8 Jun 2019

Manfaat Pisang untuk Membantu 'Mood Boster'

dokumentasi pribadi

survey Diet Total Balitbangkes Kemenkes RI 2015, konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesia 91 gram per hari. Angka ini setengah dari Thailand, bahkan seperlima dari masyarakat Singapura.

Mas Pardi (30 th), menggelar dagangan di lantai semen pasar kampung .  Menjelang hari lebaran, pria berwajah khas jawa (seperti saya) tempak bersemangat.
kalau hari gini, mulai banyak yang beli ” jelasnya

Pisang, termasuk buah paling laris di hari kemenangan, cocok dijadikan hantaran, pantas untuk persembahan orangtua atau yang dituakan. Pisang (seolah) juga menjadi buah wajib, ketika mengadakan acara syukuran atau selametan.

Banyak jenis pisang di pasaran, ada pisang ambon, pisang tanduk, pisang susu, pisang emas, pisang madu dan masih banyak lainnya.
Kalau saya, suka pisang yang langsung konsumsi, tao ada juga yang senang diolah menjadi sajian, seperti kolak, naga sari, pisang goreng, pisang molen, pisang cokelat dan sebagainya.

yang ini sepuluhribu ya, mas” tawar saya
Tawar menawar adalah proses sakral, dalam transaksi di pasar tardisonal. Selisih seribu dua ribu sangat dipertahankan, untuk mendapatkan barang diingini. Pada proses transaksi, bisa menakar seberapa ego pedagang dan pembeli bercokol.

Duabelas saja pak” balasnya
Siang itu, setandan pisang hijau segar, saya bawa pulang dengan harga sangat bersahabat. Maklum di desa, biasanya orang menjual hasil kebun sendiri.
Meskipun harganya sangat terjangkau, pisang kaya kandungan vitamin B dan mineral. Selain buah kaya manfaat, pisang juga mengandung dopamin dan serotonin.

Dopamin berfungsi sebagai mood boster, obat anti depresi pemberi dorongan dan motivasi. Peran utama dopamin dalam otak, sebagai pemberi reward pada perilaku positif yang telah dilakukan, sebagai dorongan untuk melakukan sesuatu lebih baik.

Serotonin adalah sel yang mempengaruhi fungsi psikologi dan fungsi tubuh lain, serotonin erat kaitannya dengan mood, seperti nafsu makan, tidur, kekuatan ingatan, pengaturan temperatur dan sifat sifat sosial. Perubahan pada kadar serotonin, dapat mempengaruhi mood seseorang.

Pisang yang dibiarkan beberapa hari, biasanya akan muncul bintik cokelat di kulitnya, orang banyak menghindarinya karena dianggap ndalu Iterlalu matang menuju busuk)
Padahal, pisang dengan kulit berbintik cokelat (sugar spot) justru berkhasiat tinggi, mampu menghasilkan Zat TNF (Tumor Nacrosis Factor). Zat TNF, berfungsi menambah sel darah putih, mengganti sel-sel rusak, menangkal sel kanker.

-------
Dokumntasi Pribadi

Di Lampung terdapat lahan seluas 2.200 ha, untuk pembudidayakan Pisang Cavendish. Pisang yang tampil dengan kulit warna kuning kehijauan, bersih mulus dan dagingnya begitu sempurna.
Pembibitan pisang Cavendish, dilakukan dengan metode kultur jaringan, metode yang membutuhkan waktu sekitar satu tahun, sampai pisang memasuki masa petik.

Pisang cevendish siap panen, tidak boleh jatuh ke tanah saat terpisah dari pohonnya. Hal ini untuk menjaga kualitas, supaya kulut buah tidak cacat.
Saat pemotongan butuh dua orang, satu orang memotong lainnya menangkap. Setelah terlepas dari pohon, setandan pisang digendong sampai tempat sortir.

Kemudian disortir sesuai tingkat kematangan, kemanisan dan kualitas buah. Selanjutnya masuk tahap pematangan/Ripering, untuk mendapatkan pisang dengan tingkat kematangan baik.
Kontrol suhu memegang peranan, kondisi kelembaban udara selalu dipantau secara ketat. Dengan kelembaban udara (H2o), temperatur, sirkukasi udara, kebersihan, cara simpan, O2 (oksigen) CO2 (Karbondioksida).

-0o0-
Berdasarkan survey Diet Total Balitbangkes Kemenkes RI 2015, konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesia 91 gram per hari. Angka ini setengah dari Thailand, bahkan seperlima dari masyarakat Singapura.


Minimnya pengetahuan dan akses informasi, menyebabkan masyarakat kurang aware terhadap manfaat mengonsumsi buah dan sayur. Dan kita yang melek ilmu, yuk rutin konsumsi buah dan sayuran, selain menyehatkan juga membantu petani buah Indonesia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya