28 Des 2021

Solusi Infrastruktur Keamanan Kota di Jawa Barat

 

Telah hadir solusi infrasturktur, yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan kota utamanya di ruang terbuka. TIMUS (Tiang Pintar Multifungsi) berdiri di Taman Kota Lapangan Gasibu, dan GOR Saparua untuk membantu meningkatkan kualitas hidup warga kota Bandung saat beraktivitas.

TIMUS adalah kerjasama Bhinneka dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat, sejalan dengan program #JabarJuara.

Dua unit smart pole TIMUS dengan fungsi smart light, camera CCTV 360°, outdoor speaker, koneksi internet WiFi, pengisian daya USB, dan tombol panik.Diluncurkan bertepatan dengan penyelenggaraan Jabar Digital Service (JDS) —TechUpdate Spesial 2021 bertajuk “Sinergi Hadapi Pandemi Jabar Bangkit Lewat Inovasi”.

Menurut Setiaji, Kepala Diskominfo Jawa Barat sekaligus Chief of Digital Transformation Office di Kementerian Kesehatan RI, bahwa kehadiran smart pole semakin mempertegas fungsi dan manfaat Jabar Command Center (JCC) dalam mewujudkan provinsi digital Jawa Barat meskipun di tengah pandemi.

Versalitas fungsi dan fitur dari perangkat smart pole juga sangat membantu pelayanan, kenyamanan, dan keamanan area lapangan Gasibu dan GOR Saparua,”ujar Setiaji

Kebutuhan smart city menghasilkan visual yang kurang tertata di berbagai jalanan kota, sehingga diperlukan menyelaraskan kebutuhan teknologi dengan rencana tata kota. Keberadaan smart pole dan multiguna dalam satu tiang, secara estetika memperindah kota-kota itu sendiri. 

TIMUS dengan kapabilitas IoT atau Internet of Things atap housingnya didesain senada dengan atap Gedung Sate -landmark- kota Bandung. Di dalam housingnya terdapat berbagai piranti keras yang mendukung berfungsinya semua fitur monitoring dan pengiriman data secara real-time ke gedung pusat komando Jawa Barat yang berlokasi di Gedung Sate.

Data dikirim TIMUS, bisa membantu pemerintah mengambil keputusan strategis terhadap isu-isu perkotaan. Selain itu, kerusakan atau malfungsi dapat diidentifikasi dan dibenahi dari jarak jauh, tanpa perlu pengecekan fisik di lapangan.


Berikut fungsi detail TIMUS:

Smart Lighting – dengan memanfaatkan teknologi LED, sehingga pengendalian terpusat untuk tingkat kecerahan cahaya secara otomatis, termasuk waktu menyala dan mati. Membantu mengurangi jejak karbon dan hemat energi.

Kamera 360° – Kamera 360° dilengkapi fitur People Counting, selain mengawasi keamanan dan ketertiban, membantu mengendalikan kerumunan di jantung kota Bandung tersebut.

Outdoor Speaker - Memungkinkan petugas Jabar Command Center, memberikan informasi secara audio ke pengguna fasum, baik dalam situasi darurat, atau pemberitahuan lainnya.

Panic Button - Dalam situasi darurat, pengguna fasum dapat menekan tombol panik. Sehingga notifikasi muncul di Jabar Command Center dan terkirim ke petugas keamanan setempat.

WiFi dan USB Mobile Charging - Untuk kenyamanan warga, TIMUS dilengkapi jaringan internet nirkabel, dan terminal pengisian daya gawai. 

Fitur TIMUS dapat dikembangkan, sejalan kebutuhan pemerintah daerah meningkatan layanan publik, dan perencanaan tata kota. Seperti penambahan sensor pengecekan kualitas udara atau tingkat polusi di perkotaan.

Kemudian menambah digital screen, digunakan pemerintah dalam penyampaian informasi kepada publik secara audiovisual, serta smart microphone untuk mendeteksi suara keras, seperti ledakan, tembakan, alarm mobil, dan suara lainnya yang identik dengan kejadian tertentu.

TIMUS diresmikan Maret 2020, terintegrasi dengan Jabar Command Center, pusat informasi bagi masyarakat dan pembentukan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam merespons isu keseharian hingga bencana krusial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA