19 Sep 2019

Seru Pasti, Reunian Sambil Nonton Bareng Film “Bebas”

dok milesfim

Acara Pres Screning film Bebas, benar-benar berhasil membawa imajinasi saya (bisa jadi yang lain juga) pada suasana di tahun 90-an. Saya masih berseragam abu-abu putih (ketauan umur deh), jadi cukup hapal kebiasaan dan tren apa yang terjadi pada periode tersebut.
Film Bebas, film produksi terbaru dari Miles Film, diproduseri Mira Lesmana dan disutradarai Riri Reza. Kolaborasi Miles Film dan CJ Entertainment bersama Indeosource Entertainment dan BASE Entertainment.

Jujur, kali pertama membaca dan mendengar judulnya, saya langsung ingat lagu dengan judul yang sama. Tebakan saya terkuatkan, ketika di scene awal lagu terkenal di era itu menghiasi layar bioskop. Kemudian seperti sebuah parade lagu-lagu terkenal ada di film Bebas, ada lagu dari Dewa 19, Kahitna dan lain sebagainya.
Btw, saya jadi kangen dengan group band “Singiku”, gara-gara lagu hits miliknya ada di film ini (kemana ya sekarang band Singiku). Serta banyak lagu hits lainnya, bagi anak muda dijamannya biasa request melalui radio.

Film Bebas sendiri, berkisah tentang dua masa dalam hidup Vina (diperankan Marsha Timothy) dan Vina remaja (diperankan Maizura). Penonton, diajak melihat dua jaman (tahun 90-an dan 2019) tetapi dicreate sedemikian rupa, sehingga memiliki benang merah yang sama.
Lagu diputar mewakili scene yang sedang terjadi, misalnya ketika scene jatuh cinta, penonton diajak menikmati lagu tentang cinta. Pun ketika sedang gundah, diajak mendengarkan lagu irama mendayu dengan aransemen yang sangat mendukung.
dok milesfilm

Maka saya tidak terlalu kaget, ketika di deretan kursi depan, belakang dan samping, turut bernyanyi lagu yang tidak asing di pendengaran ini. Dan yang membuat film Bebas makin keren, adalah bertabur bintang, mulai pemain utama, pemain pendukung sampai cameo sekalipun.

Saya ingin perasaan bahagia, haru, seru, dan gemas yang banyak disebut oleh teman teman saat menyaksikan Film BEBAS di pemutaran khusus yang lalu, bisa turut dirasakan masyarakat seluas-luasnya.” ujar Produser Mira Lesmana.
Sejak awal saya sudah membayangkan BEBAS adalah film yang menantang sekaligus menjanjikan sebuah kesempatan untuk membuat film yang baik. Ada begitu banyak karakter, momen dramatis, lucu, hingga mengharukan. Proses produksi menjadi kolaborasi yang menyenangkan dengan orang-orang terbaik perfilman kita. Melihat reaksi yang telah menonton sungguh menyenangkan,” kata sutradara Riri Riza.

Sinopsis
Vina, remaja SMA berasal dari sebuah kota kecil di Jawa Barat, baru saja pindah ke SMA Negeri di ibu kota Jakarta. Hari pertama di sekolah, saat berkenalan Vina ditertawakan karena logat bicaranya dan juga diintimidasi oleh seorang siswa cowok.
Beruntung, Vina ditolong dan dibantu empat cewek dan seorang cowok yang disegani di sekolah. Mereka adalah Kris (Sheryl Sheinafia), Jessica (Agatha Pricilla) suka dandan dan menggemaskan, Gina (Zulfa Maharani) cewek pintar dan paling bersemangat, Suci (Lutesha) gadis cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) satusatunya cowok dalam pertemanan mereka.  Vina menjadi bagian dari mereka, yang kemudian dikenal dengan GENG BEBAS.
 Setelah dewasa, masing masing anggota gengs punya kehidupan sendiri-sendiri. Tanpa sengaja, Vina dewasa (Marsha Timothy) bertemu dengan Kris dewasa (Susan Bachtiar) di rumah sakit. Kris yang divonis hidupnya tidak lama lagi, minta Vina untuk mengumpulkan kembali Geng Bebas agar ia bisa bertemu untuk terakhir kali. Upaya Vina mencari kembali satu persatu sahabatnya, Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia), dan Suci yang misterius, menjadi drama yang mengaduk aduk emosi. Membawa penonton, memahami akan kisah cinta, patah hati, dan pertemanan yang abadi.

------
 
milesfilm
Tak hanya lagu era 90-an, ada sebagian yang terkenal di era 80-an. “Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menentukan lagu-lagu yang ada dalam film ini. Begitu juga dengan nama karakter utama pendorong cerita, yaitu Vina dan Kris,” ujar Mira Lesmana, yang juga penulis skenario Film BEBAS, “Saya dan Riri akhirnya sepakat menggunakan 10 lagu nostalgia dari era ’80-an dan ’90-an dalam cerita film BEBAS. Lagu-lagu tersebut harus dapat mewakili rasa dan mendukung alur cerita.”


Kalian yang penasaran, tunggu tanggal main film Bebas di bioskop terdekat, akan diputar serentak pada tanggal 3 Oktober 2019. Kalau mau kepo, silakan mampir ke  Hashtag : #FilmBebas ,  Twitter : @milesfilms , Facebook : Miles Films , Instagram : @milesfilms , YouTube : Miles Films dan Website : milesfilms.net
dokpri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya