14 Apr 2019

Ornamen Bambu di Dusun Bambu Lembang Bandung

Dusun Bambu Lembang -dokpri

Siapa yang tak tahu pohon bambu ? Itu, pohon yang kerap dijumpai di daerah pedesaan, tumbuh secara bergerombol membentuk rumpun.  
Kalau di desa saya, ada mitos temurun disebarkan penduduk. Konon, pada serumpun bambu terdapat mahkluk penunggu, menguasai wilayah dan menganggu orang lewat. 


Terlepas kebenaran cerita para tetua, lama kelamaan  kisah tentang penunggu di serumpun pohon bambu lenyap. 
Tempat yang dianggap angker, kini berubah menjadi rumah penduduk, menghilangkan suasana seram yang sempat dikisahkan.

Bambu, dengan mudah bisa didapat dengan harga murah, dan kini bertransformasi dan dikreasikan bisa hadir dengan mempercantik diri. 
Melalui tangan tangan kreatif bambu disulap, menjadi benda kerajinan dan beragam fungsi bernilai ekonomi tinggi. 

Aneka perabot rumah tangga terkesan unik, ketika bambu dijadikan bahan dasar. Mulai hiasan dinding, tampah, penampung nasi, keranjang, tenggok dan lain sebagainya. 
Pada beberapa desa di lereng Gunung Lawu Jawa Timur, banyak warga tidur dengan ranjang bambu, ada juga rumah masih memakai gedeg, atau dinding dari anyaman bambu.
*****
dokumentasi pribadi

Ada satu tempat wisata di daerah Situ Lembang Bandung Barat, menamakan dirinya dengan sebutan Dusun Bambu. 
Sesuai namanya, kalau anda mengunjungi wahana wisata ini, akan melihat banyak perkakas yang dibuat dengan bahan (didominasi) bambu.

Menuju daerah Situ Lembang, saya seperti disuguhi pemandangan yang sangat indah, alam asri dengan jalan yang naik dan turun. Namun rasa lelah akan sirna, setelah memasuki area Dusun Bambu. 

Tempat wisata ini mengusung tema utama, "Dusun Bambu Family Leisure Park". Bahwa manusia dan alam menjadi kesatuan tak terpisah, tak ubah seperti ikan dengan air. 
Filosofi manusia dan alam diejawantahkan, dalam bentuk konservasi bambu. Konsep 5E yaitu Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika dan Estetika, menjadi visi yang diemban. 

Berangkat dari dasar tersebut Dusun Bambu berharap, dapat menjadi ekowanawisata pertama yang berada di Jawa Barat. 
Dusun Bambu sengaja menonjolkan family atau keluarga, karena keluarga adalah elemen terpenting dalam hidup setiap manusia. 

Asas kekeluargaan dikedepankan, setiap manusia untuk saling menghormati satu dan lainnya. Pun saling bertoleransi demi harmonisasi, termasuk dengan alam atau lingkungan sekitar. 
Dusun Bambu bertekad mensinergikan kekayaan budaya tradisional, dengan kehidupan masa kini agar "berkelanjutan".

Berada di atas lahan seluas 15 hektar, tepatnya dibawah kaki gunung Burangrang. Konon  Dusun Bambu Family Leisure Park, dulunya adalah lahan yang memprihatinkan. 
Tahun 2008 sekumpulan pengusaha Indonesia, berinisiatif memperbaiki ekosistem lahan yang rusak. Proyek Dusun Bambu dimulai menghijauan lahan yang ada, dengan menanam lebih kurang 100,000  bibit pohon.

Tahun 2012 proses konstruksi mulai dijalankan, dari kontraktor dan puluhan landscaper tercipta simphoni indah antara alam dan arsitektur. Dusun Bambu Family Leisure park selesai, dan diresmikan pada tanggal 16 Januari 2014, dihadiri berbagai pemuka masyarakat dan pengusaha serta masyarakat lokal.
****
dokumentasi pribadi

Kalau kalian ke Bandung, jangan lewatkan mampir ke dusun Bambu, untuk menikmati bangunan yang didesign dengan konsep menyatu dengan alam. 
Bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda, coba saja menikmati santap siang di atas pohon. Legenda Lutung Kasarung menjadi inspirasi menghadirkan restaurant di pohon ini. 

Restoran ini bentuknya unik, ruangan di seeting dengan rerimbunan ranting. Lutung kasaraung Restaurant menyajikan aneka menu, ala international atau tradisional sunda. 
Dari tempat bersantap menu pilihan, pengunjung bisa menikmati panorama alam yang indah, seperti pegunungan, hijau pepohonan, dan danua yang jernih.

Bagi pengunjung yang ingin bersantap dengan lesehan, tersedia Restauran Purbasari, yang ada dipinggir danau dan berderet, dibangun dengan konsep gasebo menawarkan aneka kuliner sunda.

Ada lagi, Pasar Katulistiwa tempat belanja sayur dan buah, berdekatan dengan arena permainan agar anak-anak tidak bosan dan rewel.
Sarana berpetualang disediakan, seperti bersepeda gunung, berkebun bagi anak anak, berlayang layang, dan kegiatan fisik menyenangkan lainnya.

Yuk, ke Lembang Bandung dan berkunjung ke Dusun Bambu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya