3 Sep 2018

BCA Ajak Bereksplorasi dan Berinovasi dengan Data Melalui Finhacks 2018 #DataChallenge


Sesi Talkshow Finhacks 2018 #DataChallenge  (Ki-Ka : Wiku Baskoro- Moderator ; Adhitya Bhaswara, Samuel Chan, Djarot Subiantoro - dokumentasi pribadi)


Jujur, saya dibuat takjub tak habis-habisnya, setiap bertemu, melihat dan berinteraksi dengan anak-anak muda (atau berjiwa muda) yang expert di bidang yang ditekuni.
Berbicang dengan anak-anak muda keren dan cerdas, membawa secercah harapan dan meyakinkan bahwa masa depan Indonesia akan gemilang.

Hal ini saya alami, pada hari pertama memasuki bulan September, di kawasan Jakarta Pusat. Blogger berkesempatan hadir, dalam acara roadshow Finhack 2018 #DataChallenge. 
Anak-anak muda cerdas, adalah peserta roadshow Finhack 2018 #DataChallenge, dan Jakarta menjadi kota pertama roadshow (1/9’18). Selanjutnya  akan menyusul kota Yogyakarta (8/9’18) dan kota Bandung (15/9’18).

Setiap kota yang disinggahi roadshow, diadakan sesi sharing dengan para pakar dan workshop tentang data science. Roadshow jakarta, menghadirkan tiga narasumber kredibel, yaitu Djarot Subianto, Co-Founder  PT. DCI Indonesia, Samuel Chan selaku Cource Producer & Co-Founder Algoritma dan Bhaswara Tirtohadiguno, Data Scientist BCA.

Kegiatan roadshow dan Finhacks 2018 #DataChallenge sebagai upaya, untuk meningkatkan pemahaman, wawasan dan kemampuan di bidang data science.

Apa itu Finhacks 2018 #DataChallenge ?
Adalah kompetisi untuk para talenta big data dan IT di Indonesia, dalam mengembangkan solusi inovatif yang mampu menjawab permasalahan bisnis dari prespektif data science.

Peranan data sangatlah penting, berkontribusi dalam membantu  pengambilan keputusan dan mengatur strategi. Coba bagaimana jadinya, sebuah perusahaan bergerak tanpa data dimiliki.
Misalnya perusahaan electronik, untuk memproduksi jenis peralatan eletronik yang dibutuhkan dan disukai konsumen, pasti membutuhkan data.

Pada sisi lain hal menggembirakan terjadi, semakin banyak bermunculan talenta big data di Indonesia.

Hal ini mendasari PT. Bank Central Asia Tbk (BCA), menggelar Finhacks dengan konsep Hackathon.  Tahun 2018 adalah gelaran kedua, tema yang diusung berbeda dengan yang pertama.
Finhacks 2018 #DataChallenge, sebagai wujud dukungan BCA sebagai bank swasta terbesar se-Indonesia, untuk mengembangkan solusi perbankan melalui kolaborasi dengan komunitas data science.
Armand Wahyudi Hartono memberi sambutan dalam Roadshow jakarta, Finhacks 2018 #DataChallenge - dokpri

Menurut Armand Wahyudi Hartono, Wakil Direktur BCA, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa orang Indonesia di depan smartphone sekitar 5 s.d 12 jam sehari.  Kebiasaan ini menghasilkan data luar biasa banyak, baik data di sosmed dan atau data di perbankan. Data yang masuk musti diolah, agar bisa memiliki value dan kemudian menjadi benefit.  Proses pengolahan data ini, dibutuhkan peran seorang data scientist dan ahli algoritma. Soal data Indonesia tidak kalah, tantangannya adalah bagaimana menghidupakan komunitas data.

Yakin Indonesia bisa menghasilkan data enginer, data anlyst, data scientist,” tegas Armand.

Apa tantangan Finhacks 2018 #DataChallenge ?
Peserta dituntut mengembangkan model matematika (mathematical methods), untuk tiga kategori solusi, yairu Credit Scoring, Fraud Detection dan ATM Cash Optimazion.
Masih menurut Armand, di dunia perbankan, uang kalau nganggur justru rugi, sehingga musti dibuat strategi agar uangterus berputar. Saya yang awam di perbankan, bisa membayangkan bagaimana alur perputaran uang agar menjadi nilai ekonomi.

Siapa bisa bergabung Finhacks 2018 #DataChallenge ?
Kalian para data scientist, IT developer, mahasiswa IT, stratup bisa bergabung.

Apa Syarat Finhacks 2018 #DataChallenge ?
WNI
Bertempat tinggal di wilayah NKRI
Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP/ Kartu Pelajar/ SIM/ Paspor), untuk diperlihatkan daat verifikasi pemenang.
Bisa mendaftar sebagai individu atau peserta TIM (mak 3 orang)
Mengikuti tahapan yang ditentukan
Captur web pendaftaran- dokumentasi pribadi

Bagimana tahapan Finhacks 2018 #DataChallenge ?
Kalian masuk melalui web finhacks.id, kemudian klik “Daftar Sekarang” untuk mengikuti “Online Pre Assesment Test”. Kalau kalian lolos di babak awal ini, akan masuk tahapan berikutnya, yaitu “Online Data Challenge.”
Time line Finhacks 2018 #DataChallenge

Kemudian akan dipilih 5 peserta terbaik (individu dan atau tim) di setiap kategori, sehingga total 15 peserta mengikuti babak final atau Demo Day pada 14 November 2018.
Hadiahnya, keren banget total Rp.480 juta. Terbagi dalam , Terbaik I (Per Kategori) Rp.80 Juta, Terbaik II (Per Kategori) Rp.50 juta dan Terbaik III (Per Kategori) Rp 10 Juta.

Kalian para data scientist, It developer dan yang expert di bidang data, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Finhacks 2018 #DataChallenge diadakan BCA, didukung penuh oleh DailySocial.id, Algoritma dan Kaskus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya