Kamis, 12 Juli 2018

Blogger Gathering MNC Vision dan Merasakan Tehnologi Dolby


Blogger Gathering MNC Vision  Hiburan Keluarga Tanpa Batas -dokpri

Saya tuh gampang girang, kalau melihat kerja orang di belakang layar. Mereka -- pekerja di balik layar --, menurut saya orang-orang yang kreatif abis. Memikirkan konsep, kemudian mengeksekusi menjadi sebuah konten.  Sebuah proses yang tidak mudah, musti dibarengi ketekunan dan ketelitian, hingga siap disampaikan ke pemirsa.

Tidak semua orang, diberi kesempatan masuk ke ‘dapur’ sebuah media. Selain cukup riskan, pasti ada kode etik yang tidak boleh dilanggar #SokTauSayaSajaSih. Makanya saya beruntung, bisa bergabung dalam “MNC Vision Blogger Gathering – Hiburan Keluarga Tanpa Batas.”
Even keren, diadakan di gedung MNC Vision  di daerah Green Garden – Kedoya Jakarta Barat, semakin keren. Ketika disounding ada sesi ‘MNC Vision Tour,” peluang saya meraih pencerahan, untuk mengulik dibalik tagline, “MNC Vision, bukan yang lain.”

O’ya, mungkin anda tidak asing dengan nama Indovision, Okevision dan Top TV. Per Desember 2017, tiga nama ini melebur menjadi satu dan berganti nama menjadi MNC Vision. MNC Vision, telah menjadi pioner dalam industri tv berlangganan di Indonesia.

Mau bukti ?  MNC Vision memegang 60% penetrasi pasar (tv berlangganan di Indonesia),” jelas Ramadhani, selaku Departemen Head of Marketing Product MNC Sky Vision, saat membuka MNC Vision Blogger Gathering.
Kok bisa ? Ya, Semua berkat komitmen MNC Vision, selalu menghadirkan perubahan dan diferensiasi dengan identitas baru yang lebih inovatif dan modern.

Dalam press release, Dini W Prayoga, selaku Director of Marketing & Programming PT MNS Sky Vision Tbk, menyampaikan, “ Kami berupaya terus menginspirasi lebih dari 2,4 juta pelanggan kami di seluruh Indonesia dengan berbagai tayangan menarik dan memberikan pengalaman menonton yang berbeda melalui berbagai keunggulan fitur serta fasilitas MNC Vision.”
Blogger tiba di kantor MNC Vision -dokpri

Saatnya ‘MNC Vision Tour,’ Yeaaay !!


Baiklah ini dia #CeritaDiMNCVision ala saya.
Agar tidak telalu ramai, Blogger dibagi tiga kelompok. Sebagai peserta yang datang awal, dengan nomor absen di atas, saya masuk di kelompok satu.

Kunjungan pertama menuju Walk in Center (WIC), ruangan layanan pelanggan yang datang langsung ke kantor di gedung MNC Vision.  Dalam satu hari, rata-rata 15 konsumen datang. Umumnya bertanya seputar produk, ada juga yang hendak berlangganan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke WIC, dilayani pada hari senin – sabtu, jam 09.00 – 16.00 wib.
Walk in Center MNC Vision - dokumentasi pribadi

Berikutnya ke Antenna Farm, sesuai namanya saya jumpai banyak parabola berbagai ukuran di tempat ini. Menurut Damanu Angki, selaku SPV Satcom (Satelit Communication), total ada 34 parabola sebagai Receiver Provider. Berfungsi untuk meningkatkan kualitas tayangan, sehingga pelanggan mendapat tampilan konten yang terbaik.

O’ya, MNC Vision menjadi tv berbayar pertama, menggunakan tehnologi satelit S-Band. So, pelanggan tidak perlu kawatir, tayangan MNC Vision Tahan Cuaca, gambar tetap jernih saat cuaca sedang tidak bersahabat.  
Pendek kata, meskipun di luar petir menggelegar, ombak berdebur memecah karang, badai dan topan menghalang #LebayYak, kualitas tayangan MNC Vision tetap jernih berkualitas dan tidak terpengaruh dengan cuaca di luar.

Di perkebunan kami juga memakai Indovision (nama lama MNC Vision), soalnya saluran yang bagus hanya itu,” ujar Mami Uli Hape, Blogger yang kerap menang lomba menulis ini dengan lantang.
-00o00-

Di tempat ini alur kerjanya bagaimana Pak?” tanya saya

Jadi gini, saat ini kita berada di Ground Session, pusat penerima sinyal konten dari satelit provider melalui antena  TVRO (Television Receive Only) ---%%---#@@@----- Di sana ada ruang control, untuk memantau satelit tetap berada di orbit. .... %@-----*gt””+^*.... Dari provider kita terima dalam  C-Band, kemudian dikirim oleh pihak BE diconvert diteruskan ke bagian broadcast, ......dikirim satelit-- %#@*--###.... berpengaruh terhadap downlink ke pelanggan, .... &%#@@t;”””+^*....
di Antenna Farm (tampak Pak Angki dari belakang) - dokpri

Penjelasan sangat teknis, tentang mekanisme sebuah frekwensi, mengolah konten sampai pelanggan saya dapati. Sebagai orang awam tehnologi frekwensi, saya manggut-manggut, padahal tidak paham. (*duh, salah nih pertanyaan saya” gumam batin ini)

Bisa jadi, Pak Angky membaca garis wajah saya, bahwa si penanya tidak menangkap penjelasan beliau. (Macam Peternak unggas di pelosok desa, dijelasin statistik dan pergerakan saham di Bursa Efek)

Agent MNC Vision sibuk melayani pelanggan - dokumentasi pribadi

Ok, setelah berpanas-panas sebentar, Blogger kembali ke tempat adem . Tour dilanjutkan ke lantai 7, menuju ruang Customer Care.  Tampak lebih kurang 130 agent sibuk, di belakang meja dengan dibatasi partisi. Dalam sehari, terdapat rata-rata 6.500 telepon masuk.Satu agent, menangani sekitar 70 pelanggan.

Bayangkan, dari 2 juta lebih pelanggan MNC Vision, angka enam ribu calling, terbilang relatif wajar. Telepon masuk ke Customer Care, berisi aneka aduan –biasanya -- masalah teknis. Yang gambarnya hilang, atau tiba-tiba ada masalah dengan decorder. Ada juga telepon calon pelanggan baru, minta informasi tata cara berlangganan dan harga paketnya.

Sebenarnya sih, MNC Vision menyediakan Channel Info di saluran nomor satu. Berisi panduan mengatasi mal function, atau informasi lain terkait program dan sebagainya. Sehingga pelanggan MNC Vision, bisa mengatasi tanpa complain ke Customer Care.
Namun, budaya konsumen Indonesia – termasuk saya juga, hehe— lebih suka dipandu, dari pada diminta belajar sendiri. Sampai pada level service, akan dilayani maksimal H + 1 (maksudnya hari ini complain, besoknya dikunjungi) .
Mini Studio MNC Vision - dokumentasi pribadi

Next Tour, ke Studio Room. MNC Vision memiliki Mini Studio dan Grand Studio, masing-masing memiliki fungsi berbeda. Kalau anda penggemar MNC Sport, studionya sedang dikunjungi Blogger di acara MNC Vision Tour. Sementara untuk Grand Studio, digunakan untuk event dengan audience yang lebih besar – simple ya.

Merasakan kedahsyatan Tehnologi Audio DOLBY

Pengin dong, menghadirkan suasana bioskop ke rumah sendiri. Pada saat adegan film horor, seolah hantu yang ada di layar tv hadir di ruangan (ngeri juga sih yak). Atau saat di layar ada Dinosaurus, seolah-olah binatang purba ini mampir di dalam rumah kita.
MNC Vision sangat bisa dinikmati dengan kualitas audio terbaik, melalui fitur Audio Dolby. Fitur keren ini, memungkinkan pemirsa mengenali seluruh dialog, dentuman suara yang kaya dan jernih maupun detil moment dengan sangat jelas.
Sesi Audio Dolby Experience -dokpri

Mengikuti sesi ‘Dolby Experience,’ membuat saya pengin nonton (lagi) beberapa film, diantaranya film “Pengabdi Setan” dan “Pirates of the  Caribbean 5.” Dengan Audio Dolby, saya yakin suasana merinding, saat tokoh ibu (di film Pengabdi Setan) berdiri di balik jendela kaca, akan lebih terasa mencekam.  Atau bakal turut merasakan keseruan Jack Sparrow, dalam aksinya mencari Trident of Poseidon agar bisa mengendalikan lautan, di film Pirates of The Caribbean 5..

Nah, Dolby Audio dengan keunggulan, surround sound, automatic volume control, sanggup memberikan sensasi menonton terasa lebih realistis. Masing masing speaker, menghasilkan fungsi audio berbeda. Saya – mungkin blogger lain juga— bisa merasakan, masuk dan menjadi bagian dari suasana yang ada di film.

Pankaj Kedia, Managing Director, Emerging markets, Dolby laboratoris, menjelaskan dalam press release, “Dolby Audio memberikan kualitas hiburan yang maksimal serta menghadirkan pengalaman yang luar biasa dengan kualitas super jernih, konsisten, aksesibel dan berkualitas tinggi secara efisien dalam berbagai konten dan genre.

Apakah MNC Vision dan peralatan Audio Dolby dijual paket?” tanya seorang Blogger.

Kerjasama MNC Vision dan Dolby Audio, saat ini masih sebatas MNC Vision sebagai penyedia konten, sangat support  untuk diaplikasikan tehnologi Dolby. Sementara untuk pembelian perangkat Dolby, dibeli secara terpisah di pasaran.
Seluruh pelanggan MNC Vision, dapat menikmati kualitas suara super jernih dengan fitur Dolby di 3 saluran, yaitu RCTI, HBO dan FOX Movies (memungkinakan untuk bertambah).

Hadir juga Khikmawan Santosa, owner Crossfade Erkata, satu satunya studio mixing di Indonesia, yang memegang lisensi Dolby Approved Studio dari Dolby Laboratories.
70 persen film di Indonesia, design audio-nya dikerjakan studio mas Kiki (sapaan Khikmawan). Sebagai sound designer profesional, karya mas Kiki bisa dinikmati di beberapa film, diantaranya ‘Pengabdi Setan’ dan ‘Koki-koki Cilik.’

Peran audio sangat besar, dalam memberi pengalaman menonton kepada pemirsanya. Efek emosi dan dramatisasi penonton, sangat didukung dan  diciptakan oleh music, dialog dan sound efek. Audio dalam sebuah film, mampu membawa penonton ke dalam realitas yang ingin disampaikan dari sebuah film.
Dengan kreatifitas tinggi, sound designer membuat suara Dinosaurus,” Ujar Kiki.

Sejenak saya mencerna kalimat narasumber, kalau sejarawan bisa menemukan fosil Dinosaurus sangat mungkin, tapi kan kesulitan mendeteksi bagaimana suara binatang masa lampau ini. Hal ini menjadi PR besar sound designer, agar pemirsa tervisualisasi melalui audio film tentang Dinosaurus.
Mas Kiki dan Ibu Ramadhani - dokmentasi Pribadi

MNC Vision , Hiburan Keluarga Tanpa Batas


Bagaimana cara mengontrol, agar anak-anak tidak melihat program acara yang aneh-aneh,” celetuk Mak Dewi pada saat MNC Vison Tour

Tenang, MNC Vision memiliki fitur Parental Lock. Fitur ini memungkinkan, orang tua memilih saluran yang sesuai untuk anak-anak. Karena dilengkapi Paswood, anak- anak tidak bisa seenaknya pindah saluran sesuka hati.

MNC Vision tak henti berinovasi, dengan meluncurkan program dan fitur terbarunya :
Program Nonton Premier League Langsung dari Inggris, bekerjasama dengan Dolby, HBO dan belN Sports. Berlangsung untuk periode 7 Mei sampai 31 Juli 2018. Kabar baiknya, pelanggan bekesempatan mendapatkan hadiah utama, menyaksikan langsung Liga Premier Inggris beserta hadiah tambahan lainnya.
Caranya cukup mudah, pelanggan melakukan upgrade paket berlangganan basic atau menambah paket berlangganan High Definition (HD) dan melakukan pembayaran secara advance payment.

Fitur MNC Vision Plus, dapat diakses melalui MNC Now, aplikasi mobile streaming TV dan Video on Demand (VOD) berbasis Over The Top (OTT) dengan konten premium dari berbagai genre. Jadi tidak ada alasan lagi, ketinggalan (misal) nonton bola karena sedang otw menuju Bandara. Fitur MNC Vision Plus, memberi kemudahan pelanggan, menikmati tayangan melalui perangkat mobile.

MNC Play, gabungan paket konten tayangan MNC Vision plus jaringan broadcast internet. Sementara MNC Now, adalah streaming melalui gadget (sudah dimention di point atas). Semua pelanggan  MNC Play bisa menyaksikan siaran MNC Now, diunduh melalui Play store dan iOS.

Multi Decorder, MNC Vision bisa menerima multi decorder kedua dan ketiga dengan harga diskon, dengan pilihan channel yang berbeda dengan decorder induk.

High Definition (HD), konten di MNC Vision memiliki kualitas gambar super tajam. 20 saluran kualitas HD, siap memanjakan pelanggan dengan gambar super keren bin super ketjeh disupport dengan Dolby Audio.

Parental Lock (sudah dijelaskan, mejawab pertanyaan blogger) pelanggan bisa memberi level rating, channel yang save untuk keluarga. Pelanggan bisa melihat tujuh hari kedepan, program-program yang ada di channel MNC Vision.

Program Super Bundle,  penawaran tv berlangganan + jaringan broadcast internet super cepat dengan mobile broadband , bekerjasama dengan Indosat Ooredoo (kapasitas data 20 GB) dan XL Axiata (kapasitas data 80 GB).

Program MNC Vision Priority, Program khusus untuk pelanggan setia, seperti penawaran spesial dari beragam pilihan merchant dan kesempatan mengikuti kegiatan menarik, seperti movie screening, program privilage, loyalty, serta berbagai promo dan keuntungan lainnya.

Network yang kuat dan luas, MNC Vision memiliki saluran distribusi penjualan terkuat dan terlengkap. Dengan 2.589 tenaga penjualan, tersebar di lebih 390 outlet di modern store, exibition, door to door, subsciber get subscriber, member club dan sales call center.
Memiliki total 101 kantor cabang, tersebar di seluruh Indonesia, dengan ribuan tehnisi dan customer service, siap melayani kebutuhan konsumen mulai dari penjualan hingga layanan purna jual.

Best Smart, Channel inovatif, menjawab kebutuhan bimbingan belajar (bimbel). Bimbel di channel 112 MNC Vision, menampilkan tayangan pendidikan, dengan mata pelajaran, seperti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (kelas 4 s/d 6), disesuaikan dengan kurikulum Nasional, menjadi bekal menghadapi Ujian Nasional.

MNC Vision, Bukan Yang Lain

Bulan agustus 2018, MNC Vision berulang tahun ke 24.  Menyatukan Indovision, OK Vision dan Top tv, mengusung energi dan semangat baru untuk selalu menjadi terdepan. Re-branding menjadi MNC Vision, dilakukan sebagai upaya untuk perubahan top of mind.

Mengapa musti “MNC Vision dan bukan yang lain”? 
Sesi MNC Vision Tour yang saya ikuti, menguak jawaban itu dengan sendirinya. Bahwa MNC Vision sudah sangat all out mempersembahkan yang terbaik, sehingga pantas menjadi pioner dan terdepan.
Dari sisi tehnologi, program, reward ke pelanggan, service pelanggan, benar-benar dilakukan secara paripurna. Apa yang ada di MNC Vision, tidak ada di tv berlangganan yang lain.

"Di perkebunan kami juga memakai Indovision (nama lama MNC Vision), soalnya saluran yang bagus hanya itu," testimoni Mami Uli Hape mendadak teringiang. Pernyataan ini, saya yakin tidak mengada-ada. Saya seperti menemukan benang merah kalimat Mami Uli, setelah mengikuti rangkaian "MNC Vision Blogger Gathering - Hiburan Keluarga Tanpa Batas
Swafoto keleompok satu pada saat MNC Vision Tour - dokumentasi pribadi

4 komentar:

  1. wah makasih loh aku disebut hehe, soalnya memang iya mas dimana aja kebunku tv nya cuman indovision hehe

    BalasHapus
  2. Senang ya merasakan sensasi DOLBY Audio. Keren deh MNC Vision brandnya makin kuat ini.

    BalasHapus
  3. Pantes ga bs ke lain hati, rupanya mnc vision slain jd pioner juga terdepan dalam menyajikan tontonan berkualitas

    BalasHapus
  4. Serunya bisa touring ke MNC Vision Tower. Ternyata proses dari tayangan yg berkualitas dan gambar bagus itu dari satelit ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya