20 Feb 2018

Nanas Honi Sunpride Bukan Nanas Biasa



Nanas Honi Sunpride - dokpri


Nanas Honi Sunpride, telah berhasil mengubah pandangan saya terhadap buah Nanas. Atas perubahan ini, tak berlebihan saya mantap mengucap “BuahPasti Sunpride.”

Dulu, saya lumayan kurang suka dengan buah nanas. Musababnya –mungkin fruitaholic bisa menebak--, sudah jelas !
Setelah konsumsi nanas, suka muncul gatal pada ujung lidah dan tenggorokan. Saya masih ingat, kenangan masa kecil saat melihat ibu mengupas buah nanas.

Mula- mula buah nanas dikuliti, sehingga tampak mata buah menempel nyaris di sekujur permukaan daging buah.

Dengan tekun ibu membuang mata buah, dengan membuat cekungan berbentuk spiral di tubuh buah – sungguh, proses yang  ribet dan menjemukan.

Sebelum buah nanas dikonsumsi, lebih dulu ibu merendam irisan buah dengan garam secukupnya. Hal ini dilakukan, agar rasa gatal pada buah nanas berkurang.

Tapi tetap saja,  ujung-ujungnya saya tidak terlalu gemar mengonsumsi buah nanas –meskipun tidak antipati juga.
Hanya sesekali mengonsumsi nanas, kalau dibuat rujak colek atau campuran rujak petis, bisa juga digunakan bahan membuat nasi goreng.

Namun, semenjak menjadi Fruitaholic, kemudian kenal Nanas Honi Sunpride, semua hal yang tidak sedap tentang nanas akhirnya sirna.

Nanas Honi Sunpride, masuk dalam list buah rutin konsumsi. Sebelum pergi atau ada urusan pekerjaan, salah satu bekal andalan saya adalah Nanas Honi.

Tak jarang, saya memilih cara konsumsi dalam bentuk irisan buah nanas saja -- tanpa dibuat rujak atau makanan apapun.
Selain rasa buah yang manis, saya tidak pernah kawatir terkena gatal di ujung lidah. Pokoknya Nanas Honi Sunpride, Manisnya sampai ke Hati
Nanas Honi Sunpride Manisnya Sampai ke Hati - dokpri

Pun cara kupas Nanas Honi Sunpride, terbilang unik dan jauh dari istilah ribet atau membosankan –seperti cara ibu saya di kampung halaman.

Mengenal Nanas Honi Sunpride
Nanas Honi Sunpride, awalnya disebut dengan Nanas Golden karena daunnya kekuningan. Pertama kali bibitnya diimport dari Philipine, pada tahun 2010 -- bibit aslinya berasal dari Hawai.

Siapa sangka, nanas yang dari negara asalnya terasa asam. Begitu ditanam di perkebunan Sunpride di Lampung, berubah menjadi rasa manis dengan sedikit asam.

Hal ini bisa terjadi, karena beberapa faktor, seperti komposisi pupuk, jarak tanam, termasuk pemberian kalium dengan takaran yang pas—melalui berbagai riset tentunya.
Selain itu juga pengaruh iklim, serta kondisi ketinggian tanah  di Lampung berbeda dengan tempat asalnya—jadi ingat highland banana yang lebih pulen karena ditanam di 600 MDPL.

Nanas Honi, adalah jenis nanas dengan kandungan oksalat terendah dengan daging kuning keemasan.  Apa itu oksalat? Adalah zat yang menyebabkan gatal pada buah – ini dia penyebab saya suka Nanas Honi.
 
Nanas Honi Sunpride - dokumentasi pribadi
Nanas Honi kaya akan kandungan serat, terdapat sodium dan lemak, serta rendah kalori tapi mengenyangkan.
Memiliki “giuriti efek,” yang dapat melunturkan lemak, sangat bagus untuk menurunkan berat badan—ini dia yang saya tunggu.

Meskipun memilki kandungan karbohidrat sekitar 94%, tapi tidak ada aspek negatif setelah mengonsumsi nanas.
Masih ada lagi manfaat lain,  Nanas Honi bisa dijadikan masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka.

Butuh waktu sekitar 18 bulan, mulai dari penanaman sampai masa panen tiba. Sekarang tidak perlu impor bibit Nanas Honi, Sunpride sudah punya mother plant sendiri –seperti pisang cavendish.

Kepemilikan mother plant  oleh Sunpride, mampu menjaga ketersediaan buah sepanjang tahun. So, tidak perlu tergantung musim buah nanas dong.
Makanya, nanas Honi menjadi satu diantara buah Group Product PT. Sewu Segar Nusantara (SSN)—disamping pisang, guava crystal dan pepaya.

Produksi Nanas Honi Sunpride di tahun 2017, menembus angka 700 ribu box /tahun sudah termasuk ekspor.
Sedang untuk tahun 2018, ditargetkan pada angka 2.4 juta  box --termasuk 500 ribu untuk pasar lokal.

Fakta Tentang Nanas Honi Sunpride :
🍍Ditanam di perkebunan sendiri –di Lampung.
🍍Rasa manis standart Indonesia (level brix minimal 16)
🍍Mudah dikupas – dijelaskan di bagian akhir artikel
🍍Daging renyah dengan kadar air tinggi
🍍Kulit tebal berwarna hijau kekuningan, bersisik dengan mata buah tipis.
🍍Memiliki daging buah berwana kuning keemasan.
🍍Satu buah nanas, memiliki berat rata-rata 1.5 kg sampai 2.3 kg
🍍Memiliki tingkat daya tahan terhadap keadaan –tanpa penerangan--.
🍍Memiliki asam askorbat lebih rendah sehingga kebal terhadap pembusukan.
 
Nanas Honi Sunpride - dokumentasi pribadi
O’ya, ada hal penting perlu Fruitaholic ketahui.
Nanas Honi Sunpride, yang didisplay di pasar modern, atau sudah sampai di market, adalah buah yang siap konsumsi – meski warna kulit masih hijau.
Membiarkan nanas Honi beberapa hari --dalam suhu ruangan--, hanya akan menambah kuning kulitnya dan lebih juicy ,tapi tidak menambah rasa manis.

Berikut cara Mengupas Nanas Honi
  • Buang mahkota nanas/ daun bagian atas
  • Dalam posisi berdiri, nanas honi dibelah menjadi empat bagian – potong vertikal
  • Pisahkan daging dan kulit dengan cara sebagai berikut : pisau diletakkan sekitar setengah cm antara daging dan kulit, kemudian mata pisau membelah dari ujung ke ujung.
  • Setelah terpisah, biarkan daging tetap diatas kulitnya dan potong kecil-kecil
  • Sajikan dengan kreasi sendiri.
Cara kupas buah Nanas Honi Sunpirde - dokumentasi pribadi

Bagi fruitaholic yang kurang suka buah nanas, saya berani merekomendasikan Nanas Honi Sunpride. Siapa tahu, fruitaholic bisa berubah—seperti saya- sikap terhadap buah nanas.
Yuk, biasakan konsumsi buah. Kalau badan sehat, niscaya kita semakin produktif dan lebih giat beraktivitas. –salam sehat-

6 komentar:

  1. nah iya bener mas Agung, aku doyan nanas tapi males makannya karena sebel sama efek gatel2nya itu lho... Sip2 makasih infonya, jadi kalo mau nanas, ya sunpride aja yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata oksalat yg membuat gatal Nanas mbak :)

      Hapus
  2. bibit nanas honi bisa didapat dimana pak?

    BalasHapus
  3. Saya suka sekali nanas honi sunpride, cuma sayang masih jarang, dipasar tradisional, coba produknya lebih masal, pastibanyak yg cari, apalagi harganya lebih merakyat, kayanya bisa jd produk unggulan nasional hehe..

    BalasHapus
  4. Iya, rasanya manis, dan tdk gatal, daging buah jg tebal

    BalasHapus
  5. Maaf bukan bermaksud berjualan, tapi bisa hubungi saya jika minat nanas honi sunpride nya bisa langkah email ke saya, terimakasih maaf admin

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya