15 Jul 2022

Memperingati Hari Puisi Nasional

 

Sudah pada tau belum, kalau 26 Juli adalah Hari Puisi Nasional. Konon penetapan tanggal tersebut, didasarkan pada hari lahir penyair Chairil Anwar. Penyair yang terkenal dengan puisinya berjudul "Aku", "Krawang-Bekasi", dan "Diponegoro".

Namanya besarnya, tak hanya dikenal kalangan pujangga dan penikmat senja di Jakarta. Di Malang, penyair yang dijuluki 'Si Binatang Jalang' ini diabadikan dalam rupa patung torso di putaran jalan Kayutangan, yang menghubungkan alun-alun bundar dan alun-alun kotak.

Monumen Chairil didirikan pada 28 April 1955, menggantikan patung Ratu Belanda Wilhemina. Patung hasil karya perupa Widagdo, sebagai patung Chairil Anwar tertua kedua di Indonesia. Setelah patung yang pertama karya kolaborasi pelukis Hendra Gunawan dan pematung Sajono, saat ini dipajang di Taman Siswa Kemayoran, Jakarta.

Persinggahan Chairil Anwar di Malang memang sebentar, barang dua bulan.  Namun sosoknya dikenang sedemikian panjang, karena Chairil berhasil mendorong lahirnya sastrawan dan budayawan berbakat di Malang, seperti Eka Budianta, Hudan Dardiri, Indraswari Ibrahim, Emil Sanossa, Tengsoe Tjahjono, dan Vannessa Hearman.

Nah, klian penggemar dan penggiat sastra, bakalan ada Jelajah Seabad Chairil Anwar di Malang. Kegiatan dijadwalkan pada Sabtu, 23 Juli dan Minggu, 24 Juli 2022. Peserta dibagi dua kelompok sehari, masing-masing kelompok maksimal 25 orang.

Kelompok satu berkumpul pukul 07.30 WIB di Balaikota Malang, dipandu sejarawan FX Domini BB Hera. Kelompok dua mulai berjalan pukul 08.00 WIB dipandu dosen antropologi Universitas Brawijaya, Ary Budyanto. Ada delapan rute yang akan dilalui dalam kurun waktu empat sampai lima jam.

Acara ini berbayar, setiap peserta mendapatkan buku Seri Tempo Chairil Anwar: Bagimu Negeri Menyediakan Api (KPG, 2022), bonus kartu pos karya ilustrator Bambang Nurdiansyah, satu majalah Intisari edisi Seabad Chairil Anwar, tiga jenis merchandise menarik dari KPG, satu voucher diskon 20% belanja buku KPG di Gramedia Basuki Rachmat Malang, satu voucher diskon untuk pembelian buku KPG di 
Gramedia.com, camilan pagi dan juga siang.

Pendaftaran bisa melalui Loket.com atau Gramedia Basuki Rahmat Malang melalui WhatsApp di nomor 0821 4343 4321. Pendaftaran dibuka sampai 20 Juli 2022 pukul 23.00 WIB. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Komunitas Pelangi Sastra di MalangMajalah IntisariTempo PublishingGramedia Basuki Rahmat Malang, dan Penerbit KPG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA