17 Nov 2018

Imbangi Berita Hoax, Polda Metro Jaya Luncuran Portal dan Aplikasi PMJNews

 
peluncuran PMJNews -dokpri
Pesan ini sebarkan, jangan berhenti di HPmu, maka dua hari lagi engkau akan mendapat rejeki. Apabila tidak kau teruskan, maka jangan kaget kalau seminggu lagi engkau dihampiri nasib sial

Pernah nggak, menerima pesan berantai seperti contoh diatas? Biasanya pesan seperti ini, dibagikan melalui WA Group. Kemudian (anehnya) kita menuruti saja perintah tersebut, tersebab yang menyebar orang kita kenal.
Pesan serupa ditulis melalui status di medsos, pada ujung kalimat minta kita untuk komment “Amin” lalu klik “Like” dan silakan “Share.” (anehnya kita menurut juga- hehehe).

Logikanya, bagaimana mungkin rejeki bisa datang, hanya dengan membagi pesan melalui aplikasi chatting dan atau medis sosial. Dan, bagaimana mungkin (juga) bala bencana datang, hanya gara-gara kita mengabaikan pesan.

Bermula dari berita hoaks inilah, akan melahirkan opini buruk, berdampak pada citra seseorang atau sebuah instansi.Termasuk citra Polri (tidak bisa dipungkiri), sebagian masyarakat berpandangan negatif karena terpengaruh hoaks.

PMJNews ini menurut saya adalah terobosan konkrit yang dilakukan oleh Kabid Humas,” ujar Kapolda Irjen Pol. Drs Idham Azis, Msi

Kamis , 15 November 2018, Blogger hadir dalam peluncuran website dan aplikasi “PMJNews”, sebuah media rujukan pemberitaan media mainstream, yang sesuai fakta dan data yang akurat dan langsung di dapati dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Humas Polda Jaya, kini memiliki full power mengelola pemberitaan media. Informasi yang selama ini masih terkotak-kotak, nantinya akan menjadi big data, untuk mendapatkan informasi yang cepat dan terpercaya.
Kapolda Irjen Pol. Drs Idham Azis, Msi -dokpri

Kombes Pol Agro Yuwono- dokpri

Dihadapan Jurnalis, blogger dan undangan, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Agro Yuwono, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa mengimbangi era revolusi industri 4.0, terobosan dilakukan humas Polda Jaya dengan membuat portal berita dan aplikasi bernama “pjmnews.”

Semoga PMJNews.com ini bisa terdepan dan terppercaya dan bisa menjadi acuan daripada masyarakat, seandainya ada hoaks seandainya ada berita miring bisa diluruskan di media online PMJNews,” ujar Agro Yuwono.

Sementara menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Yuliandri Darwis, dampak dari perkembangan teknologi digital, masyarakat dengan mudah mengakses informasi. 
Bagaimana mencitrakan Polda Metrojaya menjadi substansi postif, Kabid Humas harus diberikan ruang khusus.  

Saat ini bukan fakta yang membentuk opini, tapi opini yang membentuk fakta,” kata Yuliandri Darwis.

Contohnya pada pesan berantai (di awal artikel ini), tiba-tiba kita sempat rancu untuk membedakan mana hoak atau fakta, karena hoak (yang seolah menjadi opini) mampu menggiring asumsi kita.

Dengan begitu banyaknya hoak,  diharapakan PMJNews menjadi platform media rujukan media online dan televisi untuk memberitakan kinerja polisi yang positif dan  serta dinamika di masyarakat dalam hal bersinggungan dengan kepolisian,” tambah Yuliandari
Yuliandri Darwis -dokpri


***

Saya sudah download aplikasi PMJNews dong, tampilannya cukup eye cacthing. Tersedia kanal berita cukup beragam, ada News, Hukrim (Hukum dan Kriminal), Politik, Hiburan, Fokus, Olahraga dan Kesehatan.
Terdapat angka di ujung setiap kanal, menunjukkan jumlah update berita baru yang belum sempat saya baca.

Menurut survey litbang Kompas, terjadi peningkatan kepuasan masyarakat kepada kinerja Polri, dari 46,7% tahun 2014, menjadi 82.9% tahun 2018.  
Hal ini bisa menjadi multivitamin POlri, untuk terus meningkatkan kinerja dan citra baik di tengah masyarakat.
Blogger di acara peluncuran PMJNews -dokpri

Polda Metrojaya, sejauh ini telah menyumbangkan prestasi positif sebesar 60% di kancah nasional, baik melalui berita mainstreem maupun medsos. Lebih lanjut, Kapolda mengajak, setelah peluncuran PMJNews semua team bergerak.

Sejauh ini Polda Metrojaya, telah menyumbangkan prestasi positif sebesar 60% di kancah nasional, baik melalui berita mainstreem maupun medsos. Lebih lanjut, Kapolda mengajak, setelah peluncuran PMJNews semua team bergerak.
Kapolda mendukung apapun yang dibutuhkan, baik dukungan dari dinas ataupun dari luar kedinasan. Agar PMJNews berlangsung secara sustainable, meski sudah ganti kepemimpinan, PMJNews terus berjalan.


Secara pribadi, saya mengucapkan selamat kepada PMJNews, semoga menebar kemanfaatan, menjadi suluh bagi masyarakat akan informasi yang Profesional, modern dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya