Minggu, 02 September 2018

Pesan Ruang Meeting dan Event Lebih Mudah Bersama SpotQoe


suasana di ruang meeting sebuah hotel di Bali -dokpri


Kalian pasti sepakat, sifat dasar manusia tidak suka ribet. Pengin serba simple, menyelesaikan masalah tanpa susah payah.
Tapi, tidak semua kondisi berlangsung ideal. Kerapkali kita dihadapkan, pada keadaan serba terpaksa atau kepepet.

Saya punya pengalaman, ditunjuk menjadi EO (dadakan) untuk Event kantor. Tidak terlupakan ribetnya, mencari ruang meeting yang menjadi agenda rutin tahunan – karena belum berpengalaman.

Si Boss maunya acara dilangsungkan di Bali, selain rapat tahunan bisa sekalian jalan-jalan. Apalagi target tahunan, -- menilik kotrak masuk-- sudah melampaui target ditetapkan. Beberapa klien pemerintahan, tinggal menunggu proses pembayaran.

Saya “mengendus” maksud Bos mengajak jalan-jalan, sepulang dari Bali target penjualan tahun berikutnya pasti dinaikkan. – wajar juga sih ya, hehehe.

Jobdesk saya mencari tempat meeting, mulai dilakukan dari bulan Oktober – rapat tahunan diadakan pertengahan Januari.
Saya awali dengan googling, menyusuri beberapa tempat seperti hotel, cotagge, bungalow dan beberapa tempat lain. Selanjutnya menghubungi by phone, nomor kontak yang tertera di website.

Mencatat satu persatu, Informasi rate meeting space, ruang event beserta klasifikasi, biaya fasilitas tambahan, extra charge untuk snack dan atau makanan di luar paket.
Setelah mengumpulkan informasi dari beberapa event space (sekitar 5 tempat), barulah dibawa ke meja pimpinan.

Sekitar pertengahan bulan Desember, keputusan Bos sampai di tangan saya. Penentuan tempat event, didasarkan beberapa pertimbangan. Seperti dekat dengan pantai, tempat belanja dan obyek wisata unggulan di Pulau Dewata.

***

Era digital melaju dengan pesat, semua masalah keseharian tersedia solusinya melalui telepon pintar.
Mau pesan makanan, pesan alat transportasi, layanan konsultasi dokter dan kesehatan, informasi lowongan pekerjaan, tersedia di layar smartphone.

Pun mau sewa ruang event, meeting room, Coworking space, tidak perlu repot seperti pernah saya alami.
Telah hadir aplikasi SpotQoe, platform berbasis online menawarkan kemudahan mencari, memilih dan melakukan pemesanan meeting space dan event space di seluruh Indonesia.

SpotQoe, bagian dari inisiatif e-business PT. Astra Graphia Tbk, perusahaan terkemuka penyedia layanan printing dan digital terdepan sejak tahun 1976.
Khusus pelanggan korporasi, akan mendapat  harga terbaik untuk semua pemesanan ruangan, mulai Hotel, Restaurant, Coffe Shop hingga Coworking space.
( Ki-Ka)  Hari Ananto -Head of SpotQoe, Nita Janita Ekaniana- Regional Marketing & Communication Manager Archipelagio International, Maulana Yusran- Wakil Umum Organisasi PHRI, Halim Wahjana, Komisaris PT. Astragraphia Xprins Indonesia - dokumentasi pribadi

Acara peluncuran aplikasi SpotQoe, diadakan di tempat cozy di bilangan Jakarta Selatan, dengan mengundang Jurnalis dan Blogger.
Halim Wahjana, Komisaris PT. Astragraphia Xprins Indonesia, menyampaikan di hadapan media dan Blogger, bahwa SpotQoe sebagai wujud transformasi digital, merupakan bagian dari visi perusahaan untuk mengakselerasikan bisnis di era digital yang sangat dinamis.

Sebelum lahir SpotQoe, inovasi telah dimulai dari AXIQoe.com, layanan e-commerce B2B dan B2G terdepan. Kemudian ada PrintQoe.com, adalah layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indoensia. Ada juga CourierQue, platform online distribusi dan logistik.

***
Hidup memang penuh kejutan, saat menghubungi tempat meeting dan event yang dipilih pimpinan, ternyata sudah dibooking perusahaan lain – hadeuh.
Bergegas saya menghubungi lokasi kedua dan ketiga, hal serupa terjadi seperti pilihan pertana.

Drama pemesanan ruang meeting berakhir, setelah sampai pada pilihan lokasi ke empat. Meski lokasi tidak seperti harapan – dekat dengan pantai dan tempat belanja--, tapi kami tidak punya pilihan lain.

Akhirnya Perusahaan menambah biaya transportasi, untuk menjangkau beberapa lokasi yang diinginkan. Padahal maunya berhemat, tapi akhirnya musti nambah budget –hehehe.

Mungkin anda pernah mengalami, kejadian mirip-mirip seperti pernah saya alami. Merasakan susahnya mencari ruang meeting, karena keduluan dengan perusahaan melakukan hal serupa.

Apalagi saat ini, jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ada di kisaran 60 juta unit. Tren bekerja dari telecommuter, freelancer dan pekerja digital nomad sedang berlangsung. Artinya, banyak pihak membutuhkan ruang meeting dan event.

Peluang ini (pemesanan ruangan meeting dan event), mendorong PT. Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) mempersembahkan SpotQoe.  Aplikasi SpotQoe hadir, menjadi solusi atas tantangan bisnis yang tengah terjadi.

SpotQoe menyediakan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang bisa diakses melalui website dan aplikasi mobile,” jelas Hari Ananto, Head of SpotQoe.

Hari Ananto memaparkan Empat  isu utama di Industri pemesanan ruangan secara online :

  1. Penyedia ruangan semakin banyak, namun penggunaan ruang belum maksimal.
  2. Prosedur pemesanan ruangan, terbiasa dilakukan secara manual, efeknya memakan waktu lama – seperti pengalaman saya.
  3. Aset perusahaan dirasa tidak cukup, untuk memenuhi kebutuhan karyawan melaksanakan aktivitas seperti meeting dan atau event.
  4. Tren mobile worker sedang berkembang, terdapat keinginan karyawan perusahaan bisa bekerja dari mana saja agar lebih produktif.
Media Launch SpotQoe - dokumentasi pribadi

Jangan punya prasangka aneh, melihat orang nongkrong di cafe atau restaurant pada hari kerja. Orang-orang ini (yang kelihatannya nongkrong), bisa jadi sangat produktif dan memberi kontribusi besar pada perusahaan.
Tren mobile worker, diprediksi terus berkembang dari tahun ke tahun. Para Profesional lebih suka bekerja secara mobile, tren menunjukkan bahwa mobile worker sangat menguntungkan.

Melalui platform kami, berbagai ruangan untuk kebutuhan event, meeting dan bahkan bekerja, bisa dipesan sesuai kebutuhan bisnis secara mudah dan cepat,” jelas Hari

Nita Janita Ekaniana, Regional marketing & Communication Manager Archipelago International, berkesempatan hadir di acara launching, menyampaikan. “Bagi kami, bekerjasama dengan SpotQoe akan memberikan keuntungan dari segi strategi marketing serta promosi,”

Mudahnya Pesan Ruangan Melalui SpotQoe


Kalau saja waktu bisa diulang, pengin kembali ke beberapa tahun ke belakang. Menjadi EO (dadakan) acara internal kantor, dengan sukarela saya bersedia mendapat tugas mencari lokasi. Apalagi di smartphone, sudah saya install Aplikasi SpotQoe.

Kalau kalian sudah instal, segera isi form pendaftaran secara digital, setelah disetujui akan mendapat verifikasi melalui email. Kalian juga bisa masuk aplikasi SpotQoe, (selain email) melalui Facebook dan linked in.
mudahnya mendaftar di Aplikasi SpotQoe- dokpri

Kalau sudah sign in di SpotQoe, tinggal tulis “Bali” di kolom pencarian – ceritanya jadi EO acara kantor nih.
Kemudian saya pilih “meeting space” kapsitas 25 orang, pilih durasi Fullday (tersedia Hourly, Fullday, Halfday, Montly).
fasilitas chat di SpotQoe

Terdapat juga tombol “sorting”, ada pilihan “Highes Capacity”, “Lowest Capacity”,” Highes Price” dan “Lowest Price.”
Langsung muncul harga, tinggal menyesuaikan dana tersedia. Kalau pengin lebih praktis lagi, ada fasilitas “Chat” yang bisa dimanfaatkan.

Setelah klik “search” langsung muncul ketersediaan ruang meeting, seperti di Resort daerah Nusa Penida,  Hotel di daerah Kuta Bali, ada Hotel di Bali- Beach Gate, Resort di Kabupaten Badung, Resort di Sanur- Legian dan masih banyak lokasi lain di Bali.

pilihan meeting space di  SpotQoe (3 capture digabungkan)
Duh, kurang mudah apa coba. Sekian banyak ruang meeting di Bali, muncul lengkap dengan harga, sesuai lokasi dan kapasitas diinginkan. SpotQoe juga menyediakan, kebutuhan ruangan private, nyaman dan terpercaya.

Menyusuri satu persatu di aplikasi SpotQoe, saya menemui brand Hotel, Restaurant, Cafe, Coworking ternama dengan reputasi terpercaya.

Meski baru sebentar menggunakan SpotQoe, saya berani merekomendasikan aplikasi pencariaan ruang meeting dan event keren ini.  
Dari hasil tanya melalui chat, saya punya tiga alasan, mengapa Anda musti mengunduh dan mengandalkan SpotQoe.

Pencarian Mudah ;  Bisa menentukan sendiri lokasi meeting, dari ribuan Hotel, Restaurant, Cofee Shop dan Coworking Space yang tersebar di seluruh Indonesia
Harga Terbaik : Penawaran khusus bagi anggota perusahaan yang bekerjasama
Bayar di Tempat : Pembayaran langsung dilakukan kepada pemilik tempat.

Kami yakin SpotQoe akan menjadi layanan unggulan dalam pemesanan ruangan secara online,” imbuh Hari Ananto.

Saatnya kita menikmati, pesan ruang meeting dan event #JadiLebihMudah bersama #SpotQoe
koleksi pribadi

22 komentar:

  1. Idenya keren nih, cari tempat meeting jadi lebih gampang klo gini

    BalasHapus
  2. PT. Astra Graphia TBK . . . selalu ada program - program yang mendukung kemudahan banyak orang ; keren Mas

    BalasHapus
  3. Buat acara reuni juga bisa ga nih mas Agung? Apa khusus event meeting aja? Lebih hemat biaya ya kalau pakauli SpotQoe ini.

    BalasHapus
  4. wah asik, meeting sekaligus jalan-jalan. kayaknya bakalan coba spotque buat event komunitas nih

    BalasHapus
  5. mantap banget ini buat yang kerjaanya ngurus2 event yah kalo dikantor sih ini penting banget buat temen2 GA jadi ringkes aja gak usah telpon2 atau googling2 tinggal sign in ke spotque..
    thanks mas agung infonyaaa

    BalasHapus
  6. Keren ya, bisa jadi pilihan ini Spotque

    BalasHapus
  7. Nggak keder lagi ya yang mau meeting kadang tahu nama tapi nggak tahu tempatnya dan juga fasilitasnya. Good kak infonya.

    BalasHapus
  8. Lebih gampang bngt ya pak Agung pake aplikasi ini, gosah yg sibuk cari gedung lgi klo mo kumpul2

    BalasHapus
  9. Mantap betul nih. Sering bener denger orang cerita susah cari tempat bikin acara dll, mesti nelponin dan cek harga satu-satu. Kalau ada aplikasi ini menghemat waktu, tenaga, dan emosi juga. :D

    BalasHapus
  10. Aplikasi yang memudahkan kita mencari ruang meeting. Karena saat ini memang banyak orang bekerja secara multitasking dan multiway.

    BalasHapus
  11. Iya banget! Cari ruang meeting itu suka susah, apalagi zaman sekarang.

    BalasHapus
  12. Passss banget. Aku juga sering mas ditunjuk jd EO untuk acara kamtor. Dan itu gak gampang nyari tempatnya.. langsung download aplikasinya ah..

    BalasHapus
  13. Saat jadi blogger suatu saat bikin event sendiri untuk memyelengarakan suatu acara.

    Hal hal kaya gini perlu ruangan yang mencukupi bertemu klien atau kordinasi.

    Ruang rapat ternyata tidak mudah ya di cari, kqlau pakai applikasi lebih gampang

    BalasHapus
  14. wah mas saya sih sudah nyerah deh kalau disuruh jadi EO, jadi panitia bukber teman-teman aja sampe lebaran ga kesampean hahaha

    BalasHapus
  15. sekarang apa2 makin gampang ya, apalagi ada aplikasi spt SpotQue ini. makasih infonya mas Agung...

    BalasHapus
  16. Rekomen banget nih SpotQue untuk mengadakan acara event, pertemuan, dan sebagainya. Makasih infonya mas

    BalasHapus
  17. mas kalo pesen buat nikahan bisa ga?? aku mau mesen nih dari sekarang.. kalau bisa skalian sama calonnya

    BalasHapus
  18. Sekarang buat yang suka bingung cari ruang meeting atau acara kantor gak bingung lagi nih karena sudah ada SpotQue yang mempermudah kita untuk mencari ruang meeting. Jaman sekarang serba dipermudah banget ya.

    BalasHapus
  19. Wah aku br tau loh klo skrg sdh ada aplikasi yg memudahkan utk mencari tempat event atau meeting

    BalasHapus
  20. Sekarang ini makin mudah ya mendapatkan tempat untuk event dan meeting. Apalagi kalau yg udah ada aplikasi ya.

    BalasHapus
  21. Makin banyak applikasi baru yang memudahkan pekerjaan dan urusan ya. Setidaknya benar2 membantu dari segi waktu dan tenaga.

    BalasHapus
  22. Saat merencanakan pertemuan jdi terbantu ya mas nyari tempat nya jdi lbh mudah .
    Buat reuni bisa banget nih rekomendasinya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya