30 Nov 2018

Sederhanakan Sistem Management Perusahaan dengan Netsuite


Aplikasi Netsuite -dokpri


Dulu, ketika masih ngantor di sebuah media, saya musti menyediakan waktu khusus di akhir semester.
Sebagai marketing, saya mensikronkan laporan penjualan iklan bersama staf administrasi dan staf keuangan.

Ditengah chros chek laporan penjualan, tak jarang kami berdebat karena perbedaan data yang saya input dengan data yang diinput oleh bagian keuangan.
Alhasil butuh waktu tambahan, untuk mengurutkan satu demi satu angka (biasanya dengan rasa kesal dan sebalnya).

Bayangkan betapa ribet dan memakan waktu tersendiri, mengingat semua dikerjakan serba manual dengan mengandalkan program excel yang diprint di selembar kertas HVS.

Kalau mengingat kejadian kala itu sekarang, saya memaklumi juga, sebab level kecanggihan teknologi memang belum sepesat dan secanggih saat ini.

Lain dulu lain sekarang, acara Edsen Consulting Blogger dan Media Gathering, membuka pengetahuan baru, betapa semua proses (yang dulu) manual sekarang serba bisa dipangkas.

*Edsen Consulting adalah perusahaan konsultan yang memiliki layanan Netsuite sebagai salah satu layanan yang memberikan informasi berkualitas sebuah kegiatan bisnis, secara tepat waktu, akurat dan reliable melalui saluran komunikasi data.

Ya, semua bisa dipangkas mulai dari waktu pengerjaan yang berulang, dipangkas untuk mencocokan (baca koordinasi) dsta antar departemen (seperti kasus saya).
Niscaya semua proses bisnis, menjadi lebih singkat, lebih praktis dan efisien. Penyederhanaan proses bisnis tersebut, bisa ditangani oleh Netsuite.

Apa itu Netsuite?
Merupakan cloud ERP (enterprise Resource Planning) nomor satu, yang dapat menyederhanan sistem management perusahaan dan tentu saja memberikan kemudahan bagi bisnis yang sedang dijalankan.

*ERP sendiri merupakan sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan proses bisnisnya. Otimatisasi dan integrasi, mencakup beberapa aspek seperti operasi, produksi, distribusi.

Netsuite merupakan aplikasi plaform (sudah diakuisisi Oracle), untuk memanage aktifitas bisnis keseharian, mampu mengintegrasikan cor bisnis proses dalam satu platform, sehingga semua bisa mengakses secara bersamaan.
Harry Satriya Utama dan Sally Christina- dokpri

Semua fungsi departement bisa menggunakan satu platform” jelas Sally Christiana, Business Consultan, Edsen Consulting.

Karena satu platfoam, otomatis akan meminimalisasi terjadi duplikasi data. Nah di ERP juga, data selalu up to date secara real time, terdapat skema dan urutan bisnis proses secara teratur.

Menurut Sally, dengan skema dan urutan bisnis proses tersebut, maka dengan mudah akan terdeteksi, proses bisnis mana yang masih make sense atau tidak, bagian mana yang perlu diimprove, bagian mana yang masih berjalan flat, sehingga sangat membantu proses analisa dan peningkatan performance perusahaan.

Akan banyak proses manual yang bisa diotomatisasi dengan ERP sehingga meningkatkan efisiensi” ujar sally.

Kelebihan Netsuite

  • Fleksibilas : Lazimnya perkembangan perusahaan, berbanding lurus dengan perubahan sistem bisnis yang lebih efektif. Dari efektifitas ini pula, akan membantu meningkatkan kinerja bisnis, melakukan spin-off. Sehingga organisasi dengan gesit menyesuaikan perkembangan kebutuhan, sekaligus mengadopsi model bisnis baru.
  • Analisa akurat tanpa tambahan biaya : keunggulan Netsuite adalah analisis secara real-time, dengan sistem bussines Intelligence, sehingga indikasi hasil pekerjaan dengan mudah bisa diakses. Semua data penting perusahaan, bisa diakses langsung melalui Netsuite.
  • ERP dirancang untuk E-Commerce : sistem bisnis yang dinamis, adalah sistem yang dapat dicustomisasi, menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  • Cocok untuk Perusahaan Modern : karena berbasis cloud, maka membebaskan pengguna mengerjakan dari perangkat teknologi dan sistem manapun.


Mengakomodir perusahaan ketika sudah global, Netsuite bisa diakses dari manapun. Seperti misal saat ini edsen tengah mengerjakan project klien di cabang, tinggal masuk ke browser dan langsung terkoneksi.

Pada kesempatan yang sama, Harry Satriya Utama, selaku Project Manager Edsen Consulting, menambahkan, pentingnya setiap company menggunakan ERP, karena banyak kasus kerap terjadi, sales dan accounting beda laporan (persis seperti kasus saya di awal artikel).

kalau sudah menggunakan ERP, secara otomatis data akan sama, apa yang sudah dicatat sales secara otomatis akan bisa dibaca accounting,” jelas Harry

Layaknya menggunakan aplikasi yang ada di handphone, data otomatis terupdate ketika ada perubahan yang diinput. Semua pihak yang mengakses data tertentu, akan mendapatkan angka yang sama.
Penampakan Oracle Netsuite- dokpri

Sekilas Netsuite

Netsuite berdiri di California Amerika tahun Serikat pada 1998, baru dilaunching di Indonesia pada 2017 (kantor terdekat ada di Singapore). Dengan sumber daya lebih dari sepuluh ribu (lebih besar dari para pesaing), Netsuite telah digunakan lebih dari 40.000 perusahaan di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.

Netsuite membebaskan user untuk sejumlah biaya operasional, seperti anggaran untuk pengadaan jaringan, hardware dan aplikasi.
Sementara investasi untuk mendapatkan layanan Netsuite juga terbilang fleksibel, harga berdasarkan modul dan keperluan konfigurasi konsumen.

Foto sessiion - dok WAG
biaya mulai 50 ribu USD, untuk mendapat layanan standar dengan implementasi tertentu,”tambah Sally.

Di era serba digital, tren mobile worker juga tengah berlangsung, rasanya Netsuite menjadi solusi tepat untuk proses reporting hasil pekerjaan.
Kepentingan cros chek data, tidak perlu dilakukan secara manual, update otomatis terjadi secara realtime. Kini, sudah saatnya perusahaan anda, segera mengaplikasikan Netsuite.

2 komentar:

  1. wah Netsuite! baru tau kalau Edsen jadi konsultan penggunaan software ini. Bagus nih software punya oracle.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya