2 Feb 2022

Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Terbit di Rusia

 

Karya sastra terbaik Indonesia kembali mewarnai pasar perbukuan dunia. Adalah buku puisi “Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Darmono, diterbitkan di Rusia oleh penerbit Vodolei dengan judul  дождь в июне

Pengalih bahasaannya diprakarsai Oksana Kotkina, warga Rusia yang memiliki kecintaan terhadap bahasa dan karya sastra Indonesia.

"Vodolei tertarik untuk memperkenalkan sastra Indonesia terutama puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono kepada pembaca di Rusia," kata Wedha Stratesti, Foreign Rights Manager Gramedia International, representatif resmi buku-buku terbitan Gramedia untuk pasar luar negeri. “Proses penerbitan buku ini yang sangat komunikatif dan penuh antusiasme, membuat kami optimistis buku ini akan diterima dengan baik di Rusia.”

Sajak-sajak dan esai Sapardi Djoko Damono, telah diterjemahkan ke dalam belasan bahasa, termasuk bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Arab, Jepang, Cina, Jawa, Bali, Italia, Portugis, Korea, Tagalog, Thai, Malayalam, Rusia, serta Urdu. Untuk kumpulan puisi Hujan Bulan Juni sendiri terakhir diterbitkan dalam bahasa Mandarin pada 2017 lalu.

Menurut Mirna Yulistianti, Editor bidang Sastra Gramedia Pustaka Utama, menyampaikan, banyak jalan menuju penerjemahan karya sastra Indonesia ke bahasa asing. Dalam konteks ini, Hujan Bulan Juni telah membawa nama Indonesia ke negara-negara yang lebih luas. Sebelumnya Hujan Bulan Juni telah terbit dalam bahasa Jepang, Arab, dan Mandarin, berikutnya akan terbit dalam bahasa Thailand dan Serbia.”

“Ini pertama kali buku Gramedia Pustaka Utama terbit dalam bahasa Rusia melalui Gramedia Internasional. Sebuah pencapaian yang sangat layak diapresiasi. Jika selama ini penerjemahan kebanyakan ke bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman, maka sudah saatnya pintu-pintu terjemahan ke bahasa lain kita buka,” lanjutnya.

Hujan Bulan Juni edisi Rusia memiliki desain sampul yang kental nuansa Indonesia dengan menampilkan lukisan dua kepala wayang pada sampulnya. Buku ini juga semakin terasa spesial, karena menghadirkan beberapa ilustrasi karya Sapardi Djoko Damono di antara puisi-puisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA