25 Sep 2021

Dukung Penggunaan Energi Terbarukan Danone-AQUA Resmikan PLTS Atap Pabrik Mekarsari

 


Danone identik dengan produk berkualitas, proses dari hulu ke hilir melalui quality control yang ketat. Tak mengherankan produk Danone menjadi market leader, salah satunya Aqua.

Danone perusahaan makanan dan minuman terkemuka, memiliki portfolio unik terpusat pada kesehatan.

Dengan visi “One Planet, One Health”, merefleksikan keterkaitan kesehatan masyarakat dengan kesehatan planet, berfokus empat pilar yaitu Iklim, Air, Ekonomi Sirkular dan Agrikultur.

Danone berkomitmen, dalam penggunaan energi listrik terbarukan.

Tahun 2030 Danone global memasang target 100%, penggunaan energi listrik terbarukan beroperasi di seluruh pabriknya.

Di Indonesia komitmen tersebut diwujudkan, salah satunya dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di seluruh pabrik Danone-AQUA.

Dan baru saja Danone-AQUA meresmikan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari Jawa Barat, salah satu PLTS Atap terbesar di Jawa Barat diinisiasi industri.  

Pemasangan PLTS Atap di Pabrik Mekarsari Jawa Barat, sebagai dukungan untuk Pemerintah dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada 2025.

Sejalan dengan upaya Pemprov Jawa Barat, sedang giat- giatnya meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6.8 GW pada 2025.

-----

Saya beruntung, hadir secara daring di acara peresmian PLTS atap Pabrik Mekarsari Jawa Barat. Selain merasakan keseruan kegiatan, bisa mendapatkan banyak insight menarik dan bermanfaat.

Acara yang dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, diselenggarkan bertepatan dengan Zero Emission Day (Hari Emisi Nol Sedunia).

Turut hadiri Kadin ESDM Provinsi Jawa Barat, Bambang Rianto dan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Ridwan Kamil, dalam sambutannya menyampaikan, bawa meningkatnya kebutuhan sumber daya dan keterbatasan atas sumber daya energi fosil. Menuntut kita, terus meningkatkan ketersediaan pasokan sumber daya Energi Baru Terbarukan. Jawa Barat menargetkan proporsi suplai energi baru terbarukan untuk energi Primer sebesar 20,1%. 

Pengembangan Energi Baru Terbarukan melalui pembangunan PLTS Atap, merupakan salah satu bentuk kontribusi konservasi energi sekaligus mengurangi emisi karbon dari penggunaan energi fosil yang mendominasi pasokan listrik pada pembangkit listrik nasional.”Jelas Ridwan Kamil

Selanjutnya Gubernur mengapresiasi langkah Danone Indonesia, telah berpartisipasi dalam program pemerintah membangkitkan Energi Baru Terbarukan berupa Tenaga Surya di fasilitas Pabrik Mekarsari.


Hadir di kegiatan yang sama, Vera Galuh Sugijanto, selaku VP General Secretary Danone Indonesia. Dalam sambutannya menyampaikan, sebagai pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri dalam negeri, Danone AQUA telah memulai sejak tahun 2017.

“Danone-AQUA berkomitmen menjadi perusahaan dengan Emisi Nol atau Netral Karbon, dalam seluruh rantai pasok perusahaan pada tahun 2050,” jelas Vera Galuh.

Peresmian PLTS Atap  berkapasitas 2.112 kWp di Pabrik Mekarsari, melengkapi empat pabrik yang lebih dulu memanfaatkan PLTS Atap. Ke depannya ditargetkan PLTS Atap, dimanfaatkan sebagai opsi sumber energi terbarukan pada 21 pabrik Danone-AQUA di seluruh Indonesia. Dengan kapasitas hingga 15 MWp pada tahun 2023, sembari terus menjajaki opsi energi terbarukan inovatif lainnya. 

Bertepatan dengan peringatan HUT RI 76, Danone-AQUA bersama sejumlah perusahaan multinasional tergabung dalam kelompok kerja Corporate Buyer dari Clean Energy Investment Accelerator (CEIA), menandatangani aspirasi bersama untuk menyatakan dukungannya ke Pemerintah Indonesia dalam pengadaan energi terbarukan untuk sektor komersial dan industri di Indonesia.

Selanjutnya Gina Lisdiani, Co-Lead Clean Energy Investment Accelerator (CEIA) Indonesia, menyampaikan, bahwa CEIA Indonesia memiliki visi mempercepat capaian target energi terbarukan Indonesia.

 “Kami berharap langkah Danone-AQUA, dapat menjadi acuan bagi industri yang lain, bahwa pengadaan ET kini semakin mudah dan terjangkau. Sehingga, kami juga mendorong lebih banyak lagi perusahaan untuk bergabung bersama kami, untuk menemukan solusi bersama untuk pengadaan ET yang ramah lingkungan,” tutup Gina. 

-----


PLTS Atap di pabrik terbesar Danone-AQUA di Indonesia, memiliki kapasitas sistem sebesar 2.112 kWp. Mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3 GWh per tahun,  berpotensi mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun.

Saya menaruh rasa optimis, ambisi Emisi 2060 bisa tercapai, kemudian bisa meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23 persen pada 2025.

Sekaligus mendukung upaya Pemprov Jawa Barat meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6,8 GW pada 2025.

Pabrik dengan kapasitas sistem 2112 kWp ini, mampu menghasilkan listrik 2,3 GWh/tahun dan dapat mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun.

Indonesia berkomitmen mengurangi Emisi Rumah Kaca sebesar 29% pada 2030. Maka isu perubahan iklim, menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat terutama perusahaan dan juga sektor swasta.

Pihak swasta perlu menggandeng pemangku kepentingan yang terkait, termasuk masyarakat di sekitar lokasi operasional perusahaan.  

Turut berpartisipasi melindungi lingkungan danpenghematan energi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

14 komentar:

  1. Senangnya membaca kabar adanya pihak swasta yang berperan dalam energi terbarukan. Semoga lebih banyak lagi yang seperti Danone ini.

    BalasHapus
  2. Waah..keren nih Danone,menjadi pelopor penggunaan PLTS Atap dan berpartisipasi dlm mensukseskan program pemerintah. Semoga akan banyak diikuti oleh pabrik2 besar lainnya ya

    BalasHapus
  3. Bangga banget.
    AQUA di Indonesia membawa banyak kebaikan dan ikut mensejahterakan hajat hidup masyarakat Indonesia.

    Sukses selalu dan semoga Teknologi PLTS Atap Pabrik Aqua ini bisa dicontoh pabrik-pabrik lain.

    BalasHapus
  4. Tentang energi terbarukan ini memang sudah sering diserukan ya mas. Semoga banyak pihak lain yang terus berupaya membantu menyukseskan program pemerintah seperti danone ini.

    BalasHapus
  5. Semoga apa yang dibangun memberikan kebermanfaatan yang luas ya kak, aku turut mendukung nih.
    karena energi terbarukan ini lebih baik ya danone luar biasa

    BalasHapus
  6. Sudah banyak sekali campaign tentang penggunaan energi terbarukan sebab banyak faktor yang menjadikan manusia harus mulai waspada pada eksploitasi dan eksplorasi, semoga generasi mendatang masih bisa merasakan manfaat lingkungan hidup yang sehat.

    BalasHapus
  7. Whoaaa ini keren! PLTS butuh investasi besar do awal tapi dalam jangka panjang bisa sangat menghemat biaya. Langkah yang berani untuk Danone!

    BalasHapus
  8. Komitmen pakai tenaga surya merupakan bentuk janji untuk menjadikan bumi lebih baik dan memberikan produk terbaik buat anak bangsa.

    BalasHapus
  9. Bagus ya kak ternyata Danone dukung PLTS ini kan sumber tenaga terbaharui ya terus ramah lingkungan lagi keren nih harus kita dukung

    BalasHapus
  10. ngeliat atapnya wow banget deh... kebayang itu bisa hemat listrik berapa banyak.. lumayan mengurangi biaya operasional.. lagian mengurangi efek rumah kaca.. moga banyak industri lain yang akan mengikuti usaha Danone nih...

    BalasHapus
  11. saya juga mendukung pemanfaatan energi terbarukan, semakin banyak inovasi yg saya lihat pada masa-masa saat ini soal penggunaan ET di byk daerah

    BalasHapus
  12. Saya selalu terkesima kalau ada listrik tenaga surya. Jadi mikir, kita ini sidah menyia-nyiakan anugerah Tuhan untuk bangsa ini, yaitu Matahari yang bersinar sepanjang tahun.

    BalasHapus
  13. Waaah ini kabar baik! Kalau bisa memanfaatkan energi terbarukan, kenapa nggak ya hehehe. Semoga lancar ya dan memberi banyak berkah kepada Indonesia dan juga lingkungan. Aamiin!

    BalasHapus
  14. Pas tahu dr webinar kemaren, dengan menggunakan PLTS Atap bisa menghemat biaya listrik 10% bahkan lebih. Lumayan banget bisa jadi investasi beberapa tahun ke depan. Semoga makin banyak perusahaan maupun rumah yg bisa memanfaat PLTS Atap ini ya pak agung. Saya pun juga pengen...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya