7 Okt 2019

Soft Opening Railink dari Stasiun Manggarai, Solusi Atasi Kemacetan Menuju Bandara

Stasiun Kereta Api Bandara Manggarai siap beroperasi-dokpri


Happy Monday kawan. Siapapun, pasti tidak mau dong ketinggalan jadwal pesawat. Duh, kalau ketinggalan pesawat yang rugi penumpang itu sendiri —bener kan.
Apalagi kita pergi, sudah direncanakan jauh hari.  Kepergian untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang penting, sudah janjian dengan orang lain yang sama-sama sibuk.

Maka kita musti pintar berhitung waktu, agar urusan keberangkatan ke Bandara berjalan dengan lancar. Bagaimanapun, kepergian kita menyangkut satu urusan yang berkaitan dengan orang lain.

----
Sabtu (5/10’19), menjadi hari perdana beroperasinya Railink (Kereta Api Bandara) untuk keberangkatan dari Stasiun Kereta Bandara Manggarai. Operasional ini, sekaligus melengkapi keberangkatan Railink sebelumnya, yaitu dari tiga stasiun kereta Bandara lainnya, BNI City Sudirman,  Duri dan Batu Ceper.

Menandai beroperasinya Ralink dari Stasiun Manggarai, Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajaran pejabat KAI berkenan mencoba perjalanan ke Bandara dengan Kereta Bandara. Di hadapan Jurnalis dan Blogger, Budi berharap dengan tambahan service ini, okupansi daripada Railink akan meningkat dan bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.
Mentri Perhubungan berbincang dengan penumpang Railink-dokpri

Ya, Manggarai adalah kategori stasiun central, posisinya sangat strategis dan mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi publik. Untuk menuju stasiun Manggarai, masyarakat bisa menggunakan Transjakarta atau Commuter Line (keduanya terintegrasi) atau bisa melalui jasa transportasi online.

Hal ini menjadi kabar gembira, bagi warga Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor, pertemuan Commuter Line ada di manggarai (warga Tangerang bisa dari Duri). Dengan dibukanya rute Manggarai – Bandara, artinya semakin banyak alternatif moda transportasi menuju Bandara Soetta.

-------

Saya, termasuk disiplin masalah waktu. Bagi saya, waktu itu sangat berharga. Sedetik saja lewat, akan hilang selamanya dan tidak bisa diganti. Menghargai waktu, berarti menghargai hidup ini sendiri.
Saya nyaris tidak pernah telat, untuk menghadiri undangan sesuai jam telah ditentukan. Kalaupun (sesekali) pernah terlambat, karena keadaan yang di luar prediksi (seperti ada pengalihan rute karena demontrasi atau ada kecelakaan yang membuat macet parah).
Kereta Api Bandara-dokpri

Apalagi untuk urusan ke Bandara Soetta, lebih baik saya datang sangat-sangat awal. Kalau perlu saya menunggu lama, sebelum cek in counter dibuka sekalipun. Seperti kita maklumi selama ini, bahwa jalur menuju Bandara Soetta cukup padat, apalagi kalau harus melewati jalan non tol.

Railink adalah solusi tepat, sebagai moda transportasi berbasis rel, besar kemungkinan terhindar dari kemacetan. Punya jadwal keberangkat yang pasti, sehingga cukup terukur dan tepat waktu.

Jadwal Railink paling pagi adalah jam 05.10 menit, dan jadwal terakhir jam 21.40 menit. Jarak setiap keberangkatan adalah 30 menit, dengan waktu tempuh 55 menit sampai Bandara Soetta.
Dalam satu hari  melayani 34 perjalanan, terhitung sejak hari diresmikan oleh Mentri Perhubungan.

Calon penumpang pesawat bisa menghitung mundur, (menurut saya) sebaiknya tiga jam dari Jam Boarding pesawat. Misalnya untuk jadwal pesawat jam 10 pagi, ada baiknya mengambil jadwal Railink jam 07.10 dari Stasiun Manggarai.

Dan sampai di Bandara, bisa naik Sky Train (kereta layang) menuju terminal keberangkatan, sesuai maskapai penerbangan yang hendak digunakan.
Bersama masinis Railink-dokpri

Untuk amannya, bagi saya sebaiknya pilih berangkat lebih awal, karena di Stasiun Kereta Bandara Manggarai sangat nyaman. Tersedia fasilitas publik yang cukup lengkap dan memadai, ada musholla yang bersih dengan sajadah dan ruangan wangi, ada mini market, restoran cepat saji, tempat charger handphone dan lain sebagainya.

Dengan harga tiket Rp.70ribu sekali perjalanan, tentunya setara dengan benefit dan kenyamanan yang akan dirasakan oleh pengguna Railink.
Pada hari tertentu, Railink mempersembahkan harga promo. Jadi, mau ke Bandara tanpa macet, Railink solusinya.

3 komentar:

  1. Seru banget! Wah Mas Agung berfoto sama Bapak Masinis.
    Moda transportasi Indonesia semakin beragam dan nyaman

    BalasHapus
  2. Penasaran nihh naik Railink.. seru pastinya ya mas agung.

    BalasHapus
  3. Berarti railink ini beda dengan MRT atau LRT ya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya