27 Jun 2020

Halodoc ; Mudahnya Mencari Rumah Sakit Terdekat untuk Rapit Test

Dokumentasi Pribadi

Saya yakin, nama Halodoc sudah sangat familiar. Selama ini, saya dan keluarga berusaha dengan sungguh untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Makanya dibuat ketinggalan informasi, bahwa halodoc update layanan aktual. Terkait layanan, yang ada hubungannya dengan Covid-19.

--------

Ya, masa pandemi ini, membuat kita semua dituntut ekstra waspada. Menjaga diri dan keluarga, agar tetap sehat lahir batin, agar terhindar dari stres dan dilapangkan kesabaran.

Saya pernah mengalami hal tak mengenakkan, ketika suatu hari badan ini merasa capek dan lemas. Pikiran saya dan istri sempat kawatir, terjadi hal- hal tidak diinginkan.

Saya mengisolasi diri sembari merunut kegiatan, dari pagi sampai sore pergi kemana dan bertemu dengan siapa.

Saya berusaha mengingat-ingat secara detil, apakah berjabat tangan atau terjadi body contact saat berinteraksi dengan orang lain.

Jawabnya, “Tidak”.

Selama bepergian saya memakai masker, memakai sarung tangan, membawa hand sanitiser, celana panjang dan sepatu tertutup pun jaket tebal.

Di rumah, istri sangat patuh menerapkan protokol kesehatan. Tersedia sabun cuci tangan cair di teras, saya dan anak-anak sampai hapal cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

Pun baju untuk pergi musti dirangkap dua, sebelum masuk rumah baju luar digantung di teras supaya kena angin.

Malam itu saya tak beranjak dari ranjang, mengurangi interaksi dengan istri dan anak-anak, kemudian tidur lebih awal (selepas isya).

Keesokan hari ketika pagi tiba, saya stop berkegiatan keluar rumah. Seharian ngumpet di kamar, sesekali keluar kalau perlu makan atau ke kamar mandi.

Apa yang terjadi di keluarga saya, sangat mungkin dialami atau dirasakan keluarga lain. Mengingat virus covid-19, cukup gesit “menyerang”  orang dengan daya tahan tubuh lemah.

Dan satu hal lagi, sebagian besar kita (mungkin) masih kebingungan. Mencari rumah sakit, yang menyediakan layanan Rapid Test Covid-19.


dokpri

------

Siang itu, di Facebook Group Tangsel cukup riuh. Membahas kabar tengah beredar, bahwa wilayah Tangsel termasuk zona merah covid-19.

Ibu Walikota berserta jajaran, bergegas mengadakan zoom meeting, dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat Tangsel.

Saya mengikuti melalui Youtube, Ibu Walikota dengan suara parau memohon dengan sangat. Kepada seluruh warga Tangsel, untuk menahan diri tidak keluar rumah dan patuh protokol kesehatan.

Di beberapa website terpercaya, merilis data nama kecamatan (di Tangsel) lengkap dengan jumlah ODP (orang dalam pantauan) dan PDP (Pasien dalam Pantauan).

Sebuah video viral, lokasi khusus bagi jenazah yang meninggal karena covid-19. Orang di video menceritakan, kalau saban hari ada saja yang dimakamkan. Melihat video ini, kami semakin bulat tekad tetap bertahan di dalam rumah.

Warga Tangsel, Rumah sakit mana ya, yang menyediakan fasilitas Rapid Test?” Sebuah pertanyaan muncul di kolom komentar FB Tangsel.

Halodoc : Mudahnya Mencari Rumah sakit Terdekat untuk Rapit Test

Pertanyaan di kolom komentar FB Group Tangsel, menurut saya (sebenarnya) tidak perlu ada. Kalau kita akrab dengan gawai atau teknologi, jawaban itu tidak susah dicari.

Halodoc, menyediakan jawabannya !

Begitu membuaka laman utama, bisa kita lihat flyer kotak warna merah “Buat Janji Tes Covid-19 Lewat Halodoc” silakan klik “Daftar Sekarang”.

Kemudian kita sampai di halaman baru, di bagian atas terdapat “Cari Lokasi” silakan diketik lokasi yang sesuai kebutuhan.

Saya langsung mengetik “Tangerang Selatan”, maka muncul nama-nama rumah sakit yang menyediakan layanan covid test terdekat (sebagian disertakan harga).

Seperti RS Premier Bintaro, RS Omni Alam Sutra, RS Islam Shobirin, RSIA Bunda Citra Ananda,  RS Mitra Keluarga.

Tangkapan Layar- dokpri

 

Saya memilih Rumah Sakit Bunda Citra Ananda, selanjutnya diminta memilih jadwal janji dokter. Selanjutnya  memilih hari dan jam, yang sekiranya bisa ditunaikan.

Setelah menentukan hari dan jam, selanjutnya kita diminta mengisi nomor telepon, untuk kemudian ditindaklanjuti rumah sakit yang dipilih.

Melalui Halodoc, ternyata sesederhana itu mencari informasi Rumah Sakit terdekat, yang menyediakan layanan Rapit Test.

-----


Saya bersyukur, setelah dua hari terus di rumah dan memperbanyak jam tidur. Pada hari ketiga stamina pulih seperti sediakala, tetapi saya menahan diri tidak keluar rumah.

Mengisi waktu di rumah, dengan olahraga sebisanya, membaca buku, banyak menulis dan tentu saja menunaikan pekerjaan sebelum deadline tiba.

Berharap covid-19 segera berlalu, kita semua dalam kondisi sehat. Sehingga bisa beraktivitas, dan lebih produktif dibanding sebelumnya. Salam sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya