17 Jun 2019

Meski Cara Membuatnya Sederhana, Ternyata Khasiat Air Hangat Luar Biasa

Porospos.com

Salam sehat kawan’s, dua pertiga tubuh manusia terdiri dari air, maka tidak heran jika kita lebih tahan lapar dibandingkan tahan haus. Bukti paling simpel dan akurat, adalah saat berbuka puasa, orang cenderung memilih minum bukan makan nasi—sepakat kan.

Sekarang, misalnya nih, kalian dihadapkan pada  tiga pilihan minuman air putih (maksudnya air bening), yaitu air putih dingin (pakai ice), air mineral biasa (tanpa campuran) dan ketiga air hangat. kalian pilih yang mana?

Semua pilihan tidak ada yang salah  dan bebas, karena ketiganya bagus dan membantu untuk proses detoksifikasi tubuh. Tetapi kalau saya, memilih minuman yang ada keuntungan plus-nya, yaitu memilih air putih hangat.

Ramadan beberapa waktu lalu, saya cukup rutin mengonsumsi air putih hangat, yaitu ketika masuk bedug maghrib tanda berbuka dan hendak makan sahur.
Jadi ketika perut sedang kosong, beberapa detik setelah adzan maghrib atau pada dini hari ketika masuk waktu sahur, maka saya prioritaskan minum air putih hangat, sebelum diisi atau masuk asupan yang lain.

------

Saya punya analogi, tentang kegiatan mencuci peralatan makan. Ya, piring, mangkok atau wadah sayuran kotor bekas makanan, yang di atasnya menempel sisa bumbu-bumbu, lemak dan minyak goregan.
Pasti si pencuci butuh usaha ekstra untuk membersihkan, kadang sekali gosok dengan sabun cuci piring saja tidak cukup, pun pada saat membilas musti dilakukan berulang-ulang —itu juga belum tentu bersih.

Bandingkan, kalau peralatan makan yang berminyak atau berlemak, setelah digosok sabun cuci, sebelum dibilas dimasukkan (baca rendam sebentar) ke dalam air hangat.
Niscaya noda membandel langsung luntur,  sehingga pencucinya tidak butuh tenaga ekstra untukk membilas atau menggosok ulang.

Bayangkan, kalau hal tersebut terjadi di dalam tubuh kita, lemak dan minyak yang dimakan (melalui gorengan) , kemudian ngumpet dibawah  otot atau bagian tubuh niscaya akan rontok.
Saluran pencernaan dibersihkan (layaknya selang yang lumutnya dihilangkan), maka pencernaan menjadi lancar berdampak pada badan lebih segar dan sehat.

Kalau saja kita mau rutin minum putih air hangat, ditambah menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, akan mendapati lingkar pinggang yang ideal (perempuan 80/ laki 90)

Manfaat Konsumsi Air Putih Hangat


Siapa yang tidak bisa masak air—hehehehe--, tidak butuh seorang ahli masak, kalau sekedar masak air putih saja, caranya cukup simpel, dituang dalam panci kompor dinyalakan tunggu mendidih, beres deh.
Dari beberapa website yang punya kanal kesehatan , saya mendapati penjelasan lebih detil perihal manfaat minum air putih hangat. Berikut beberapa manfaat didapat.

 
morino.tv
Cara Efektif Detoksifikasi ; Saya praktekkan saat Ramadan, malam sebelum tidur saya minum air putih hangat, kemudian bangun tidur juga minum air putih hangat.  Pagi hari, umumnya kita punya kebiasaan buang hajat, pada awal-awal  menerapkan kebiasan ini (minum air putih hangat) BAB menjadi berwarna gelap, konon warna gelap itu adalah racun.
Pasti senang kan, kalau mendapati tubuh yang bersih dari racun, dampak dari kebiasaan minum air putih hangat (terutama saat perut dalam kondisi kosong).

Mencegah Penuaan Dini
Minum air hangat, membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. Seperti kita ketahui, radikal bebas adalah penyebab terjadinya kerutan di kulit. Kebiasaan minum air hangat, membantu kulit lebih elastis dan awet muda.
Siapa tak pengin, punya wajah terlihat lebih muda dari usia sebenarnya, bisa-bisa dikira kakak adik padahal orangtua dengan anak.

Membantu Mengusir Jerawat dan Infeksi akibat Jerawat
Ada type kulit gampang terkena jerawat, baik disebabkan debu atau asupan makanan tertentu. Nah dengan rutin minum air putih hangat, diyakini bisa mengusir jerawat, sekaligus membersihkan wajah serta infeksi akibat Jerawat.

Air Putih Hangat Kaya Manfaat
Minum air putih hangat, juga bisa  membantu mengurangi berat badan (cocok nih buat yang diet), membuat sirkulasi darah lancar, otomatis menyehatkan jantung.
Apabila terdapat tanda tanda gejala flu, minum air putih hangat bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Satu lagi, minum air hangat, membantu mengaktifkan akar rambut sehingga rambut tumbuh lebih lebat, alias mencegah terjadinya kebotakan dan mengusir datangnya ketombe.

-----

Sederet manfaat yang super keren ini, rasanya bisa menjadi alasan yang kuat bagi kita untuk mulai membiasakan rajin minum air putih hangat. Dengan pencerahan di atas, maka nikmat mana lagi musti didustakan, dari khasiat  minum air putih hangat, yang cara mengolahnya sangat sederhana.


Yuk, semangat hidup sehat dari cara yang paling sederhana, dan mudah dilakukan oleh diri sendiri, –salam sehat-

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya