14 Sep 2019

Tampil dengan Wajah baru, Website SETKAB.GO.ID Usung Tema “Milenial Berwibawa”

warga net dalam acara peluncuran web setkab.go.id - dok WAG

Kalau saya ditanya, apa yang terlintas di benak kesan tentang website lembaga pemerintahan secara umum. Hmmm, menurut saya nih, bahasanya terlalu formal dan baku, tampilannya (maaf ya) kaku dan monoton, kalau membaca bawaannya jadi serius.
Dan saya nggak terlalu yakin, millenials bakal tertarik dan betah mantengin website lembaga atau instansi pemerintahan secara umum.

Mungkin tidak millenials saja, saya dan mungkin masyarakat kebanyakan, juga cepet bosan dengan website yang kemasan informasi dan wajah lamannya kurang akrab dan terkesan kaku.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI), Prof. Dr.Ing. Bacharuddin Jusuf (B.J.) Habibie, di RSPAD, Jakarta, Rabu (11/9) sekitar pukul 18.05 WIB.
“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Bangsa Indonesia kehilangan salah satu guru bangsanya, Profesor Habibie,” Kata Seskab saat ditemui di ruang kerjanya usai melayat di rumah duka di kawasan patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9) Siang.

Entahlah, membaca dua paragraf pendek ini, saya merasakan ada feel yang berbeda, saya cuplikkan dari kabar yang ada di website milik Sekretaris Kabinet. Meskipun masih ada kesan formal, tetapi beberapa pemilihan kalimat terkesan lebih ringan dan terasa santai.
setkab.go.id-dokpri

------

Rabu 11/9’19, di Aula serbaguna gedung Sekretariat 3 Kementrian Sekretariat Negara RI,  telah diluncurkan wesite setkab.go.id dengan tampilan wajah baru -nya. Sebagai instansi pemerintah di Lingkungan Lembaga Kepresidenan, Sekretariat Kabinet terus berupaya memperbaiki layanan kepada masyarakat khususnya di bidang layanan informasi.

Tujuan pembaruan tampilan ini, selain agar lebih mudah diakses dan ramah digital, juga menjangkau dan menarik minat segmen milenial. Seperti kita ketahui, milenial adalah market potensial, sangat akrab dan update dengan kemajuan teknologi informasi.
Mileneals pula yang sepuluh atau duapuluh tahun yang akan datang, mengisi posisi strategis menentukan perjalanan bangsa ini. Indonesia diprediksi, akan mengalami bonus demografi pada 2035, millenials perlu dipersiapkan sedari sekarang.

Mak tak berlebihan, jika setkab.go,id mengedepankan prinsip “One Stop Information” yang berkaitan kegiatan yang ada di dalam Kabinet, dan diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada publik atau masyarakat melalui pemberitaan.
Selaras dengan disampaikan Ratih Nurdiati, Wakil Sekretaris Kabinet, Kementrian Sekretaris Negara RI, dalam sambutannya, bahwa selama proses pembaruan laman, team selalu diingatkan bahwa transformasi website harus menyediakan informasi yang utuh. “Palugada, apa lu minta gue ada,” ujar Ratih setengah bercanda.
Ratih Nurdiati -dokpri

Nah, untuk merombak tampilan dan memperbaiki performa website, sekretariat kabinet bermtra dengan Bank Mandiri. Dan agar sentuhan milenials-nya tampak, maka dipilih tema “Millenials Berwibawa” – keren ya, sudah millenials tapi berwibawa pula.

Riduan, selaku Direktur Commercial Banking Bank Mandiri, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Bank mandiri memiliki spirit yang bernama memakmurkan negeri, yaitu semangat bahwa Bank Mandiri adalah bagian penting dari masyarakat dan negara. Jadi apa yang dilakukan saat ini, adalah bentuk dari perwujudan spirit memakmurkan negeri melalui kontribusi meningkatkan wajah baru dari setkab.go.id.
Maih menurut Riduan, tiga tujuan utama Bank  Mandiri, yaitu agar tampilan website setkab.go.id lebih friendly dan mudah diakses ; lebih lancar speednya : Website lebih secure sehingga aman dari hacker dan penyusupan informasi membahayakan.
Riduan- dokpri

Insyaallah kerjasama yang lebih baik antara Bank mandiri dan setkab RI dapat kita kembangkan untuk bidang bidang yang lain,” imbuh Riduan.

Sekretariat Kabinet berharap, dengan dengan diluncurkan website dengan citarasa dan wajah barunya, bisa menjadi wujud dari inovasi dalam Reformasi Birokrasi guna menjunjung good governance yang makin melayani kepada publik atau masyarakat.

Selamat dan Sukses !!
Ki- Ka ; Ratih Nurdiati, Farid Utomo (Deputi Bidang Administrasi), Rohan Hafas (Senior Vice President Corporate Secretary), Ridun - dokpri

2 komentar:

  1. Website pemerintah itu memang harusnya mudah diakses dan dicerna oleh milennials sih. Dan setkab udah keren banget. Tampilannya jadi kekinian ya, mas.

    BalasHapus
  2. Wah boleh juga nih Setka milenial ya wajah baru websitenya. Navigasinya gw coba mayan ya. Mudah2 informatif.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya