31 Jan 2022

Membahas Mitos atau Fakta Seputar Kehamilan bareng Dokter Indra NC Anwar, sp.OG

 

Kita bangsa Indonesia, di setiap daerah dianugerahi kearifan lokal. Kadang terkesan tak masuk akal, tetapi masih saja dijalani. Termasuk soal kehamilan, orangtua jaman dulu menghubungkan dengan fenomena atau keadaan sekitar.

Nenek saya pernah meminta cucu tertua sedang hamil, segera mandi ketika rembulan sedang bulat sempurna. Setelah itu diminta mengonsumsi kacang hijau, agar kulit si bayi bersih dan rambutnya lebat dan legam.  Serta sejumlah aturan lain, yang kalau tidak dituruti nenek benar-benar marah.

Sekarang, setelah diri sendiri menjadi orangtua. Saya dan istri kebingungan, membedakan mana mitos dan mana fakta sekitar kehamilan.

---

Adalah dr. Indra NC Anwar, sp. OG, konsultan dokter spesialis kandungan dan Kebidanan Makuku Family. Saat ini beliau praktek di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IV.F Jakarta Selatan.  O’ya, Makuku Family singkatan “Mama dan Aku” (dengan tambahan Family) adalah brand toko bayi yang menyediakan perlengkapan anak premium.

Dan dokter Indra memiliki program Kuliah WhatsApp (Kulwapp) Makuku Family, dengan aneka tema seputar kehamilan. Banyak insight menyoal kehamilan, secara pribadi membuat saya lebih berempati kepada istri.

Di minggu terakhir bulan Januari, Kulwapp mengangkat tema “Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini”. Dan saya akan ringkaskan, keseruan tanya jawab di sepanjang Kulwapp, yang diadakan pada 27- Januari 2022 jam tujuh malam.

-- 

Ary- Cirebon ; Apakah mengonsumsi jeruk bisa mengakibatkan radang paru-paru dan risiko kuning pada bayi? Untuk mengurangi mual, bolehkan ibu hamil mengonsumsi jahe? Benarkah ibu hamil yang sehat tidak mengalami ketidaknyamanan selama kehamilan?

Jawab ;  Jeruk tidak masalah untuk paru bayi dan tidak beresiko kuning. Minum jahe boleh, tidak menyebabkan perut panas dan tidak membahayakan. Keluhan ibu hamil bukan berati tidak sehat, tetapi hamil menyebabkan perubahan hormonal.

Yuli – Pekanbaru ; Mitos/ fakta? Tri semester 3 ibu hamil tidak boleh mengonsumsi minuman dingin, makanan manis, karena menyebabkan bayi besar.

Jawab ; Minuman dingin tidak berpengaruh sejauh tidak manis, janin bisa besar oleh sebab tertentu, seperti konsumsi karbo erlebih, sakit gula, faktor genetik.

Ina- Surabaya ; Mitos/ Fakta? Setelah berhubungan intim kaki diangkat beberapa menit, agar lekas hamil.

Jawab :  Mitos, kehamilan tidak bisa dipercepat, peluang hamil setiap bulan pada suami istri yang subur sekitar 20%, sejauh sperma dikeluarkan di vagina.

Rini Nei- Sukoharjo;  Mitos/ fakta? Kalau ingin anak laki-laki memperbanyak makan daging, dan untuk anak perempuan memperbanyak sayuran?

Jawab ; Mitos, tidak terbukti bahwa jenis asupan mempengaruhi jenis kelamin.

Kunriati- Kebumen ; Mitos/ fakta, konsumsi nanas, tape ketan, minuman bersoda, menyebabkan keguguran? Ibu nifas dan makan daging, menyebabkan tali pusar tidak kering? Ibu hamil minum obat bersamaan air kelapa menyebabkan keracunan?

Jawab :  Mitos, makan nanas tidak terbukti menyebabkan keguguran. Sedang minuman beralkohol, bisa menghambat perkembangan janin. Mas nifas, ibu boleh makanan sehat apapun. Makan obat sebaiknya dengan air putih, karena belum diketagui reaksi obat terhadap kandungan tertentu (bukan Cuma air kelapa)

Dessy- Bekasi ; apakah rumput fatimah berbahaya bagi kehamilan atau saat persalinan?

Jawab : Belum ada penelitian mengenai rumput fatimah terhadap kehamilan, namun sebaiknya hati-hati untuk mengonsumsi obat perangsang kontraksi.

Agung- Tangsel ; Mitos/ fakta ? suami yang merasakan ngidam, ketika istri hamil.

Jawab ;  Ngidam menurut kedokteran tidak ada, mungkin masalh psikologis saja.

Erni- Malang ; Apakah hamil anggur?

Jawab ; hamil anggur adalah kehamilan di luar rahim, sehingga embrio tidak berkembang menjadi janin tapi berisi gelembung berisi cairan menyerupai anggur. Nama lainnya, molahydatidosa.

Olla- apakah anak ngeces/ ileran disebabkan saat ibu hamil tidak dituruti keinginan.

Jawab ; tidak ada hubungan antara keinginan ibu dengan perkembangan janin.

Celya- Surabaya ; saat hamil 7 minggu  janin 0,56 cm, hamil 9 minggu  1,27 cm, apakah perkembangan janin demikian wajar?

Jawab ; Pada tahap awal, umumnya perkembangan janin sama (belum ada faktor lain). Biasanya akurat di tiga bulan pertama, kalau terjadi kelambatan harus dipantau dua minggu. Apakah janin bisa menyusul pekrembangan, sesuai usia sebenarnya.

Taumy- Jakarta ; Benarkah minum air kelapa membuat kulit bayi bersih? Tes apa saja yang dilakukan agar janin dikandung normal?

Jawab ;  pemeriksaan USG, kantong kehamilan apakah sesuai usia hamil. Usia11-14 minggu USG membantu mendeteksi, bisa dilakukan pemeriksaan darah ibu untuk menganalisa kelaihan kromosom dan struktur.

Juliana- Karawang ; Mengonsumsi minyak kelapa bisa memperlancar kelahiran?

Jawab; Mitos? Lonsumsi minyak tidak adak hubungan dengan kalancaran persalinan. Posisi janin yang membantu proses persalinan alami.

Ruth Chaterine – Papua ; saya hamil 27 week, apakah faktor pkiran bisa membuat bayi lahir dalam kondisi sungsang?  Apakah posisi tidur ibu (miring kiri/kanan) berpengaruh pada janin?

Jawab : Janin secara alami mengatur dirinya sendiri, tidak ada hubungan dengan kondisi stres dst. Kalau ada hal yang menganggu posisi janin, besaran janin, panggul, plasenta, itu baru mempengaruhi janin. Janin yang semaki berat, tentu akan menyusahkan ibu hamil tidur terlentang. Maka posisi tidru miring tidak bermasalah, diharapkan pembuluh darah tidak terganggu.

Lidya- Bekasi ; adakah batasan mengonsumsi makanan pedas bagi ibu hamil, apakah berpengaruh terhadap janin? Benarkah menjelang persalinan, disarankan sering berhubungan intim?

Jawab ; konsumis pedas sesuai selera, selama tidak menganggu lambung tidak masalah. Tidak ada hubungan, berhubungan intim dengan persalinan.  

Isnaini- Lamongan ; Bagaimana membujuk suami, agar bersedia melakukan test kesuburan?

Jawab ; Masalah kesuburan bisa dari saumi atau istri, keduanya musati diperiksa sebagai satu kesatuan biologis. Keduanya musti saling mendukung, keduanya memiliki keinginan yang sama kuat.

Masyirotul- Bogor ; Bagaimana ibu hamil menyikapi mitos yang beredar?

Jawab ; Mitos ada yang sifatnya kepercayaan ada yang bagus, kalau sekiranya menganggu ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

Meilia- Bogor ; Apakah ibu hamil tidak boleh mandi di malam hari? Apakah konsumsi kacang hijau membuat rambut bayi tebal, bolehkah bayi newborn memakai diapers sepanjang hari?

Jawab ; Mandi malam boleh saja, karena hormon meiningkat selama tidak menganggu fisik ibu hamil. Kacang ijo tidak ada penelitian, secara umum kacang ijo kandungan vitamin bagus. Popok sebaiknya dikontrol, karena bisa basah dan atau terkenan fases.

Tufah- Banyuwangi ; Saya didiagnosa kista dan miom serta tuba falopi tertutu meski sudah ditiup, apa saran dokter?

Jawab; kalau tujuan hamil musti ditentukan tingkat kesuburan, kista/ miom tidak berpengaruh langsung kecuali kista jenis tertentu (endometriumsis), jika kista lebih 5 cm musti hati-hati. Tiup rahim, sudah tidak dihunakan di jaman sekarang, karena tidak bisa menentukan atau melihat terjadi sumbatan, sebaknya USG.

Rudi- Lamongan ; apa sebab, ibu setelah melahrkan memiliki tensi tinggi (dialami istri saya).

Jawab ; resiko komplikasi kehamilan, adalah peningkatan gula darah dan atau hypertensi. Biasanya sebelum hamil semua normal, tapi bisa saja ada bakat. Kehamilan sebagai pemicu, dan bisa saja menetap setelah melahirkan.

Nunik- Jakarta ; Mitos/ fakta ibu setelah melahirkan mata minusnya bertambah? Kalau benar, bagaimana mencegahnya? Kalau terlanjur bagaimana mengobatinya?

Jawab ; Kehamilan tidak memperberat mata minus.

Een- ; Saya sedang hamil, buah apa yang diperbolehkan dikonsumsi saat hamil?

Jawab ; Buah selama tidak menganggu dan tidak dimakan berlebihan, silakan dikonsumsi secara baik.

---- 

Saya yakin, waktu satu jam tentu tidak bisa menuntaskan semua masalah. Namun secara umum, mencerahkan mitos dan fakta yang selama ini bereliweran di sekitar kita- Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA