL pada tanggal 30 Juli 2022, diharapkan menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antar moda di Stasiun BNI City.

“Jika sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200-300M untuk melanjutkan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman, maka kini penumpang cukup tap out di Lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan Commuterline pada peron yang sama,” jelas Anggoro.

KAI Commuter dan KAI Bandara, tetap menyiagakan petugas-petugas membantu pengaturan flow dan memberikan informasi kepada penumpang di area stasiun.

“KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun BNI City ini.” tutup Roppiq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA