15 Jul 2018

Kisah Perjalanan "The Best Contact Center in The World" dalam Buku "Journey to Find Happines in HalloBCA"

Maskot HalloBCA dan buku Journey to Find Happines in HalloBCA -dokpri

Saya pribadi – bisa jadi anda juga-, tidak asing dengan HalloBCA. Namun, perjalanan HalloBCA menjadi the best contact center in the world, pasti tidak semua orang mengetahui. Melalui buku ‘Journey to Find Happines in HalloBCA,’ bisa membantu menjawab rasa penasaran masyarakat awam. Sekaligus pembaca bisa menyerap inspirasi, semangat dan perjuangan tanpa kenal menyerah.

Sungguh saya tercerahkan, bahkan ketika baru membuka bab ‘Pendahuluan.’ Rupanya kunci sukses HalloBCA, terinpirasi dari hidup burung elang. (oo, ini alasan dibalik pemilihan maskot HaloBCA—saya manggut-manggut).

"Berapa ‘jatah’ hidup elang?" Hanya empat puluh tahun. 
Pada titik umur itu, sayapnya sudah terlalu berat dengan bulu, paruhnya memanjang hingga menusuk dada, dan cakarnya merapuh. Tidak mampu terbang tinggi, menyambar buruan tidak lagi mudah dilakukan, bahkan merobek daging buruan pun menjadi, sesuatu yang menyakitkan dan menyulitkan.

Elang punya dua pilihan, menunggu tubuhnya menjadi renta dan rapuh lantas mati, atau ‘menyiksa diri’ untuk menjadi makhluk nyaris baru.
Elang adalah simbol ketegaran, kemauan bertahan hidup tertinggi. Ia tidak mau menyerah pada keadaan, Ia paksakan terbang tinggi menuju puncak gunung, menyepi di tepi jurang dan tinggal di sana untuk satu perubahan diri yang sangat menyakitkan selama 150 hari.

Membaca bab awal, saya terpana dan tercabik rasa penasaran. Seperti menyaksikan bioskop, kisah seorang pendekar rela mengasingkan diri untuk sebuah proses panjang. 
Proses yang tidak mudah dijalani, membutuhkan berlipat kesabaran, selaksa ketekunan dan menghalau segala tantangan. Hingga menjumpa tantangan sejati, yaitu mengalahkan (ego) diri sendiri.

Spirit struggle si burung elang, menjadi inspirasi HaloBCA dibawah kepemimpinan Wani Sabu, Executive Vice Presiden of PT Bank Central Asia, Tbk.
tidak mengapa, sakit sejenak untuk sehat lebih lama. Saya hanya perlu sedikit lebih tebal telinga dan mungkin tebal muka saja pada awal membangun HaloBCA.Yang penting Visi saya clear. Bahkan sangat detil, berwana, tidak abu-abu dan sangat focus’ ujar Wani Sabu di halaman xxiii.
Grand Launching Buku 'Journey to Find Happines in HalloBCA -dokpri

Membalik ke halaman berikutnya, pembaca akan siap diajak mengarungi satu dekade perjalanan HaloBCA. 
Selembar demi selembar jangan terlewat, resapi makna perjuangan, hingga sampai pada satu titik membanggakan, meraih predikat ‘The best contact center in the world.’

Buku inspiratif berisi 19 bagian, mengupas bagaimana HaloBCA mulai dari titik nol, yaitu dari bab ‘Musim Kemarau BCA’. 
Imajinasi saya dibawa pada satu kondisi, HaloBCA sedang berada di titik terendah dalam suasana gersang.

Sebuah foto  terpajang di halaman 9, memperlihatkan kondisi ruangan HaloBCA pada tahun 2006. Tampak ruangan lengang , dengan meja kosong disekat partisi, hanya tampak satu kepala menonjol dibalik partisi. Dari gambar terpasang, pembaca bisa menangkap pesan tersirat. Bahwa musim kemarau itu, sedang melingkupi HaloBCA.
HalloBCA 2006 

Hingga tiba pada keputusan direksi, menunjuk Wani Sabu menggawangi HaloBCA. “salah saya apa?” protes perempuan (saat itu)  di divisi audit, mendapati dirinya dipindahkan ke divisi ‘buangan’ ini.

Adalah Armand Hartono, Head Coach of HaloBCA, deputi President Director of PT Bank Central Asia, Tbk. Orang yang memiliki andil besar, mendorong seorang Wani Sabu, yang dikenal berani untuk membesarkan peran HaloBCA.

"semua yang terkait dengan layanan customer adalah fondasi keberhasilan perusahaan, termasuk contact center. Mau tahu seberapa berhasil BCA, ukurlah kinerja HaloBCA,’"(halaman x)

Secara keseluruhan, buku ini berisi kumpulan proses coaching Armand. Melalui bab demi bab. Terkisahkan secara detil di balik layar HaloBCA. Sementara Wani Sabu, adalah orang sangat berperan, dibalik perjalanan transformasi HaloBCA.

Journey to Find Happines in HaloBCA,” bukan buku biografi tentang satu individu, namun buku ini mewakili jejak langkah yang telah dilalui oleh segenap tim dan manajemen HaloBCA sendiri’ tambah Wani Sabu.

Kita yang ingin sampai pada titik sukses, tidak ada salahnya mengondisikan diri pada situasi ‘Dipaksa Terpaksa Terbiasa’. Bab kelima,  mengisahkan Wani Sabu mulai menemukan ‘klik’ di HaloBCA. Prinsip ‘Dipaksa Terpaksa Terbiasa’ menjadi prinsip sederhana Wani Sabu, membersamai masa penerimaan akan dirinya di divisi HaloBCA.

Bab demi Bab mengalir begitu natural, hingga sampai pada Bab ‘High Quality People’, ‘Work’n Roll’, ‘Delivering Happines’, ‘ Champion is Our Life’, ‘Tebarkan Spirit Melalui Maskot’, ‘End to End Service’ sebagai periode titik balik HaloBCA.

Gebrakan demi gebrakan terus digencarkan Wani Sabu dan team, hingga speed kinerja di HaloBCA menjadi bertenaga. 
Saya tidak akan membocorkan semua melalui tulisan ini, karena feel di buku ini, akan terasa kalau anda membacanya sendiri.

Membaca buku perjalanan sepuluh tahun HaloBCA ini seperti saya membaca sebuah buku harian seorang leader, sebuah catatan yang tersimpan amat rapat, yang bahkan saya sebagai CEO hanya bisa menebak sekian lama, Hal yang tampak di depan mata saya adalah tiga kata: berubah, bahagia, dan menang. Sedangkan rahasia dibaliknya sangat rapi tersimpan selama satu dekadeJahja setiaatmaja, President Director PT Bank Central Asia, Tbk.

The Leader at HaloBCA are amazing people – having sat down with them at all leaves from the front line to the CEO, I can vouch for their passion, their energy, their drive and our course their commitment to the world class performance. We as the Global Association for the contact Center & Customer Engangement Best Practise are proud to have them as members and grateful for their innovation and vision.” Raj Wadhhwani, Presiden Contact Center World
koleksi pribadi


Judul Buku : Journey to Find Happines in HaloBCA – Transformasi satu Dekade HaloBCA 2007 -2017
©Wani Sabu – Anang YB
Penerbit ; Grasindo
Editor : Mira R
Tebal ; 300 halaman
Penata isi ; POJOK STUDIO
Desain Kover : Dyandha Putri
Tahun Terbit : 2018

20 komentar:

  1. Terima kasih untuk nukilan dan ulasannya ... Salam kenal.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk nukilan dan ulasannya ... Salam kenal.

    BalasHapus
  3. Sebagai nasabah BCA, aku juga puas dengan pelayanan staff mereka. Helpful banget emang.

    BalasHapus
  4. Aku perhatiin banget perkembangan HaloBCA ini dan baru tahu ada bukunya. Thanks mas, nanti coba ku cek-cek :)

    BalasHapus
  5. aku nasabah BCA sejak 2005 mas. alhamdulillah masih loyal hingga sekarang sama BCA, atm nya dimana2 trus mbanking dan internet bankingnya juga user friendly banget

    BalasHapus
  6. Sebagai nasabah BCA aku puas banget dengan pelayanan nya. Aku juga pake mbangking untuk keperluan sehari-hari. Sukses terus deh buat BCA

    BalasHapus
  7. Meskipun belum menjadi nasabah BCA, tp kalau melihat kemudahan dan kenyamanan transaksinya memang saya akui, dua jempol deh

    BalasHapus
  8. Dibalik kebesaran nama BCA sekarang ini nyatanya ada perjuangan yang bs ditelusuri dari buku ini buat diambil pembelajarannya. Kereeenn

    BalasHapus
  9. Keren prestasinya, tapi beneran the best in the world? Ada penilaiannya ya?

    BalasHapus
  10. Udah berapa lama ya aku jadi nasabahnya. Udah lama banget deh pokoknya.
    Dulu wajib bikin itu pas kerja, buat gajian. Hehhe

    BalasHapus
  11. Lgsg cus ke toko buku buat cari buku ini..

    BalasHapus
  12. Suka sama buku nya. Bagus, menginspirasi. Bisa membaca pemikiran seorang visioner dan bisa melihat bagaimana seorang leader memimpin. Recommended bgt bukunya! Saya udah baca.

    BalasHapus
  13. BCA itu pelayanannya Joss banget. internet banking juga easy user

    BalasHapus
  14. Pasang surut bca merupakan kehidupan menuju babak baru yang akan mengantarkan jadi pemenang

    BalasHapus
  15. BCA udah jadi prioritas kalau mau bikin rekening, layanannya cepat!

    BalasHapus
  16. wohooo BCA dpt gelat The Best Contact Center In The World? Hebaaaaaaat ... congratssss!!! Keknya bukunya inspiring ya. cari aaaaah ...

    BalasHapus
  17. Entah la yah, aku dari dulu suka dengan pelayanan BCA, mudah, cepat dan terpercaya. pertama kali menabung jaman SMP dulu ya di BCA, walaupun nabungnya cuma dikit, yaahh sebesar apa sih uang saku anak SMP, tapi pelayanannya tetap baik dan ramah.

    BalasHapus
  18. Luar biasa ya filosofi yang di ambil Hallo BCA. Yang aku ingat adalah cepat banget responnya berkaitan dengan kartu hilang step by step agar costumer aman langsung terasa.

    BalasHapus
  19. Saya termasuk nasabah sejak duduk di bangku smp, jd penasaran dengan bukunya. Puas bnget dengan pelayanan BCA

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya