16 Sep 2021

Pembayaran Digital dari Astra

 

Tak disangkal bahwa pandemi, mengubah pola transaksi masyarakat dari tunai menuju digital. Mengacu data Bank Indonesia, benar di 2021 terjadi pertumbuhan pesat transaksi digital.

Astra melalui PT Astra Digital Arta meluncurkan AstraPay, guna menjawab kebutuhan konsumen Astra dan masyarakat untuk bertransaksi dengan mudah dan aman.

AstraPay dengan value proposition khas, berbeda dengan pembayaran digital lainnya. Dilahirkan Astra yang dekat dengan kebutuhan transportasi dan mobilitas, memiliki reputasi customer service yang baik.

“Sesuai tujuan awal, AstraPay adalah aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra yang memberikan kemudahan terhadap pengguna dalam melakukan pembayaran digital,” ujar Meliza Musa Rusli, CEO AstraPay.

Fitur yang disediakan saat ini adalah direct payment untuk produk pembayaran angsuran dari layanan Grup Astra. AstraPay bekerjasama dengan FIFGROUP, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), hingga Mau cash.

AstraPay terintegrasi dengan sistem pembayaran moda transportasi umum, seperti MRT Jakarta dan Transjakarta. Selain itu juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, TV kabel, BPJS, pajak, hingga beli pulsa atau paket data.  

AstraPay memastikan standar keamanan data pengguna, dengan mengantongi lisensi sebagai Uang Elektronik dari Bank Indonesia.

Sebagaimana tertuang di surat keputusan No. 22/59/DKSP/Srt/B dan surat keputusan Transfer Dana No. 22/273/DKSP/100.

Di sisi keamanan akses akun, AstraPay dilengkapi mekanisme single device authentication. Sistem yang memungkinkan pengguna login akun di satu device saja, sehingga pengguna tetap aman bertransaksi di AstraPay.

Langkah-langkah ini diharapkan menjadi bukti bahwa AstraPay adalah sarana pembayaran digital Grup Astra yang terpercaya, khususnya di kancah layanan keuangan digital Indonesia. 

Konsumen dapat menggunakan AstraPay sebagai alat pembayaran digital secara luas, tidak hanya untuk layanan Astra.

Hal ini guna mendukung Bank Indonesia, memperluas inklusi keuangan digital dengan menghadirkan fitur pembayaran QRIS.

Lisensi penggunaan fitur QRIS sendiri, didapatkan AstraPay sejak tahun 2020. Pengguna dapat melakukan pembayaran servis kendaraan di Toyota Sales Operation / TSO, Shop & Drive, Isuzu Sales Operation / ISO, Daihatsu Sales Operation / DSO, dan AHASS.

Bahkan di luar ekosistem Astra, pengguna dapat melakukan transaksi berbagai produk dan keperluan secara mobile, di mana saat ini telah ada sekitar 9 juta merchant di seluruh Indonesia yang telah menerima pembayaran melalui QRIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA