25 Jan 2022

"Bersiap Menjadi Ibu Hebat" di Kulwapp Series bareng Dokter Indra NC Anwar Sp.OG

Saya terngiang tausiyah seorang Ustad, tentang cara menjadi orangtua yang baik dan tangguh. Setidaknya ada dua syarat musti ditempuh, yaitu bersabar dan mengetahui ilmunya. Sabar dibentuk dari tempaan permasalahan, sedang soal ilmu bisa belajar dari ahlinya. Termasuk ilmu menyiapkan diri menjadi ibu hebat, dengan narasumber dokter Indra NC Anwar Sp. OG.

Menyimak antusias para peserta Kulwapp, selain mencerahkan sangat relate dengan masalah dihadapi pasangan yang sedang berusaha menggendong buah hati. Saya coba sarikan di artikel ini, semoga bermanfaat.

Kulwapp dibuka dengan pertanyaan dari

Lita : Dok, apabila sudah merencanakan persiapan  menjadi ibu yang hebat, tapi banyak kendala yang dihadapi si ibu. Sehingga persiapan tersebut menjadi blank, sehingga si ibu terkena baby blues. Bagaimana agar hal itu tidak terjadi dok? trims

Jawab : Baby blues adalah masalah psikologis, ibu harus menyiapkan secara fisik dan mental untuk menghadapi proses kehamilan, melahirkan, termasuk perubahan fisik.

Ary Caturningrum - Dok jika calon ibu memiliki banyak keluhan fisik seperti sakit kepala, tinggi kolesterol, tekanan darah tinggi, dsb, pada saat hamil. Apa yang harus dilakukan agar tetap tenang dan tidak stress? 

Jawab : Kalau ada kelainan fisik maupun lab, sebaiknya dikoreksi dulu sebelum hamil. Ibu musti menambah pengetahuan seputar kehamilan dan melahirkan, agar dapat menjalani prosesnya dengan baik.

Yulia Purnama Sari - Dok, adakah vitamin yang dikonsumsi pasutri, untuk meningkatkan kesuburan ? Pola sehat dan pola makan seperti apa yang di anjurkan untuk promil ya dok ? Mohon saran dan pencerahannya. Terimakasih.

Jawab ;  Yang jelas musti konsumsi  makanan seimbang, mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin yang seimbang. Kontrol berat badan, olahraga (selanjutnya dokter Indra menanyakan  sudah berapa lama menikah).

Fitri wulandari - 1. Dok, jika dirumah memelihara kucing dan kita sedang hamil, tips agar terhindar dari toksoplasma seperti apa ya? Dan ciri2 ibu hamil terkena toksoplasma seperti apa dan berakibat apa pada calon bayinya?  2. dok, ibu hamil tidak boleh konsumsi jamu. Jamu seperti apa ya? Apakah jamu yg di tukang jamu seperti beras kencur, kunyit asam dan air jahe juga ga boleh dok?

Jawab 1.Yang penting  mencuci tangan sebelum makan sesuatu, makanan harus dalam keadaan tertutup, hewan peliharaan dirawat teratur. Toksoplasma tidak menimbulkan gejala khusus, jika terkena diketahui dari pemeriksaan lab darah. Kalau pada tahap dini bisa keguguran, pada tahapan lebih lanjut bisa teradi cacat janin seperti hidrosepalus. 2. Kalau murni jamu boleh saja, yang tidak ada kandungan kimianya.

Ais Emry - Kapan waktu yang tepat untuk screening kehamilan mulai dr tokso, down syndrom, HIV, gula dll?

Jawab ; Idealnya sejak mulai merencanakan kehamilan.

Rini mei Setya Asih  -- 1. Sepupu saya sudah 7th menikah belum punya keturunan , dia termaksuk suami-istri yang gemuk , apakah itu bisa menjadi faktor dok? bagaimana solusinya jika seperti itu ?  2. saya seorang ibu umur 27th pada waktu saya melahirkan anak pertama umur 25th dan melalui SC karena pinggul sempit , sekarang saya kb 3bulan dok.  Pertanyaan saya, jika ingin memiliki anak lagi idealnya berapa tahun setelah SC ya dok ? Dan copot kb 3bulannya berapa saat sebelum promil lagi ya dok ?  Apakah bisa saya lahiran normal setelah lahiran SC karna pinnggul sempit ? terimakasih

Jawab Berat badan sangat bisa mempengaruhi kesuburan, baik perempuan maupun lelaki. Jadi kalau mau hamil, sebaiknya turunkan BB, diet rendah karbo tinggi protein dan olahraga. Setelah tiga bulan SC bisa hamil lagi, masalah pinggul sempit adalah masalah menetap jadi musti SC lagi.

Dessy Achieriny - Hallo Dok, Dalam dunia serba canggih sekarang ini, perkembangan dunia kedokteran juga akan mengikuti.  Kabar terkini lagi ramai mengenai pembekuan sel telur, sebagai persiapan untuk suatu saat bisa dibuahi kapan saja. ? Reeze egg yang disimpan di bank embrio tersebut bisa bertahan berapa lama ya dok? Dan keberhasilan kehamilan sekitar berapa persen? Lalu apakah saat ini sudah ada promil utk pasangan yg menginginkan bayi kembar, dok?  Menurut dokter, tips dan trik khusus apa saja sehingga bisa memiliki bayi laki-laki atau perempuan?

Jawab : Perempuan yang diambil sel telurnya untuk disimpan  tidak boleh lebih dari usia 35 tahun, karena akan menentukan angka keberhasilan. Hamil bayi bisa kembar dengan bayi lab tapi tidak disarankan.

Kurniati Setiya ; 1.Dokter, bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi Kehamilan Komplikasi? Bagaimana penanganan pada Ibu Hamil Komplikasi/ Komorbid ya Dok? Apakah Kehamilan berdampak buruk pada Janin misalnya Pada IQ kecerdasan jg mental fisik Bayi Jika tidak di lakukan penanganan yang tepat Ya Dok? 2. Adakah persiapan khusus yang harus di tempuh untuk bisa hamil Gemeli/ Kembar Dok? Bisakah Hamil Kembar Jika tidak ada Genetik Dok? 3. Jika ingin Hamil kembali di usia 35 tahun ke atas itu adalah resiko tinggi, pemeriksaan apa saja yang harus di lakukan?

 Penanya menyampaikan pertanyaan di sesi berikutnya -

1.Dokter, apakah benar saat usia anak mens terlalu dini, akan memicu menepause lebih cepat dan mengalami sulit hamil? 2.Dok, adakah konsumsi multivitamin agar sperma & sel telur sehat? 3.Apa yang harus dilakukan, jika mendapati istri hamil dg kondisi sedang mengalami keretakan rumah tangga karena suami selingkuh. Apa ada dampak psikis dapat berpengaruh buruk ke Janin?

Jawab; Hamil di atas usia 35 beresiko di unit janin, kemudian kemungkinan risiko keguguran meningkat. Terjadi risiko janin ada kelainan genetik seperti down syndrom akan meningkat.

Jawab sesi dua

Sebenarnya mens pertama yang lambat, maka makin sedikit sel telur tersisa di indung telur. Justru makin cepat haid, penghancuran sel telur makin banyak dikontrol. Habisnya sel telur (menopouse) akan makin lama. Lebihbaik cepat haid dibanding lambat.

Soal sel telur / sperma berkualitas dan terjadi kehamilan bagus. Kehamilan harus dipersiapkan bukan hanya pasangan sulit hamil. Tetapi pasangan menikah juga mempersiapkan kehamilan, agar hamil dengan bagus. Faktor mempengaruhi sel telur/ sperma, makin bertambah umur kualitas menurun. Pola hidup (gemuk, merokok, konsumsi alkohol, minum mengandung cafein) berpengaruh kualitas.

Stres pada kehamilan, tidak secara lagsung berdampak pada janin tetapi berpengaruh pada ibu. Ibu yang abai terhadap asupan, gaya hidup, akan berpengaruh pada janin. Tentunya resiko menular penyakit seksual (dari suami)

Tresianah - Dok apakah preklamsia pada kehamilan bisa di cegah? 

Jawab ; Bisa kalau ada faktor bakat, seperti riwayat diabet, gypertensi, obesitas, sebaiknya dikontrol sebelum hamil. Pada kehamilan harus dilakukann pemeriksaan secara teratur, konsumsi protein cukup dan minum antioksidan.

Nunik Utami - Dokter Indra, ada beberapa teman saya yang baru saja melahirkan. Usianya antara 45 sampai 47 tahun. Ibu dan bayinya sehat, lahir melalui proses caesar. Saya ingin tanya, pada awal program hamil, usia 40-an sudah tidak diperbolehkan hamil lagi. Namun jika sudah telanjur hamil di usia itu, risiko apa saja yang mungkin terjadi? Dan berapa persen risiko itu biasanya terjadi? Terima kasih.

Jawab ; Kehamilan di atas usia 40 tahun, resiko kehamilan akan meningkat. Pada tahap dini tingkat keguguran sampai di atas 15%, kalau tidak keguguran anak mengalami down syndrom meningkat. Sebelum hamil minum asam folat, pada kehamilan 11-14 minggu di USG untuk mengetahui kemungkinan kelainan kromosom atau ebih baik diadakan pemeriksaan NIQT untuk megetahui kelainan kromosom dari darah ibunya.


Lia angelia - Selamat sore dok, teman saya sdh 6 thn menikah blm dikaruniai buah hati karena kebetulan beliau pengidap autoimun dan sdh pernah mengalami keguguran 1x, dan sampai sekarang belum ada tanda2 hamil. Menurut dokter langkah atau program hamil apa yg tepat untuk pasien pengidap autoimun.

Jawab ; Salah satu penyebab keguguran atau susah hamil adalah autoimun, sebaiknya konsultasi  dengan dokter alegri dan imuniologi untuk dikontrol kondisi autoimun sebelum hamil.

Bisa hamil secara alami tergantung faktor yang menunjang. Autoimun perkembangan kehamilan bisa aliran darah ke rahim harus diperhatikan dan dideteksi, memerlukan pengobatan selama kehamilan.

Diperlukan obat baik suntik biasa dikenal obat pengencer darah, agar kehamilan bisa berkembang sampai lahir.

Jawab untuk Rudi-- wanita yang pernah hamil dan keguguran, dianggap  memiliki gangguan kesuburan. Penyebab infertilitas perlu ditelusuri, faktor penghambat kehamilan baik suami/ istri (sebagai satu kesatuan) agar bisa ditemukan cara tepat terjadi keamilan. Semakin bertambah usia , wanita terkendala hamil.

Jawaban untuk Yulia -- Inseminasi, adalah hamil tidak alami sperma dicuci baru dimasukan rongga rahim. Syarat inseminasi sel telur terbuka dan sperma cukup (jumlah diatas 10 juta, gerakan  diatas 20% bentuk sperma diatas 1%). Kalau sesuai syarat tersebut mungkin insemniasi, kalau tidak sebaiknya dg bayi tabung. Inseminasi datang hari kedua dari haid, akan diUSG tranvaginal , kalau semua bagus iseminasi dilakukan perangsaan indung telur , kemudian proses selama 8 hari.

Jawaban untuk Riska dan suami -- Sudah periksa kesuburan, so far belum ditemukan faktor penghambat. Jika usia di atas 35 tahun musti agresif, biasanya dilakukan pemeriksaan lapamoskopi. Pada sperma dilihat bagus atau tidak membuahi, hasil yang ada akan menentukan tindakan selanjutnya.

Jawaban untuk Iyan Bekasi- Donor sel telur dan sperma bahkan rahim bisa meminjam, masalahnya prosedur donor di Indoensia tidak boleh dlakukukan. Sebaiknya mencari negara yang membolehkan.

Jawaban untuk Achi- Jakarta, Keberhailan mengambil sel telur yang dibekukan dan disimpan, sebaiknya dilakukan wanita dibawah 35 tahun sehingga sel telur bagus dan kualitas banyak. Agar saat dipakai kemungkinan hamil besar. Tetapi tergantung usia, saat sel telur diambil dan dipakai.

------- 

Membincang persiapan kehamilan memang seru dan tak ada habisnya, karena ada faktor X yang tidak bisa dijangkau namun bisa diupayakan. Butuh kesabaran tak bertepi untuk berikhtiar, tentu saja dibarengi dengan mereguk ilmu. Untuk pasutri pejuang garis dua, jangan patah semangat ya.

Sehat selalu dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya