11 Nov 2018

PrinterQoe Solusi Nge-print Cepat Praktis Berkualitas


Launching Aplikasi PrinterQoe (ki-ka : Halim Wahyono, Fanda Vionita, Adi Vidiyanto- dokpri


Satu saat, saya pernah dibuat kesal sekaligus menyesal. Waktu itu sedang ada keperluan nge-print naskah novel (untuk dikirim ke penerbit), setebal nyaris tiga ratus halaman.
Saya nge-print, di jasa fotocopy dengan harga perlembar lebih mahal, dibanding dengan tempat lain dengan kualitas yang sama (hal ini saya sadari setelah selesai).

Selisihnya memang tidak banyak (kalau dihitung perlembar), tapi kalau dikalikan sekian ratus lembar, nominal yang saya keluarkan lumayan juga.
Lokasi nge-print di daerah perkantoran, saat saya datang petugas melayani pelanggan yang lebih dulu datang, jadi saya musti nunggu (padahal waktu saya tidak banyak).

Setelah menerima hasil cetakan, saya cek dan mendapati beberapa lembar hasilnya buram (tintanya tidak jelas) sehingga diulang pada halaman tersebut.
Dari pengalaman tersebut, setidaknya saya mencatat tiga pengalaman tidak mengenakkan. Yaitu harga lebih mahal, antre lama (karena sedang banyak pelanggan), kemudian hasilnya tidak memuaskan.

Kejadian tersebut saya ceritakan, ternyata pernah dialami seorang kenalan. Atau bisa jadi, anda pernah mengalaminya serupa ?.
Jasa percetakan Jakarta dan sekitarnya, yang masih mengandalkan sistem manual, biasanya rentan mengalami masalah seperti kisah saya.

****

Era digital tengah berlangsung, kehadirannya sangat menguntungkan manusia modern. Bagaimana tidak, nyaris semua kebutuhan terpenuhi berkat kehadiran aplikasi.
Mulai berangkat kerja di pagi hari, siang hari di kantor, sore pulang kantor dan jelang malam sampai rumah, semua urusan bisa diselesaikan cukup dari layar smartphone.

Konsumen semakin punya keleluasaan, untuk memilih layanan bereputasi baik. Dengan mudah bisa membandingkan harga, untuk satu jenis layanan dengan kualitas yang sama.

Termasuk urusan print, kini sudah ada layanan dalam bentuk digital printing. Adalah aplikasi PrinterQoe, sebuah online printing marketpalce terbesar, menghubungkan pelanggan dengan penyedia jasa cetak dokumen berkualitas dan terpercaya.

Pada penghujung bulan Oktober 2018, bertempat di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan, saya hadir pada peluncuran aplikasi PrinterQoe.

Halim Wahyono, selaku Komisaris PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Astra Xprints selalu berinovasi dalam menciptakan layanan demi produktifitas yang memberikan kontribusi positif melalui PrinterQoe.
Melalui aplikasi PrinterQoe, pelanggan dimungkinkan melakukan order cetak dengan cepat, praktis dan berkualitas, kapanpun dan di manapun. Sementara bagi penyedia jasa cetak, Astra Xprints mendorong untuk melayani pesanan pelanggan secara online.
Halim Wahyono -dokpri

PrinterQoe jelas menunjukkan keunggulannya dan dapat menjadi game changer bagi industri printing di era digital ini,” jelas Halim.

(FYI : sebelumnya AXI telah memiliki inovasi produk digital, yaitu AXIQoe, PrintQoe, CourirQoe dan SpotQoe)

***
(Laporan  Association for Print Technologies 2018) Pasar online printing dunia tahun 2023, diprediksi mencapai US$ 30.5/ 460 triliun. Pertumbuhan ini didorong, oleh perubahan perilaku konsumen, berpindah dari offline ke online printing.
Sementara di Indonesia sendiri (menurut survey IDC), 45% penyedia jasa cetak menyatakan bahwa mobile printing akan menjadi fitur unggulan, menjawab kebutuhan pelanggan masa mendatang.

Saat ini sedang terjadi tren mobile worker, orang bekerja sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang (artinya tidak harus duduk di kursi di kantor) dan waktu (tidak harus mengikuti office hour).

Jadi jangan berburuk sangka dulu, melihat orang pada usia produktif sedang kongkow (misalnya) di cafe pada hari dan jam kerja atau saat hari sudah larut.
Bisa jadi, mereka sedang membuat laporan atau penawaran atau apapun terkait pekerjaan. Mereka (biasanya) berorientasi pada hasil, bukan lagi pada sekedar kehadiran di kantor.

Nah, bagi para mobile worker, tidak mungkin kan membawa printer kemana pergi (pasti akan merepotkan). Kehadiran print 24 jam  sangat penting, untuk  mengimbangi tren tengah berlangsung.
Aplikasi PrinterQoe, sebagai upaya  mempertemukan kepentingan dua belah pihak saling membutuhkan (yaitu pengguna dan penyedia jasa cetak).

Menurut Fanda Vionita, selaku Head of PrinterQoe, Permasalahan pelanggan ketika mencetak dokumen, biasanya kesulitan mencari penyedia jasa cetak terdekat, antrian panjang, layanan dan hasil cetak tidak sesuai harapan. Sementara bagi penyedia jasa cetak, terkendala memperluas cakupan layanan secara online, tersebab penyediaan sarana dan prasana teknologi (misalnya aplikasi).

Melalui aplikasi PrinterQoe, pelanggan dapat menghemat waktu dalam mencetak dokumen yang berkualitas tanpa perlu mengantri,” ujar Fandabagi penyedia jasa cetak, PrinterQoe membantu memperluas cakupan pasar dengan memberikan layanan kepada pelanggannya secara online tanpa perlu mengeluarkan tambahan biaya ekspansi dan promosi.”

Sampai pada penjelasan ini saya merasakan, betapa kini konsumen dimanjakan dengan layanan percetakan 24 jam.
Tidak perlu lagi bingung mencari tempat print, cukup membuka aplikasi PrinterQoe dengan mudah mendapatkan jasa print 24 jam – kurang praktis apa, coba.

Eits, tunggu dulu. Selain lebih praktis dari sisi pencarian tempat print 24 jam, konsumen bisa membandingkan harga jasa cetak satu dengan yang lain.
Sehingga selain mendapat jasa digital printing jakarta terpercaya, konsumen juga bisa memilih percetakan murah dengan kualitas bersaing.

PrinterQoe hadir untuk memberikan pengalaman mencetak dokumen yang lebih baik kepada pelanggan,” tambah Fanda.

Hal ini sejalan dengan visi PrinterQoe, yaitu menjadi teman pada saat orang membutuhkan printing kapanpun dan dimanapun.
Selaras dengan misi PrinterQoe, yaitu mengubah printer experience dengan mengoneksikan berbagai printer, tanpa memberikan batasan teknologi dan brand atau merk.
launching PrinterQoe - dokpri

Saat ini PrinterQoe sudah terkoneksi, pada 1500 printer di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Target pada tahun mendatang, ingin mengoneksikan lebih banyak printer di seluruh Indonesia.

Untuk lebih memanjakan pengguna jasa PrinterQoe, sedang dijajaki kemungkinan kerjasama dengan penyedia jasa upload (seperti drop box, google drive).
Juga dikembangkan layanan delivery, serta metode pembayaran yang lebih memudahkan pengguna jasa PrinterQoe.

Bagaimana cara akses ke PrinterQoe?
Konsumen bisa akses ke www.printerqoe.com atau melalui aplikasi PrinterQoe (download gratis di Appstore dan Playstore), selanjutnya upload dokumen dan melakukan proses pembayaran, kemudian hasil print bisa diterima.

Hadir pada kesempatan yang sama, Adi Vidiyanto, Strategic Business Planning AXI dan PrintQoe Chief, serta Suhendra Marz, selaku pengamat industri printing Indonesia.

Menurut Adi Vidiyanto, PriterQoe hadir sebagai new initiatif dari layanan on demand milik AXI sebelumnya (PrintQoe dengan pelanggan corporate). Untuk melengkapi fasilitas kebutuhan cetak dokumen secara personal untuk aktivitas bisnis secara cepat di lokasi terdekat, maka dihadirkan PrinterQoe.
Ki-ka : Moderator, Fanda Vionita, Adi Vidiyanto, Suhendra Marz - dokpri

PrinterQoe kami sediakan sebagai bagian dari PrintQoe dalam mencetak agar lebih inovatif dan solutif kepada pelanggan,” jelas Adi.

PrinterQoe berpotensi memberikan kontribusi untuk pertumbuhan industri printing di Indonesia untuk mengikuti perubahan dunia saat ini yang serba online” tambah Suhendra

- Kalau ingin berkembang, maka kita harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman-

Sebuah quote pernah baca, di sebuah dinding perpustakaan. Kalimat ini menyadarkan, betapa jaman terus bergerak, kita manusiapun musti bergerak mengimbangi jaman. Teknologi digital printing, adalah sebuah bukti pergerakan itu, dan PrinterQoe adalah salah satu jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya