27 Apr 2019

Bluebird Luncurkan Mobil Bertenaga Listrik Guna Mendukung Pelestarian Lingkungan

Tampak Luhut Binsar P, Budi Karya dan Adrianto Djokosoetono bersama Silverbird dengan tenaga listrik - dok WAG

Setiap kali sampai ke lokasi sebuah acara, kali pertama ruangan yang saya cari adalah toilet. Toilet adalah tempat yang tepat, untuk berbenah diri sebelum bertemu banyak orang.
Berkendara roda dua di jalanan Ibukota, muka ini rentan terkena debu dan asap kendaraan, sampai-sampai kulit wajah berasa tebal terkena polusi.

Seandainya jalanan Jakarta minim asap hitam dari knalpot kendaraan, langit Jakarta yang biru bukan sebuah kemustahilan.
Eit’s, impian saya ternyata bukan impian kosong, sehari selepas hari Kartini, Bluebird meluncurkan Taksi dengan mobil tenaga listrik ( e-Taxi) pertama di Industri Transportasi Indonesia.

Saya yakin pasti sudah familiar dengan Taxi Bluebird kan, sebagai konsumen saya mengandalkan untuk banyak kebutuhan, paling sering saat dini hari pergi ke Bandara.
Mobil tenaga listrik (e-Taxi) armada terbaru, untuk layanan Bluebird dan Silverbird, yaitu BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D A/T.

Pada acara peluncuran mobil taksi listrik (e-Taxi) Bluebird, terasa istimewa karena dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan jajaran Kementerian lainnya.

Pada kesempatan yang sama, untuk terobosan yang keren dan solutif ini, Bluebird mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), untuk kategori penyedia taksi listrik yang pertama di Indonesia.

"Kami sangat bangga menjadi pioneer dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia”, jelas Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding.
Tahun ini, Bluebird telah lebih dari 46 tahun melayani masyarakat Indonesia, setiap konsumen pasti punya kesan tersendiri dengan Taxi berlambung burung biru ini.

“Pokoknya, Kamu jangan cari Taxi lain, selain Bluebird” pesan seorang ibu dari ujung telepon
Satu malam, saya pernah membantu seorang teman kantor (perempuan), badannya sakit dan hendak pulang ke Tangerang.
Dan menuruti pesan sang ibu, maka saya yang satu ruangan mencari taksi Bluebird, “Biar aman, Nak” tambah si ibu dengan suara yakin.

-------

Charging - dokpri

Langit Jakarta yang biru, pertanda langit ibukota minim polusi, artinya kualitas udara juga semakin meningkat dan membuat warganya sehat.
Rupanya, lingkungan yang lestari inilah, menjadi alasan (sekaligus komitmen) Bluebird meluncurkan 25 unit taksi dengan mobil listrik.

Untuk membuktikan keseriusannya, Bluebird bersama Word Wide Fun fior Nature (WWF) dan Jagha Bumi mengadakan ‘One Ride One Seed”
Setiap satu penumpang dari kendaraan taksi listrik Bluebird dan Silverbird, otomatis berkontribusi satu pohon untuk ditanam di area aliran sungai Cilliwung dan di area tengah Jakarta., diselenggarakan mulai Juni 2019 dengan target lebih dari 2000 pohon tertanam.  

Adrianto Djokosoetono, Selaku Direktur PT Blue Bird, Tbk,  menyampaikan dalam sambutannya, bahwa selain dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, pengoperasian mobil bertenaga listrik juga memberikan nilai tambah dalam program ketahanan dan bauran energi nasional, program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah. 
“rencana pengoperasian sebanyak 200 mobil lstrik hingga tahun 2020,” jelas Andrianto
Blogger with e-Taxi Bluebird - dokpri

Satu unit mobil listrik, membutuhkan waktu Charge selama dua jam untuk jarak tempuh 320 KM, menurut seorang driver dalam satu hari rata-rata mobil menempuh 300 KM.
Apabila target 200 mobil listrik tercapai, maka Bluebird membantu menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.

Pada rentang 2020- 2025 , diperkirakan ada penambahan sampai 2000 unit mobil listrik, artinya akan membantu menghilangkan 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.


Besar harapan saya, langkah mulia Bluebird diikuti perusahaan besar yang lainnya, sehingga lingkungan yang hijau, langit Jakarta yang biru sudah bukan sekedar impian.

1 komentar:

  1. kak ini kan konsumsi Batu bara semakin menipis ya, dengan adanya mobil ini semakin bkin penggunaan batu bara menipis ga sih, apa ada energi lain yg dihasilkan buat dicadangkan pada mesin pengisi mobil itu?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya