4 Nov 2018

Revolusi Energi Tanpa Fosil Melalui Baran

beberapa berita tentang kenaikan listrik - koleksi pribadi

PT. PLN (Persero) hingga kuartal III- 2018 merugi hingga Rp.18,48 trilliun. Kerugian ini, menurut Direktur Utama PLN, Sofyan Basyir adalah kerugian di atas kerta alias kerugian yang belum teralisasikan (unreallized loss). Di periode yang sama tahun lalu, PLN masih mengantongi labar bersih Rp.3.05 trilliun.  (sumber Beritagar.com, 1 Nov 2018)

Direktur Keuangan PT. PLN (Persero) Sarwono Sudarto mengatakan, penguatan mata uang Dolar AS akan turut mendorong Biaya Pokok Penyediaan (BPP) Tenaga Listrik. “BPP otomatos naik, tapi kami akan lakukan efiensi lain, yang penting harga (tarif) listrik tidak naik” ujar Sarwono kepada media saat dijumpai di Kantor Pusat PLN, Jakarta Senin (20/8/2018) ( sumber CNBC Indonesia, 20 Agustus 2018)


Sebagai masyarakat sekaligus pelanggan PLN, telinga ini otomatis melebar, ketika mendengar kabar rencana kenaikan tarif dasar listrik.
Bagaimanapun, listrik (seperti halnya BBM) menyangkut hajat hidup orang banyak. Sehingga berapapun kenaikan harga, otomatis mempengaruhi harga lainnya.

Bisa nggak ya, suatu saat kita bebas bayar tagihan listrik ?
Tidak perlu pusing, ketika membaca mendengar berita perihal kenaikan tarif dasar listrik.  Hidup bisa lebih tenang, lebih produktif. Bisa mengerjakan hal lain, berbuat lebih demi kemanfaatan orang banyak.

BISA” tegas Victor Wirawan, CEO/ Owner PT. Aldebaran Rekayasa Cipta
Victor Wirawan - dokpri

***

Kalian pasti familiar, dengan nama Wright bersaudara dong. Kakak beradik itu adalah Orville Wright dan Wilbur Wirght, dikenal sebagai perancang pesawat terbang efektif pertama.

Dua bersaudara ini, orang yang kali pertama membuat penerbangan terkendali, menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat dari udara.

Satu contoh nama lagi, Henry Ford pendiri Ford Motor Company. Beliau adalah orang, yang pertama kali menerapkan sistem produksi ban berjalan, dalam sebuah produksi mobil massal yang terjangkau harganya.

Baik Wright bersaudara maupun Henry Ford, mereka hidup pada masa pergantian abad XIX ke abad XX -- masa yang masih belum mengenal istilah digital.

Saya bisa membayangkan, bagaimana reaksi manusia saat itu, ketika mendengar ide di luar nalar, pemikiran yang dianggap nyeleneh dan tidak masuk logika.

Seorang bankir  saat itu, menyangkal gagasan Henry Ford, dengan menyakinkan bahwa kereta kuda adalah kendaraan abadi dan tidak terganti.

Andai saja saya, anda dan atau kita semua, hidup pada masa akhir abad XIX (satu jaman dengan Wright atau Henry), bisa jadi termasuk orang yang tidak mempercayai.

Mana ada besi bisa terbang, mana ada besi bisa berjalan,” mungkin seperti itu nyinyiran terucap.

Pun, dengan gagasan bebas tagihan listrik sampai puluhan tahun ke depan. Mungkin saja lho, satu diantara (misal) 10 orang, tidak meyakini hal terlihat mustahil tapi keren ini bisa terjadi.

Saya ingat pesan baginda Nabi, (lebih kurang) “menghadapi orang yang sangsi dengan ide atau gagasan kita, caranya bukan dengan mendebat tapi dengan bekerja dan tunjukkan karya sebagai pembuktian gagasan tersebut”.
  

Aldebaran – Light up Your World


Melintasi jalanan di BSD City, saya cukup dimanjakan dengan lalu lintas yang relatif lancar, pepohonon teduh bebas polusi, serta tata kota yang tertib dan teratur.

Memasuki kawasan Foresta, saya berhenti di loft 1 no 17, sebuah ruko yang nyaman dan rindang. Dan nomor 17 adalah kantor PT Aldebaran Indonesia (selanjutnya saya sebut Baran)

Baran adalah, solusi atas energi terbarukan bisa untuk konsumsi, rumah tinggal, real estate, Mini Power Plants, kendaraan.
Baran - materi presentasi

Indonesia masa kini, punya tiga problem lazim terkait energi yaitu ; Harga Listrik terus naik (10% - 15% per-tahun), Listrik sering mati, Lingkungan dan polusi.
Pemerintah Indonesia sendiri menggelontorkan dana subsidi listrik, (saat ini) sebesar Rp.118 trilliun per-tahun, angka yang sangat fantastis pastinya.

Revolusi industri 4.0, yang akan merubah tatanan industri, kalau di Amerika ada Tesla maka di Indonesia ada Baran” jelas Victor, pada acara Blogger Gathering di kantor Baran.

Meyimak pemaparan Victor Wirawan, saya bisa merasakan getaran semangat dan optimisme yang kuat.
Komitmen sang pendiri Baran tidak setengah-setengah, bertekad ingin merealisasikan ide revolusi (melalui Baran) dengan penuh kecintaan dan kesungguhan.

Pahami apa yang akan dikerjakan, agar menghasilkan sesuatu yang luar biasa,” tambah Victor.

Mengenal Baran Power


Baran Power, diyakini Victor menjadi solusi dan musabab, orang tidak lagi tergantung dengan energi konvensional.
Dari sisi biaya, Baran bisa bertahan sampai 20 tahun secara konstan, sementara electric konvensional umumnya naik 10% – 15 % per tahun belum termasuk inflasi.
Victor bersama Baran -dokpri

Baran Power mengusung tagline, Life Style, Simple, Powerfull. Dalam satu Baran Power, menyimpan daya 8800 watt (yang terdiri 600 baterei).
Saat ini Baran Indonesia terbagi dalam tiga bagian, yaitu Baran Powerwell, Baran Ev dan Baran Cube (kita bahas satu persatu ya). 

Baran Powerwall, 
Baran Powerwall, bisa ditempel di dinding. Sanggup menyimpan cahaya matahari, melalui perantara solar panel, hanya dalam waktu 4 jam dalam kondisi cuaca terik.
Sementara kalau cuaca sedang mendung, cahaya yang ada dari alam masih bisa disimpan dalam Baran Powerwall (bedanya waktu penyimpanan energi lebih lama).
Baran Pwerwall - kotak putih yang menempel di dinding- materi presentasi

Energi yang disimpan di Powerwall, bisa digunakanan sebagai pengganti penggunaan listrik, baik pada siang hari maupun malam hari. 
Nah dari sini, muasal kita bisa bebas tagihan listrik bulanan. Karena kita bisa mengandalkan Baran Powerwall, untuk menggantikan kebutuhan energi listrik konvensional.

Spesifiction Baran Powerwall
Usabel Capacity : 8800Wh
Scable : up to 4 ( depend on inventer capability)
Battery : Based on lithium ion technology, fully managed and liquid cooled.
Dimension
100 x 60 x 20 I'm
with Internet of Thinks (IoT) system,  sebagai sistem pemantau kondisi powerwall

O’ya, karena ditempel di dinding, maka Baran Powerwall bisa berfungsi sekaligus sebagai aksesoris didalam ruangan. 
Nantinya casing Baran Powerwall, akan diberi sentuhan design yang menarik agar bisa menyatu dengan suasana ruangan.

Baran Cube :
Dirancang oleh ahli profesional, dimanfaatkan dalam skala besar seperti real estate, property developer, area industri, area pertambangan serta area perkebunan.
-Menurut Victor, dalam waktu tidak lama lagi akan dilaunching baran property, yaitu sebuah kawasan hunian di dalamnya sudah menggunakan Baran-
materi presentasi

Baran Ev : diaplikasikan untuk teknologi terbaru motor listrik dan teknologi baterai pak (atau kendaraan super dengan tenaga kistrik). 
- Waaw, pada bagian ini saya tidak sabar, punya kendaraan dengan energi cahaya.-
materi presentasi

***
Beri Aku Sepuluh Pemuda, Maka Akan Kuguncang DuniaPresiden Sukarno

Kalau sekilas menilik sejarah, setiap masa berlangsung selalu terdapat peranan pemuda yang begitu menonjol.
Perhatikan saja, dari momentum sumpah pemuda, detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, masa Reformasi dan masih banyak kejadian penting lain, selalu ada peran pemuda.
  
Kepada para pemuda inilah, tampuk peradaban bangsa akan diteruskan. Para pendahulu telah melatakkan pondasi perjuangan, kemudian semangat kemajuan itu yang musti dijaga.
Revolusi pemanfaatan energi tanpa fosil, saat ini telah ada dihadapan. Victor Wirawan melalui inovasi Baran, sepenuh hati bekerja untuk kemanfaatan bersama.


foto session usai Baran Blogger Gathering - dok WAG

Pada ujung acara Blogger Gathering Baran, saya jadi tertular virus semangat berbagi. Buktinya, saya mencoba membagi cerita inspiratif tentang Baran melalui artikel sederhana ini.
Pepatah bahasa arab mengatakan “Khairunnas Anfa Uhum Linnas” artinya “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya” 

Yuk, berlomba-lomba berbuat kebaikan demi kemanfaatan bersama. Baran ,  Lifestyle, Simple, Powerfull. ( IG @baranenergy  @victorwirawan )


2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya